Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Pelatihan Excel: Lebih Baik Online atau Offline?

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2024-03-05-162912_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia kerja yang semakin berkembang pesat, Excel menjadi salah satu alat yang paling penting untuk dikuasai. Baik untuk pekerja kantoran, analis data, atau pengusaha kecil, Excel adalah keterampilan yang sangat berharga. Namun, pertanyaannya adalah, mana yang lebih baik: pelatihan Excel secara online atau offline? Pilihan ini bisa jadi membingungkan, tetapi mari kita lihat lebih dalam untuk menemukan jawabannya.


Dulu, pelatihan Excel umumnya dilakukan secara offline melalui kursus di sekolah atau lembaga pelatihan. Namun, dengan kemajuan teknologi, pelatihan Excel online semakin populer. Baik itu melalui platform belajar daring atau video tutorial, pelatihan Excel online menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan yang tidak dimiliki oleh pelatihan offline. Namun, apakah itu benar-benar lebih baik? Mari kita jelajahi beberapa faktor untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat. 


1. Fleksibilitas dan Aksesibilitas

Excel

Salah satu keunggulan utama pelatihan Excel online adalah fleksibilitasnya. Anda dapat mengakses materi pelatihan kapan saja dan di mana saja, hanya dengan koneksi internet. Ini sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki jadwal yang padat atau kesulitan untuk menghadiri kursus offline secara teratur. Dengan pelatihan Excel online, Anda dapat belajar di waktu luang Anda sendiri tanpa harus meninggalkan pekerjaan atau keluarga.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Interaktif dan Terarah

Excel

Meskipun pelatihan Excel online seringkali disampaikan dalam format video atau tutorial mandiri, banyak platform belajar daring menawarkan fitur interaktif yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan instruktur dan sesama peserta. Ini memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan, berdiskusi, dan mendapatkan umpan balik langsung, meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Fitur ini membuat pengalaman belajar Anda menjadi lebih dinamis dan mendalam.


3. Harga dan Biaya

Excel

Salah satu pertimbangan penting dalam memilih antara pelatihan Excel online dan offline adalah biayanya. Secara umum, pelatihan Excel online cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan kursus offline. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi atau akomodasi, dan seringkali ada berbagai paket harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Ini membuat pelatihan Excel online menjadi pilihan yang lebih hemat biaya untuk banyak orang.


4. Konten yang Diversifikasi

Pelatihan Excel online seringkali menawarkan berbagai macam konten yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari tutorial dasar hingga tingkat lanjutan, Anda dapat memilih materi yang paling sesuai dengan tingkat pengetahuan Anda. Beberapa platform bahkan menawarkan kursus khusus untuk industri tertentu, seperti keuangan, pemasaran, atau sumber daya manusia. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada keterampilan yang paling relevan dengan pekerjaan Anda.


5. Waktu Pembelajaran yang Efisien

Dengan pelatihan Excel online, Anda memiliki kendali penuh atas tempo pembelajaran Anda sendiri. Anda dapat memilih untuk belajar pada kecepatan yang sesuai dengan Anda sendiri, meninjau materi yang sulit atau melompat ke topik lain yang lebih dikenal. Ini memungkinkan Anda untuk menghemat waktu dan fokus pada area yang benar-benar Anda perlukan, membuat proses pembelajaran lebih efisien dan efektif.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! Sahabat DQ juga bisa mengikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis: Salsabila Miftah Rezkia


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login