FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 52 Menit 36 Detik 

Pemanfaatan Statistik dalam Penelitian dari Proses Awal Hingga Akhir

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bae63be8924bc1baa9eb2037d9187d1e_x_Thumbnail800.png

Statistik dan penelitian merupakan dua hal yang saling berhubungan erat. Para peneliti tentu tidak asing lagi dengan penggunaan statistika dalam penelitiannya. Penelitian sendiri terbagi menjadi dua jenis, penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.  Umumnya, penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memfokuskan pada kualitas data yang dimiliki, serta datanya tidak berbentuk angka karena angka saja tidak cukup untuk menemukan hal-hal yang terpendam. Dalam penelitian kualitatif, penggunaan statistika tidak begitu dominan, meskipun tetap dibutuhkan.

Pada penelitian kuantitatif akan berfokus pada kuantitas sehingga keadaan lapangan yang ada cukup digambarkan dengan angka saja.  Penggunaan statistik dalam penelitian ini cukup dominan karena untuk mendapatkan kesimpulan yang berguna bagi populasi, peneliti harus menggeneralisasi hasil yang didapatkan melalui data sampel. Menariknya, penggunaan statistika bisa bermanfaat dari proses awal penelitian hingga akhir. Hal ini tentu sejalan dengan pengertian statistika sendiri, yang merupakan ilmu yang merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, hingga mempresentasikan data. Bagaimana sih penggunaan statistik dalam penelitian? Yuk, simak artikelnya!


1. Menentukan Sampel

Proses penggunaan statistik sudah mulai digunakan dalam menentukan sampel penelitian. Tentu untuk memutuskan jumlah sampel serta siapa saja yang akan menjadi sampel dibutuhkan perhitungan statistik, tidak bisa asal tarik begitu saja. Kemungkinan terburuk jika jumlah sampel nya tidak sesuai adalah hasil dari penelitian yang tidak mampu menggambarkan keadaan populasinya. Teknik sampling dalam statistika sendiri terbagi menjadi dua, yaitu probability sampling serta non probability sampling.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Proses Pengumpulan Data

Sebelum mulai mengumpulkan data, peneliti harus memastikan bahwa instrumen penelitian yang digunakan telah valid dan reliabel. Ini menjadi syarat utama dalam penelitian. Pasalnya jika instrumen penelitiannya saja tidak valid dan reliabel, hasil dari penelitiannya juga kemungkinan besar tidak valid dan tidak bisa dipercaya. Untuk menguji apakah instrumennya telah valid dan reliabel, peneliti bisa memanfaatkan metode statistik yang ada.


3. Menyajikan Data

Selain di proses menentukan sampel dan juga memastikan instrumen penelitiannya valid dan reliabel, statistik juga bisa dimanfaatkan untuk menjadikan data yang telah didapatkan. Biasanya jika berbicara tentang penyajian data maka akan erat hubungannya dengan visualisasi data. Kita bisa memanfaatkan tabel dan juga grafik untuk menyajikan data tersebut. Dari penyajian inilah kemudian kita bisa melihat summary dari data serta trend data dari waktu ke waktu.


4. Analisis Data

Tahapan terakhir dalam penelitian yang juga membutuhkan statistik adalah menganalisis data. Peneliti harus menyesuaikan metode yang dipilih dengan data yang dimiliki. Dalam analisis data ini, peneliti bisa menggunakan  dua metode utama, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika deskriptif bisa digunakan untuk mendeskripsikan keadaan dari data serta melihat summary statistiknya, seperti maksimum, minimum, rata-rata, median, dll. Sementara statistika inferensial digunakan untuk analisis lebih lanjut, misalnya untuk menggeneralisir kesimpulan yang didapatkan dalam data sampel untuk data populasi.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Tertarik Menguasai Ilmu Data Science? Kuasai Statistika Sebagai Ilmu yang Mendasarinya Yuk!

Untuk menguasai ilmu Data Science, tentu kamu harus menguasai ilmu yang mendasarinya. Salah satunya adalah statistika. Kamu bisa mempelajari tentang basic statistika di DQLab loh. Caranya sangat gampang, kamu cukup bergabung untuk menjadi member DQLab dengan biaya yang sangat murah. Namun jika kamu masih ragu, kamu juga bisa mencoba free modul yang disediakan, yaitu œIntroduction to Data Science with R dan œIntroduction to Data Science with Python. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan gabung dan nikmati semua fasilitasnya!


Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :