GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 38 Menit 4 Detik 

Pemula Wajib Tahu! Ini Dia 4 Manfaat Machine Learning dalam Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 06-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2a4688930e0255cbe754b18c37ca76ec_x_Thumbnail800.jpg

Jika sahabat DQ mengikuti perkembangan teknologi, tentu tidak asing dengan istilah machine learning. Algoritma machine learning sudah banyak diterapkan di berbagai industri. Pertumbuhan data yang sangat cepat dalam waktu yang singkat didukung oleh teknologi yang semakin maju. Machine learning merupakan cabang dari ilmu Artificial Intelligence (AI) yang berfokus pada pembuatan sistem yang belajar sendiri tentang data dengan akurat tanpa pemrograman tertentu. 


Machine learning adalah bagian dari data science yang juga populer saat ini. Selain dibahas dalam penelitian, machine learning juga banyak diterapkan di berbagai perusahaan. Contohnya seperti chatbot, image recognition, sistem rekomendasi produk, dan lain sebagainya. Adapun bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membangun machine learning yaitu Python yang bersifat open source dan memiliki berbagai library yang mendukung pembuatan machine learning. 


Machine learning ibaratnya seperti manusia yang jika terus belajar maka akan semakin pintar, semakin banyak data yang dikelola maka semakin akurat output yang dihasilkan. Karena banyak digunakan dalam bisnis, yuk kita bahas apa saja sih manfaat machine learning dalam bisnis? Simak artikel ini, ya!


1. Bagaimana Cara Kerja Machine Learning? 

machine learning

Sebagaimana yang sudah diketahui, machine learning merupakan sistem yang mempelajari data dengan sendirinya. Tahapan yang dilakukan dalam machine learning meliputi pengumpulan data, memilih data dengan membaginya menjadi training test, validasi data, dan test data, melakukan model data untuk membuat fitur-fitur sesuai tujuan, validasi model, serta test model. 


Baru kemudian model digunakan dan disesuaikan dengan memperbaiki kinerjanya. Mesin-mesin dapat belajar dan membentuk suatu machine learning dengan programming, penggunaan metode statistik, membuat komputer mampu mempelajari data yang sudah dilatih, atau membangun aplikasi untuk meningkatkan akurasi AI. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Mampu Menangani Data Dalam Skala Besar

machine learning

Dalam suatu perusahaan, data yang dimiliki tentu tidak sedikit. Perusahaan menyimpan banyak sekali data contohnya data karyawan, data penjualan, dan lainnya. Bayangkan saja jika kita harus berhadapan dengan data yang terdiri dari 100 kolom, 10000 baris yang saling berhubungan satu sama lain. 


Bagaimana caranya menangani data-data tersebut? Kita bisa mengandalkan teknologi machine learning. Teknologi ini dapat mengolah data dalam skala besar dengan variabel yang bermacam-macam. Analisis data dengan machine learning hasilnya juga dapat diandalkan untuk strategi bisnis selanjutnya oleh perusahaan. 


3. Sistem yang Otomatis

machine learning

Machine learning merupakan sebuah sistem yang mampu belajar sendiri tanpa arahan atau campur tangan manusia. Algoritma machine learning memungkinkan sistem bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah yang diterapkan. Contohnya seperti chatbot, image recognition, sistem rekomendasi produk, dan lain sebagainya. 


Chatbot akan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan secara otomatis. Atau contoh lainnya yaitu sistem email yang secara otomatis menyaring email yang masuk dan memprediksi apakah email tergolong spam atau bukan. 


4. Identifikasi Trend Lebih Mudah

machine learning

Machine learning dapat menjangkau lebih banyak data dengan volume yang sangat besar yang mungkin tidak dapat dilakukan manusia. Umumnya jika data sangat banyak, manusia akan membutuhkan waktu dan biaya yang cukup banyak untuk memproses data tersebut. Seperti yang kita ketahui, persaingan dunia bisnis sangat ketat. 


Sehingga perusahaan harus cepat dan tepat dalam menerapkan strategi bisnis selanjutnya. Nah, penerapan machine learning dapat membantu perusahaan mengidentifikasi trend dengan lebih mudah. Data yang sangat banyak dapat diolah dengan cepat sehingga perusahaan akan mendapatkan informasi yang berguna untuk kedepannya misalnya strategi promosi, rekomendasi produk, giveaway, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Belajar mengenai machine learning tidak bisa dilakukan secara instan. Untuk pemula yang belum pernah mempelajari pemrograman, perlu ketekunan dalam mempelajarinya dengan terus berlatih menggunakan berbagai tipe data dan model yang sesuai. Berbagai sumber seperti youtube, blog, dan buku dapat menjadi pedoman untuk belajar machine learning. 


Kamu juga dapat mengikuti kursus yang menyediakan modul tentang machine learning seperti DQLab. Materi yang mudah dipahami dan mentor yang ahli di bidangnya mampu membantu proses pembelajaranmu. 


Yuk, bergabung di DQLab/SignUp dan mulai belajar serta mempraktekkan model machine learning yang digunakan di industri!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :