Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Pemula Wajib Tahu Pentingnya SQL untuk Data Science!

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8672bd8ba1ae39656837ebb671abe9a8_x_Thumbnail800.png

Perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan jumlah data yang sangat besar di setiap waktu. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk bisa mengelola data dengan menerapkan Data Science agar hasil data menjadi maksimal dan pertumbuhan perusahaan juga menjadi lebih cepat. Kebutuhan dalam mengelola data tentunya juga mendorong peningkatan praktisi data yang berkaitan dengan Data Science tersebut seperti Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst dan lain sebagainya.


Bagi kamu yang akan mulai belajar Data Science, wajib memahami istilah query SQL. SQL merupakan salah satu bahasa kueri yang populer serta sangat umum digunakan dalam pengolahan database. Jika kamu ingin berkarir di bidang Data Science, bahasa pemrograman Structured Query Language atau SQL ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang perlu untuk kamu kuasai, bahkan menjadi gerbang bagi pekerjaan pada bidang Data Science.


Kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data yang baru mulai belajar Data Science untuk mengetahui pentingnya SQL pada bidang ini. Yuk, langsung simak informasi dibawah ya!


1. SQL Menjadi Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipelajari dan Digunakan

Berbeda dari bahasa pemrograman lain yang membutuhkan pemahaman serta langkah-langkah tingkat tinggi, SQL merupakan bahasa pemrograman yang sederhana menggunakan pernyataan deklaratif. Menggunakan struktur bahasa inggris sederhana yang mudah dipahami dibandingkan string angka atau huruf dalam bahasa lain.  SQL menjadi bahasa terbaik untuk dipelajari ketika sahabat data baru mengenal pemrograman serta Data Science. Sintaks yang lebih pendek membantu kamu untuk meminta data dan mendapatkan pengetahuan darinya.


Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Pemahaman Dataset dan Basis Data Relasional

Mempelajari SQL akan membantu para praktisi data mendapatkan pemahaman yang kuat mengenai basis data relasional. Hal ini memungkinkan mereka untuk menguasai dasar-dasar dari Data Science. SQL membantu untuk menyelidiki, memvisualisasikan, mengidentifikasi serta mengetahui bentuk dataset. Dengan melakukan pengirisan, pemfilteran serta pemilahan, SQL akan memungkinkan praktisi data dalam bidang Data Science untuk mengenal secara menyeluruh serta mengetahui nilai-nilai dataset disusun.


3. Mampu Mengelola Data dengan Volume Besar

Data Science sering berurusan dengan data volume besar yang disimpan dalam database relasional. Volume data yang besar tentu memerlukan solusi tingkat tinggi untuk mengelolanya. Meningkatnya volume dataset yang besar menyebabkan sulitnya mengelola hanya dengan menggunakan spreadsheet biasa. Oleh karena itu, solusi terbaik untuk menangani dataset yang besar adalah SQL. Mengapa? Karena SQL menjadi salah satu bahasa kueri yang memiliki kapasitas untuk mengelola dataset tersebut.


4. Skill yang Menjadi Gerbang Pekerjaan Data Science

Seperti yang sudah disinggung pada bagian awal artikel diatas, keahlian dalam menggunakan SQL menjadi peringkat yang lebih tinggi dibandingkan bahasa pemrograman lainnya bagi pekerjaan bidang Data Science, seperti Data Scientist, Data Analyst hingga Data Engineer. Ibaratnya, SQL merupakan akar sebelum praktisi data menggunakan bahasa pemrograman yang lain. Data Science yang berhubungan dengan dataset jumlah besar dalam database membutuhkan keahlian SQL untuk memecahkan masalah. Selain itu SQL membantu praktisi data  untuk mengekstrak data, melakukan operasi analisis serta pengambilan informasi tertentu dari database. Keterampilan ini membantu untuk memastikan informasi dengan mudah ditarik atas permintaan serta dianalisis dengan benar. 


Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Yuk, Belajar Data Science dan SQL untuk Persiapkan Karir di Industri Data!

Ada modul GRATIS seperti “Introduction to Data Science” atau “Introduction Data Science With Python or R” yang bisa kamu akses secara GRATIS dengan cara sign up di DQLab.id

Selain itu kamu juga bisa akses Module Platinum dan mendapatkan berbagai penawaran eksklusif yang tentunya membantu kamu untuk siap menghadapi dunia digital. 

Belajar Data Science tidak terbatas untuk mereka yang memiliki background STEM saja. Semua orang bisa mempelajari Data Science dengan mudah, praktis dan fun bersama DQLab. Yuk, tunggu apa lagi? Belajar Data Science lebih mudah dan praktis bersama DQLab!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!