TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 54 Menit 48 Detik 

Penerapan Algoritma Data Science untuk Bisnis Kamu

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/77b728335ee35b085f7c718b6d3f9206_x_Thumbnail800.png

Data science berhasil merevolusi pertumbuhan bisnis selama dekade terakhir. Hebatnya, sekarang sangat mungkin untuk menyusun data prediksi spesifik untuk mengekstraksi wawasan agar lebih bermanfaat untuk bisnis kamu. Kamu dapat menggunakan wawasan ini di berbagai bidang terutama bidang penjualan dan pemasaran yang dapat meningkatkan profit bisnis kamu. Salah satu cara paling efektif dan tepat untuk mengekstrak kumpulan data-data yang kamu miliki menjadi sebuah wawasan yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan profit bisnis kamu adalah dengan menerapkan algoritma data science. 


Penggunaan algoritma data science membuat komputer dapat memecahkan masalah, dengan membuat rumusan langkah-langkah penyelesaian tersebut dalam suatu rangkaian instruksi agar dapat memperoleh output yang diinginkan dari suatu inputan dalam waktu yang terbatas. Penggunaan data science di ranah bisnis juga dapat memberikan dampak positif. Artikel ini akan membahas tentang manfaat lain dari penerapan algoritma data science di sektor bisnis. Jadi, jangan beranjak dan baca artikel ini sampai selesai ya!


1. Penerapan di Sisi Pemasaran dan Penjualan

Penerapan algoritma data science akan sangat berpengaruh di bisnis kamu terutama di sisi pemasaran dan penjualan. Sebagai contoh di bidang food and beverage, penerapan algoritma data science bisa digunakan untuk membuat menu baru berdasarkan data selera pelanggan yang bisa kamu amati, atau untuk menentukan daftar menu apa saja yang harus dipertimbangkan untuk promosi dan diskon. Contoh kasus ini bisa disebut dengan customer segmentation, dimana kamu memetakan karakteristik pelanggan kamu berdasarkan usia, profesi, tempat tinggal dan lainnya, untuk menentukan bagaimana cara menangani kelompok tertentu.


Nah, disinilah seorang algoritma data science dibutuhkan untuk melihat kelompok mana yang lebih menguntungkan sehingga kau bisa memfokuskan bisnis kamu pada kelompok tersebut. Dengan menggunakan Natural Language Processing, organisasi dapat menganalisis apa yang orang-orang pasang di media sosial untuk menemukan pola dan tren yang mengungkapkan makanan dan minuman paling populer musim ini. Ini memungkinkan merek, restoran, dan organisasi lain untuk mengetahui tentang resep terbaru yang populer, dan menyesuaikannya. Wawasan akan membantu organisasi menjadi lebih responsif terhadap permintaan konsumen.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Tingkatkan Profit Bisnis Retail Kamu Juga

Suatu bisnis dapat berkembang pesat dikarenakan inovasi, baik inovasi yang berasal dari produk atau berasal dari proses bisnis itu sendiri. Misalnya inovasi bisnis di bidang retail seperti mencari hubungan antar produk dari suatu transaksi penjualan. Yang memiliki tujuan untuk memposisikan produk yang memiliki kecenderungan akan dibeli secara bersamaan, memberi rekomendasi produk terhadap konsumen, menyusun rak display produk, serta menyusun halaman produk di platform e-commerce.


Dengan begitu penjualan dapat meningkat, dan barang yang tidak laku jika di letakkan dengan tepat akan lebih menarik dan memiliki peluang untuk dibeli  atau sering disebut dengan istilah "Market Basket Analysis". Dengan menggunakan Market Basket Analysis kamu dapat mencari rekomendasi paket produk - berdasarkan pola unik dari data transaksi pelanggan - yang dapat meningkatkan penjualan.


3. Terapkan di Bidang Finance pun Tak Kalah Penting

Di bidang finance penerapan algoritma data science pun sangat bisa digunakan contohnya untuk mengetahui credit risk, yang artinya resiko yang harus ditanggung oleh lembaga atau individu dalam memberikan pinjaman ke pihak lain. Contoh resiko tersebut adalah mengakibatkan gangguan aliran kas yang dapat membuat modal kerja terganggu, serta dapat membuat biaya operasional terganggu untuk melakukan penagihan. Nah, disinilah seorang Data Analyst dibutuhkan untuk memperkecil resiko kredit ini, biasanya dilakukan proses yang disebut dengan credit scoring dan credit rating terhadap pihak peminjam. Output proses ini akan menjadi basis untuk menentukan apakah aplikasi pengajuan pinjaman baru diterima atau ditolak.


Credit scoring adalah proses pemberian nilai resiko kepada pihak yang mengajukan pinjaman berdasarkan data historis lamanya keterlambatan pembayaran dan yang tidak bayar sama sekali (bad debt). Bad debt biasanya mengakibatkan lembaga pemberian kredit harus menyita aset atau melakukan write off. Dimana nilai credit score yang sering digunakan dengan model FICO Score yang memiliki rentang nilai 300 - 850, yang mana semakin tinggi nilai yang didapatkan, maka semakin baik tingkat kemampuan seseorang atau sebuah lembaga untuk membayar pinjaman. Sedangkan risk rating merupakan kebalikan dari credit rating


4. Memprediksi Tren Pasar Masa Depan 

Mengumpulkan dan menganalisis data dengan skala yang lebih besar dapat memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi tren pasar yang akan muncul di masa depan. Misalnya mendeteksi data pembelian, selebritas, dan influencer dan permintaan mesin pencari dapat mengungkapkan produk apa yang sering diminati orang-orang. Jadi, kamu tetap bisa melihat perilaku target pasar secara mutakhir sehingga, kamu dapat membuat keputusan bisnis yang memungkinkan kamu untuk maju.


Algoritma data science akan memeriksa dan mengeksplorasi data-data tersebut, setelah itu mereka akan melakukan rekomendasi dan menentukan tindakan tertentu yang akan membantu meningkatkan kinerja divisi, melibatkan pelanggan dengan lebih baik, yang pada akhirnya akan meningkatkan profit perusahaan dan akan membantu dalam menentukan tujuan bisnismu.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Belajar Data Science Otodidak Lebih Terarah Bersama DQLab 

Belajar data science otodidak lebih terarah bersama DQLab, selain itu kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab!


Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!