PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 7 Menit 34 Detik

Penerapan Azure Machine Learning pada Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 27-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a27484fec2618587e86a20ebeb31cc2a_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning adalah sebuah teknologi baru yang erat kaitannya dengan perhitungan matematis dan juga penggunaan koding. Pada dasarnya, Machine Learning bertujuan untuk meringankan pekerjaan manusia, dengan cara membuat mesin dapat berpikir layaknya manusia. Sehingga mesin bisa membuat keputusannya sendiri secara otomatis tanpa harus melibatkan manusia. Keputusan yang dibuat oleh mesin bisa benar-benar sesuai dengan keadaan jika model yang dibangun memiliki akurasi yang tinggi.


Bagi banyak orang, Machine Learning adalah hal yang sulit untuk dijangkau karena akan memerlukan proses pembelajaran yang mendalam agar bisa menguasai Machine Learning. Adanya Azure Machine Learning menjadi kabar baik bagi banyak orang karena bisa membuat pemrosesan data untuk Machine Learning menjadi lebih mudah. Azure Machine Learning (Azure ML) merupakan layanan berbasis cloud yang bertujuan untuk membuat dan juga mengelola solusi yang dihasilkan dari Machine Learning.


Data Scientist dapat menggunakan Microsoft Azure Machine Learning untuk membuat dan menerapkan model di tempat, di cloud Azure, dan di edge dengan Azure IoT edge computing. Namun, Azure juga menawarkan beberapa opsi penerapan Machine Learning dengan performa tinggi yang akan kita bahas dalam artikel ini. Yuk, ikuti pembahasannya!


1. VMs with GPUs (Graphic Processing Units)

Machine Learning

Azure Virtual Machine dirancang untuk menjalankan project Machine Learning yang lebih banyak menggunakan GPU (Graphic Processing Units) daripada CPU (Central Processing Unit) yang sifatnya lebih tradisional. Hal ini karena GPU dapat menangani permasalahan matematika yang kompleks dan pemrosesan paralel yang diperlukan untuk merender gambar secara efisien,  dimana ini menjadi fitur yang ideal untuk Artificial Intelligence dan komputasi Machine Learning.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Field Programmable Gate Arrays (FPGA) 

Machine Learning

Selain VM GPU, opsi lainnya adalah FPGA (Field Programmable Gate Arrays). Chip FPGA dapat diprogram menggunakan model Machine Learning yang memungkinkan model untuk beroperasi pada kecepatan hardware komputer. Hal inilah yang kemudian membuat kinerja project dan proses analitik data menjadi lebih meningkat. Layanan FPGA saat ini masih terbatas untuk mendukung project dalam klasifikasi dan pengenalan gambar berbasis TensorFlow dan ResNet50.


3. Microsoft Machine Learning Server

Machine Learning

Opsi selanjutnya adalah dengan menggunakan Microsoft Machine Learning Server. Opsi ini nantinya akan menyediakan server perusahaan yang ditujukan khusus untuk mengatasi workload yang terdistribusi dan sangat paralel, dimana hal tersebut dikembangkan dalam bahasa pemrograman seperti R atau Python. Ini ditujukan untuk tugas-tugas seperti analitik yang membutuhkan kinerja tinggi, dalam hal ini Machine Learning dan analisis data, serta dapat dijalankan di Linux, Windows, Hadoop, dan Apache Spark.


4. Azure Data Science Virtual Machine

Machine Learning

Ini adalah Virtual Machine di Azure yang ditujukan untuk menyelesaikan project Data Science di bawah Windows Server, Ubuntu Linux dan OpenLogic CentOS. Azure Data Science Virtual Machine mencakup ilmu Data Science dan development tools. Opsi ini diharapkan agar perusahaan dapat menggunakannya untuk membangun data analitik dan aplikasi Machine Learning. Pengembang dapat memanggil VM Azure Data Science dari alat Eksperimen atau Model Azure.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Mempelajari teknologi baru melalui buku masih menjadi salah satu cara terampuh yang bisa dipilih, termasuk untuk mempelajari Azure Machine Learning ini. Penggunaan Azure Machine Learning bisa menjadi pilihan untuk tetap bisa menggunakan teknologi terbaru namun tidak terlibat begitu jauh.  


Namun tentu tidak ada salahnya untuk terus mengupgrade diri dengan skill terbaru yang berkaitan dengan teknologi. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login