GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 37 Menit 51 Detik 

Penerapan Big Data dengan Kenali Sejarah, Keunggulan dan Tantangan

Belajar Data Science di Rumah 29-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4e25f8a134b6ca12c2d21fe0abe16b41_x_Thumbnail800.png

Saat ini teknologi big data sudah hampir dikenal oleh sebagian besar orang. Big data saat ini telah dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Tokopedia, Shopee, Youtube, dll. Namun banyak pula yang belum mengetahui sejarah big data dan sejak kapan big data mulai diterapkan. Sejarah big data ini perlu kita cari tahu agar kita mengerti asal muasal serta timeline big data serta lebih memahami penerapan big data lainnya.


Sebelum melanjutkan ke sejarah big data, alangkah baiknya kita mengerti pengertiannya terlebih dahulu. Big data merupakan kumpulan informasi atau data dalam jumlah sangat besar yang memiliki karakteristik ukurannya besar, kecepatan tinggi, serta keberagaman jenis. Big data merupakan salah satu dampak dari perkembangan internet yang semakin tinggi pula. Pada artikel kali ini kita akan mengenali sejarah, keunggulan, tantangan serta penerapan big data.


1. Sejarah Big Data

Big data muncul berawal dari kesadaran sebagian orang atas jumlah data yang begitu banyak serta dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti YouTube, Facebook, Tokopedia, Shopee, dan e-commerce lainnya. Perkembangan data ini memberi pengaruh yang besar ke perusahaan tersebut. Seiring perkembangan teknologi maka muncullah Internet of Things (IoT) yang saat ini dimanfaatkan oleh produsen untuk peningkatan pelayanan terhadap konsumen, membaca trend pasar, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Manfaat Big Data

Big data pada masa transformasi digital ini tentunya memberikan begitu banyak manfaat baik untuk perorangan maupun untuk perusahaan. Adapun beberapa manfaat itu antara lain:

  1. Bidang analitik, pada bidang ini dapat diterapkan untuk membuat atau mengembangkan website, aplikasi dll sehingga dapat mengidentifikasi serta memberikan solusi dari permasalahan yang ada

  2. Bidang bisnis, manfaat yang diperoleh seperti dapat membantu perusahaan meningkatkan performa produk dan sistem operasional bisnis

  3. Bidang informasi, dapat dimanfaatkan untuk menyediakan dan mengelola layanan informasi atau sosial media dengan baik.


3. Tantangan Big Data

Selain memiliki begitu banyak manfaat dan penerapan, perlu diketahui pula bahwa big data juga memiliki tantangan terutama dalam proses pengolahannya. Beberapa tantangan pengolahan big data antara lain:

  1. Data diperoleh dari berbagai sumber dan tersimpan dalam bentuk serta platform yang berbeda-beda

  2. Terdapat kesulitan dalam proses klasifikasi data yang berkualitas

  3. Kurangnya tenaga ahli yang berkompeten dalam bidang analisis big data

  4. Memerlukan cukup banyak biaya untuk memperoleh hasil analisis data yang benar-benar berkualitas


4. Penerapan Big Data

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa penerapan big data ini sudah meluas ke berbagai bidang, antara lain :

  1. Penggunaan internet, hal ini dikarenakan big data dapat berperan dalam proses mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan

  2. Digitalisasi media, pemanfaatan media yang dahulu harus menggunakan DVD atau kaset saat ini dapat digitalisasi dalam platform penyedia yang berupa aplikasi

  3. Penggunaan media sosial, penerapan media sosial ini sudah hampir dimanfaatkan oleh hampir sebagian besar orang di dunia dan dari berbagai kalangan usia. Media sosial dapat mengupload atau mendownload foto, video, teks dan lainnya

  4. Pemanfaatan smartphone, dimana hal ini secara sadar dan tidak sadar sudah diterapkan oleh manusia untuk memudahkan aktivitas keseharian.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Yuk, Bergabung Menjadi Praktisi Data

Pada era revolusi industri 4.0 kini big data sudah mulai dikenali oleh banyak orang. Hal ini beriringan dengan perkembangan kecepatan internet yang menghasilkan data begitu besar dengan waktu yang singkat. Big data perlu dianalisis agar menghasilkan informasi. Namun jangan khawatir, jika kita ingin menjadi praktisi big data maka kita dapat mempelajarinya di DQLab , bahkan kita bisa membuat portofolio data dengan menyelesaikan kasus data yang tersedia. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!