PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 45 Menit 51 Detik 

Penerapan Concat SQL Rekomendasi Salah Satu Fungsi Text

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/83613bba514ceed6a6f8031f612b13ae_x_Thumbnail800.jpg

Jika kamu ingin memulai karir sebagai praktisi data entah itu sebagai data scientist, data analyst atau business intelligence maka mempelajari SQL terlebih dahulu adalah langkah yang tepat. SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang dirancang untuk mengolah serta mengakses sistem manajemen database.


SQL diperlukan ketika kamu ingin mendeploy hasil analisis data ke web statis. Selain itu SQL dipuji karena kesederhanaan sintaks yang pendek dan mudah dipahami dari pada bahasa pemrograman lain. 


Salah satu fungsi text dalam SQL yang penting untuk dipelajari digunakan untuk memanipulasi ekspresi karakter atau untuk mendapatkan berbagai informasi tentangnya.


Fungsi Concat SQL adalah salah satu fungsi text SQL yang menyediakan untuk menggabungkan dua atau lebih dari dua ekspresi karakter menjadi satu text atau string. Nah, sekarang mari kita pelajari tentang fungsi Concat SQL pada artikel dibawah ini!


1. Fungsi di SQL

Fungsi skalar dalam SQL digunakan untuk mengembalikan nilai tunggal (single value) dari suatu nilai input yang diberikan, sedangkan Fungsi agregat dalam SQL digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai dan kemudian mengembalikan nilai tunggal.


Nah, biar lebih mudah dipahami mari kita bahas dan praktekkan fungsi-fungsi dari kedua kategori ini.

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Concat Sebagai Salah Satu Fungsi Text SQL

Setelah fungsi skalar numerik, berikut ini kita akan mempelajari fungsi skalar untuk text/string value. Fungsi ini digunakan jika kita ingin melakukan operasi pada text atau karakter di SQL, misalnya, mengubah huruf kecil ke huruf besar, menghitung jumlah karakter dari text, dll. 


Fungsi skalar text di SQL juga cukup banyak, jadi sebagai praktik kita akan mencoba beberapa fungsi yang sering digunakan saja ya. Tapi jangan khawatir, kalian bisa melihat dokumentasi untuk fungsi skalar text di postgresql documentation dan juga mysql documentation.


Secara umum syntax untuk penulisan fungsi concat ( ) sebagai berikut:

sql


3. Concat dengan Operator

Selain ketiga cara diatas, kita juga bisa loh menggabungkan string dengan menambahkan operator di dalam argumennya. Pada contoh di poin pertama, kita menggunakan fungsi CONCAT untuk case sederhana dan output yang diberikan masih berantakan.


Kita bisa membuatnya lebih rapi dengan operator tambah (+). Operator ini akan dibaca sebagai space atau spasi. Contohnya sebagai berikut.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Menggabungkan Kolom dengan Concat

CONCAT WS di Mysql yang berfungsi menggabungkan dua field / lebih yang bertipe string menjadi satu. Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini.


sql


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :