PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 51 Menit 37 Detik

Penerapan Machine Learning dalam Berbagai Bidang

Belajar Data Science di Rumah 12-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d6ce5ce061eaeb1014b76d71018c9f50_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian pernah mendengar istilah kecerdasan buatan yang dilakukan oleh komputer? atau kalian mendengarnya dengan sebutan artificial intelligence? Nah, artificial intelligence atau biasa disingkat dengan AI merupakan kecerdasan buatan yang dibuat oleh mesin. Pada abad ini, AI mengalami kemajuan yang bersamaan dengan kekuatan komputer, perkembangan internet, era big data dan lain sebagainya. Sehingga AI dapat dikatakan menjadi salah satu bagian yang penting dalam industri teknologi. Salah satu algoritma yang berperan di dalamnya adalah algoritma machine learning.


Machine learning adalah satu aplikasi dari AI yang merupakan sebuah mesin yang terus menerus melakukan pembelajaran untuk meningkatkan pengalaman dalam menganalisis data. Dalam melakukan analisis data, machine learning algoritma-algoritma sehingga menghasilkan sebuah model. Kemudian model yang telah dihasilkan tersebut akan digunakan untuk pengambilan keputusan berdasarkan solusi dari permasalahan yang ada. Penerapan algoritma machine learning ini secara langsung maupun tidak langsung memudahkan kegiatan keseharian kita. Kira-kira apa saja yaa penerapan algoritma machine learning ini? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Bidang Kedokteran


Penerapan algoritma machine learning dapat digunakan dalam bidang kesehatan, baik itu dalam hal klasifikasi atau klasterisasi data. Sebagai contoh, kita dapat mengklasifikasikan seseorang apakah terdeteksi suatu penyakit atau tidak berdasarkan faktor risiko yang dialaminya. Kita membutuhkan data pasien yang ada untuk digunakan sebagai data training dalam pembentukan model. Setelah model terbentuk, kita dapat menguji model tersebut menggunakan data testing dan dibandingkan dengan label aslinya. Sehingga pada akhirnya kita dapat mengetahui keakuratan model tersebut. Jika model dirasa akurat, dapat digunakan untuk mengklasifikasi penyakit tertentu.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2. Rekomendasi Search pada Google


Pernahkah kalian mengamati, jika kita mengetikkan sebuah keyword dalam kolom pencarian Google, maka Google akan memberikan kita informasi atau keyword berdasarkan apa yang kita ketik. Bahkan bisa jadi hal itu bersangkutan sampai pada saat kita membuka marketplace maka hal-hal yang serupa akan muncul sebagai iklan. Nah, hal itu terjadi tentunya dikarenakan terdapat algoritma yang canggih di dalamnya sehingga dapat memudahkan kita dalam menari suatu kebutuhan atau informasi.


3. Bidang Computer Vision


Machine learning merupakan mesin pembelajar yang memberikan tujuan komputer untuk "belajar". Salah satu hasil pembelajaran tersebut adalah terdapat alat yang dapat mengenali wajah. Selain itu sebagai contoh mudah, seringkali kita menerapkan voice note pada smartphone kita namun output yang dihasilkan berupa teks. Hal menarik lainnya adalah machine learning dapat mendeteksi tulisan tangan yang mana hal itu dapat mengurangi terjadinya resiko penipuan.


Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Mulai Karier
      sebagai Praktisi
      Data Bersama
      DQLab

      Daftar sekarang dan ambil langkah
      pertamamu untuk mengenal
      Data Science.

      Buat Akun


      Atau

      Sudah punya akun? Login