FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 10 Menit 43 Detik 

Penerapan Machine Learning dalam Keseharian Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b21659be27738f6179e19e363d38baed_x_Thumbnail800.jpg

Pada saat ini kita hidup di era perkembangan teknologi yang semakin canggih. Informasi dengan sangat mudahnya didapatkan. Internet yang hampir bisa dicapai kapan saja dan dimana saja. Hal ini memberikan beberapa efek dalam berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, industri, bisnis, dll.


Berbagai hal yang kita jumpai itu tidak terlepas dari peran machine learning. Penerapan machine learning pun sudah kita gunakan dalam kegiatan keseharian untuk membantu meringankan pekerjaan.


Machine learning merupakan mesin pembelajar yang dirancang agar dapat bekerja tanpa arahan dari manusia. Machine learning bekerja dengan cara mempelajari kejadian sebelumnya. Machine learning ini salah satu cabang dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan.


Machine learning mampu menangkap data lalu mempelajarinya dan menciptakan suatu model yang tingkat akurasinya dapat terus ditingkatkan. Kira-kira apa saja penerapan machine learning dalam berbagai bidang? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Meningkatkan Efisiensi Petani

Petani merupakan profesi yang pekerjaannya bercocok tanam. Petani memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi. Hasil dari sektor pertanian ini dapat berbentuk bahan pangan yang mana sebagai salah satu penghasil sumber devisa negara. Machine learning dapat berperan dalam bidang pertanian seperti meningkatkan efisiensi petani.


Dengan menggunakan bantuan teknologi machine learning, proses bertani dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, penerapan machine learning dalam bidang pertanian juga dapat menurunkan resiko gagal panen dan meningkatkan hasil produksi.

machine learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Memprediksi Cuaca

Bagi sebagian besar orang, ada yang pekerjaannya menggantungkan kondisi cuaca terkini dan prediksi cuaca. Salah satu contohnya adalah nelayan atau pelaut. Mereka dapat menentukan tindakan jika mengetahui perkiraan cuaca terlebih dahulu.


Prediksi cuaca ini dapat dilakukan dengan menerapkan machine learning. Dengan bantuan machine learning, kondisi cuaca di suatu daerah dapat diprediksi dengan akurat yang mana nantinya mesin akan mengolah data yang diobservasi dan mendapatkan hasil berupa pola cuaca yang akan membantu dalam menganalisis cuaca.


3. Personalisasi Pembelajaran

Saat ini pendidikan yang ada di sekitar kita dari berbagai jenjang terus memiliki inovasi yang salah satunya berkaitan dengan perkembangan teknologi. Setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda, salah satu solusinya adalah dengan mengembangan konten materi belajar.


Konten materi belajar yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kurikulum yang ada ini dapat dibuat sistemnya oleh machine learning. Contoh lainnya adalah adanya education assistant yang dapat membantu siswa dalam beradaptasi ketika belajar dengan kemampuan dan kecepatan masing-masing.

machine learning


4. Chatbot

pernahkah kalian menjumpai website atau aplikasi yang terdapat fitur chatbot di dalamnya? Chatbot ini sudah sering digunakan oleh para developer sebagai virtual assistant. Chatbot ini biasanya digunakan untuk berinteraksi antara pengguna dengan penyedia layanan.


Chatbot diatur sedemikian rupa oleh machine learning agar dapat menjawab pertanyaan pengguna. Selain itu chatbot juga dapat berfungsi untuk mengirimkan pengingat dan notifikasi kepada pelanggan dengan cepat.

machine learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Penerapan machine learning secara sadar atau tidak sudah sering kita jumpai bahkan kita gunakan dalam kegiatan keseharian. Machine learning ini sudah menyentuh sebagian besar bidang. Kalian penasaran bagaimana machine learning bekerja dibalik layar? Yuk, mulai coba belajar machine learning di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :