Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Penerapan Machine Learning pada Perusahaan Besar

Belajar Data Science di Rumah 19-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f4cc1430bcae1e922426ac46438c7f3e_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning akan menjadi salah satu teknologi yang dapat membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Pada dasarnya Machine Learning akan membuat komputer dapat bekerja secara otomatis, khususnya dalam proses pengambilan keputusan dengan menggunakan data-data historis untuk dijadikan bahan pembelajaran. Nantinya, hasil pembelajaran ini akan diuji untuk mengetahui akurasi dari kemampuan Machine Learning dalam melakukan prediksi.


Pemanfaatan Machine Learning sudah sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penyebabnya adalah karena beberapa perusahaan yang menyediakan layanan untuk kita menggunakan teknologi ini. Dalam artikel di bawah ini, kita akan membahas mengenai contoh pemanfaatan Machine Learning dalam perusahaan termasuk dalam layanan yang diberikan kepada pengguna. Apa saja sih contoh penggunaannya? Yuk simak pembahasannya!


1. Pinterest, Meningkatkan Kemampuan Penemuan Konten

Machine Learning


Pinterest menjadi salah satu aplikasi yang bisa jadikan referensi dalam banyak hal. Saat ini Pinterest menempati tempat yang menarik di ekosistem media sosial karena fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengkurasi konten yang ada. Tentu akan sangat masuk akal jika aplikasi ini mulai menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti Machine Learning untuk membuat proses ini lebih efektif.


Pada 2015, Pinterest mengakuisisi Kosei, sebuah perusahaan Machine Learning yang memiliki spesialisasi dalam aplikasi komersial teknologi Machine Learning (khususnya, penemuan konten dan rekomendasi algoritma). Saat ini, penggunaan Machine Learning sudah hampir meliputi setiap aspek operasi bisnis Pinterest, mulai dari moderasi spam dan penemuan konten hingga monetisasi iklan dan mengurangi churn pelanggan buletin email.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Facebook, Pemanfaatan Chatbot

Machine Learning

Facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat terkenal. Salah satu fiturnya adalah Facebook Messenger. Setiap developer dapat membuat dan mengirimkan chatbot untuk disertakan di Facebook Messenger. Ini akan banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang berfokus pada layanan pelanggan dan retensi dapat memanfaatkan chatbots, bahkan jika mereka adalah startup kecil dengan sumber daya teknik yang terbatas.


Tentu saja, itu bukan satu-satunya aplikasi pembelajaran mesin yang diminati Facebook. Aplikasi AI digunakan di Facebook untuk menyaring spam dan konten berkualitas buruk, dan perusahaan juga meneliti algoritma computer vision yang dapat "membaca" gambar ke orang tunanetra.


3. IBM, Perawatan Kesehatan yang Lebih Baik

Machine Learning


IBM adalah salah satu perusahaan teknologi warisan terbesar dan tertua, namun IBM telah berhasil beralih dari model bisnis lama ke aliran pendapatan yang lebih baru dengan sangat baik. IBM memiliki produk AI yang cukup terkenal, yaitu Watson. Watson telah ditempatkan di beberapa rumah sakit dan pusat medis dalam beberapa tahun terakhir, di mana ia menunjukkan kemampuannya dalam membuat rekomendasi yang sangat akurat dalam pengobatan jenis kanker tertentu.


Selain itu, Watson juga menunjukkan potensi yang signifikan di sektor ritel, di mana ia dapat digunakan sebagai asisten untuk membantu pembeli, serta industri perhotelan. Dengan demikian, IBM sekarang menawarkan teknologi Machine Learning Watson berdasarkan lisensi. 


4. Salesforce, Intelligent CRM

Machine Learning

Salesforce adalah salah satu penguasa dunia teknologi dengan pangsa pasar yang kuat dalam Customer Relationship Management (CRM) dan sumber daya yang sesuai. Salah satu tantangan terbesar bagi digital marketer adalah prediksi prospek dan penilaian. Itulah sebabnya Salesforce cukup bergantung pada teknologi Machine Learning Einstein miliknya.


Salesforce Einstein memungkinkan bisnis yang menggunakan perangkat lunak CRM Salesforce untuk menganalisis setiap aspek hubungan pelanggan, mulai dari kontak awal hingga keterlibatan selanjutnya untuk membangun profil pelanggan yang jauh lebih mendetail dan mengidentifikasi momen penting dalam proses penjualan. Hal Ini akan membuat skor prospek yang jauh lebih komprehensif, layanan pelanggan yang lebih efektif, serta peluang yang lebih banyak.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa.


Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login