PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 45 Menit 7 Detik 

Penerapan Machine Learning di Berbagai Perusahaan Dunia

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d2ec319671cc28f95658bbb2ec8f53e3_x_Thumbnail800.jpeg

Penerapan machine learning telah dilakukan di berbagai industri, mulai dari voice assistants hingga mobil self-driving. Setiap hari aplikasi, produk, atau layanan baru mengatakan bahwa mereka menggunakan machine learning untuk development yang lebih pintar dan lebih baik. Tanpa kita sadari, kita telah menggunakan machine learning dalam kehidupan sehari-hari.


Misalnya ketika kita menggunakan google maps, mendapatkan rekomendasi ketika berbelanja di marketplace, dan komunikasi secara online. Bahkan ketika kita menggunakan google search untuk mencari informasi, kita telah menggunakan machine learning. 


Beberapa bidang yang telah masif menggunakan machine learning adalah healthcare, perbankan, e-commerce, dan lain sebagainya. Penerapan machine learning tidak hanya sebatas teori karena sudah banyak perusahaan di berbagai bidang yang benar-benar mengadaptasi machine learning untuk berbagai tujuan.


Penasaran sudah sejauh mana penerapan machine learning di berbagai industri dunia? Yuk kita simak bersama artikel berikut ini!


1. Penemuan dan Pembuatan Obat

Memproduksi atau menemukan obat baru adalah proses yang mahal dan panjang karena puluhan juta senyawa harus menjalani serangkaian tes. Machine learning dapat mempercepat beberapa langkah dalam proses multi penemuan dan pembuatan obat. Pfizer menggunakan IBM Watson dalam penelitian immuno-onkologi (teknik yang menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan kanker).


Pfizer menggunakan teknologi machine learning selama bertahun-tahun untuk menyaring data guna memfasilitasi penelitian dalam penemuan obat, terutama kombinasi beberapa obat dan menentukan peserta terbaik untuk proses uji klinis.

Machine Learning

Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Penargetan Pemegang Rekening

Algoritma machine learning membantu perusahaan untuk menemukan bahwa customer terbaik mereka adalah nasabah yang memiliki saldo dan pinjaman besar.


Wells Fargo, sebuah perusahaan jasa keuangan multinasional Amerika menggunakan algoritma machine learning dan segmentasi pelanggan untuk mengidentifikasi bahwa sekelompok ibu rumah tangga di Florida dengan kehadiran media sosial yang luas adalah pelanggan perbankan yang paling berpengaruh dan menjadi target nasabah yang paling menguntungkan. 

Machine Learning


3. Perubahan Harga Ojek Online

Salah satu perusahaan ojek online dunia yang menggunakan machine learning adalah Uber. Pada tahun 2011, saat Malam Tahun Baru di New York, Uber membebankan biaya $37 hingga $135 setiap satu mil. Uber memanfaatkan pemodelan prediktif secara real-time berdasarkan pola lalu lintas, penawaran, dan permintaan.


Perusahaan ini menggunakan machine learning untuk memprediksi dimana demand yang tinggi sehingga pengemudi dapat bersiap untuk memenuhi permintaan tersebut sehingga lonjakan harga dapat dikurangi dan menghasilkan win-win solution untuk perusahaan dan customer.

Machine Learning

4. Mengidentifikasi Kehidupan Bawah Laut

Pacific Marine Energy Center, sebuah konsorsium antara Oregon State University, University of Washington, dan University of Alaska Fairbanks yang berfokus pada pengembangan energi terbarukan laut memanfaatkan machine learning untuk beberapa proyeknya.


Salah satunya adalah untuk membedakan kehidupan laut dari objek lain melalui data sonar yang dikumpulkan oleh Adaptable Monitoring Packages (AMPs) lab (perekam bawah air) untuk mempelajari bagaimana kehidupan laut berinteraksi dengan konverter energi laut. Pacific Marine Energy Center menggunakan algoritma machine learning untuk mengidentifikasi burung laut dan organisme air secara real-time.

Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Selain empat contoh di atas, masih banyak penerapan machine learning di berbagai industri yang bisa digali. Yuk coba berbagai project machine learning dari DQLab! Dengan modul DQLab kita bisa praktek menulis script code secara langsung dengan live code editor dari DQLab plus menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL “Introduction to Data Science” dengan bahasa pemrograman R dan Python sebagai perkenalan dengan live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :