FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 28 Menit 59 Detik 

Penerapan Machine Learning di Kehidupan Sehari-hari

Belajar Data Science di Rumah 06-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/208ad5e7733ea2ff78922ae773d474f5_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning atau biasa dikenal dengan ML adalah jenis kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang bisa membantu software bekerja lebih akurat dalam memprediksi hasil tanpa diprogram secara eksplisit untuk melakukan suatu pekerjaan. Algoritma machine learning menggunakan data historis sebagai data input untuk memprediksi nilai output baru. 


Salah satu contoh penerapan machine learning adalah recommendation machine di platform e-commerce atau platform social media. Penerapan lain dari machine learning yang saat ini mulai banyak diadaptasi adalah deteksi penipuan, penyaringan spam, deteksi ancaman malware, otomatisasi proses bisnis, dan pemeliharaan Prediktif.


Saat ini machine learning sangat penting karena memberi perusahaan pandangan tentang tren perilaku pelanggan dan pola operasional bisnis serta mendukung pengembangan produk baru. Banyak perusahaan raksasa seperti Facebook, Google, dan Uber mengadaptasi machine learning untuk kegiatan operasional mereka. Penerapan machine learning bisa diaplikasikan di berbagai bidang industri. 


Pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai penerapan machine learning di berbagai bidang yang akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita simak bersama!


1. Personal Assistant

Salah satu teknologi canggih yang memanfaatkan machine learning adalah virtual personal assistant seperti Siri, Alexa, dan Google Now. Seperti namanya, teknologi ini bisa membantu manusia dalam mencari informasi ketika ditanya melalui suara. Yang perlu kita lakukan adalah mengaktifkannya dan bertanya suatu pertanyaan seperti œApa jadwal saya hari ini?, œbagaimana cuaca hari ini?, atau pertanyaan lainnya. Untuk menjawab, personal assistant akan mencari informasi, mengingat pertanyaan terkait, atau mengirim perintah ke sumber daya lain (seperti aplikasi telepon) untuk mengumpulkan informasi. 

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Prediksi Lalu Lintas

Saat ini layanan navigasi GPS sudah menjadi kebutuhan sehari-hari sebagian besar manusia. Ketika kita mencari suatu lokasi, data lokasi dan kecepatan akan disimpan di server pusat untuk pengelolaan lalu lintas. Data yang telah dikumpulkan ini kemudian digunakan untuk membuat peta lalu lintas. Machine learning dalam kondisi ini dapat membantu memperkirakan wilayah mana yang mengalami kemacetan berdasarkan pengalaman sehari-hari.

Machine Learning


3. Pengenalan Wajah

Ketika kita mengunggah foto dengan seorang teman di platform social media seperti Facebook, platform Facebook langsung mengenali wajah teman tersebut. Facebook memeriksa pose dan proyeksi dalam gambar, memperhatikan fitur uniknya, dan kemudian mencocokkannya dengan orang-orang di daftar teman kita. Machine learning bekerja dengan mengenali semua wajah dan gestur foto sehingga dapat mengenali seseorang berdasarkan foto.

Machine Learning


4. Online Customer Support

Sejumlah situs web saat ini sudah menyediakan opsi untuk berkonsultasi dengan customer service. Dalam sebagian besar kasus, biasanya kita berbicara dengan chatbot. Bot ini cenderung mengekstrak informasi dari situs web dan menyajikannya kepada customer. Chatbot akan mempelajari setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh customer dan menampilkan jawaban template sesuai keyword. Algoritma machine learning akan membuat model yang bisa mengklasifikasikan pertanyaan dan memberikan jawaban sesuai keyword yang diolah oleh model.

Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Ingin berkarir di dunia data science dan mempelajari machine learning lebih dalam? Yuk belajar bersama DQLab! Modul belajar DQLab dilengkapi dengan live code editor dan menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri sehingga kita bisa belajar menghandle data real di dunia industri. Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL "Introduction to Data Science" dengan R dan Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :