PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 10 Menit 34 Detik 

Penerapan Machine Learning Di Sektor Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 19-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9e38537a684d38b52c83895540a70bb4_x_Thumbnail800.jpeg

Teknologi machine learning adalah salah satu cabang dari Artificial Intelligence (AI) atau yang sering disebut kecerdasan buatan. Machine learning ini juga suatu studi yang memberi komputer kemampuan untuk belajar tanpa diprogram secara eksplisit. Machine learning ini tugasnya untuk memproses data historis dengan jumlah besar serta mengidentifikasikan pola datanya. 


Machine learning sangatlah membantu pekerjaan manusia di dalam berbagai bidang dan beberapa dari kita juga pasti belum mengira bahwa machine learning itu dipakai di berbagai aktivitas kita, seperti chatbot pada platform belanja online, penyaring email spam, rekomendasi konten medsos, produk rekomendasi dari platform belanja online, dan masih banyak lagi.


Nah pada kesempatan kali ini DQLab membahas tentang penerapan machine learning. Yuk simak penjelasan pada artikel di bawah ini!

1. Chatbot pada Online Shopping

machine learning

Pasti diantara kalian pernah berbelanja secara online atau online shopping dari beberapa aplikasi online shop. Nah, dalam online shop biasanya chatbot digunakan sebagai program AI yang dapat menstimulasikan percakapan atau obrolan dengan pengguna lain layaknya manusia. Jadi machine learning ini dilatih untuk merespon kata-kata atau pertanyaan yang diajukan kepada machine learning ini.


Dengan adanya machine learning ini memudahkan kedua belah pihak dalam transaksi, jadi penjual tidak harus menjawab semua pembeli dan pembeli pun bisa dijawab secara cepat dan tepat.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Penyaring Email Spam

machine learning

Contoh lain dari penerapan machine learning adalah Gmail. Jadi Gmail ini menggunakan machine learning di dalamnya untuk menyaring email-email spam atau email-email yang diindikasikan itu tidak penting. Jadi machine learning ini dilatih untuk menyaring semua data mana yang penting bagi user dan mana yang termasuk ke dalam kategori data spam bagi user.


Dengan adanya penyaring email spam ini sudah sangat membantu usernya dalam bekerja ataupun dalam pengiriman surat, ini juga sebagai bentuk mempertahankan inbox dari para user agar tetap bersih.


3. Produk rekomendasi platform belanja online

machine learning


Penerapan machine learning yang satu ini pasti kalian mengalaminya, ketika kita menginginkan suatu produk pasti produk itu akan muncul terlebih dahulu. Nah ini termasuk kedalam algortima machine learning.


Jadi machine learning menggunakan data-data yang masuk sebelumnya dikumpulkan, lalu setelah data terproses machine learning akan membantu kalian untuk menemukan tren data yang bisa digunakan untuk memberikan rekomendasi produk.


Jadi kita sebagai konsumen akan lebih tertarik untuk melakukan transaksi atau membeli sebuah barang itu kembali. Contoh aplikasi dari machine learning ini adalah Shopee. Di Shopee pasti muncul “Rekomendasi untukmu” nah itu berarti data kita sebelumnya atau transaksi kita sebelumnya terproses yang menjadikan itu sebagai rekomendasi selanjutnya untuk kita sebagai konsumen.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


4. Rekomendasi konten Medsos (Media Sosial)

machine learning


Sebagian besar dari kita pasti memakai medsos entah itu Instagram, Facebook, Twitter, atau medsos lainnya. Sama seperti rekomendasi pada online shop tadi. Ketika kita ingin membeli sebuah barang atau mencari sesuatu dari Google atau platform lain pasti nanti iklan dari barang tersebut atau barang yang mirip akan muncul di homepage medsos kita.


Produk yang muncul ini sesuai dengan histori pencarian kita, proses ini juga menggunakan machine learning untuk membaca data-data kita dan memproses itu semua menjadi algoritma. Jadi secara tidak sadar histori yang kita punya akan menjadi sebuah iklan produk yang kita cari tadi.

machine learning


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :