FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 41 Menit 28 Detik 

Penerapan Machine Learning pada 5 Aplikasi Populer

Belajar Data Science di Rumah 06-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/daf79adfcbfbae908c41ca4114d26e92_x_Thumbnail800.jpg

Tanpa kita sadari, Machine Learning telah menjadi salah satu teknologi yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini segala aktivitas yang kita lakukan didominasi dengan kecanggihan internet. Faktanya, Machine Learning menjadi salah satu bagian dari kecanggihan tersebut.


Kenapa Machine Learning? Karena peralihan aktivitas manusia ke digital membuat data akan terus bertambah dan menumpuk. Sedangkan jika data dikelola dengan benar maka akan menghasilkan informasi yang bermanfaat. Nah, untuk data yang sangat banyak tersebut membutuhkan teknologi canggih seperti Machine Learning.


Seperti yang sudah mimin sebutkan sebelumnya, Machine Learning sangatlah membantu pekerjaan manusia di dalam berbagai bidang. Beberapa dari kita pasti belum mengira bahwa Machine Learning itu digunakan di berbagai aktivitas kita, seperti chatbot pada platform belanja online, penyaring email spam, rekomendasi konten media sosial, produk rekomendasi dari platform belanja online, dan masih banyak lagi.


Kalau begitu, selain yang telah disebutkan diatas, kira-kira apa lagi contoh Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari? Yuk kita simak informasinya melalui artikel berikut ini!


1. Google Maps

Contoh penerapan Machine Learning yang pertama dapat kita lihat dalam bidang transportasi. Machine Learning mampu memberi arah dan mempersingkat waktu perjalanan. Sahabat DQ mungkin pernah menggunakan Google Maps untuk pergi ke suatu tempat?


Google Maps menggunakan data lokasi dari smartphone kita kemudian memeriksa arus lalu lintas secara real time. Sehingga kita dapat menuju lokasi yang diinginkan dalam waktu lebih singkat dengan rute tercepat yang diberikan Google Maps. 

Machine Learning

Tidak hanya itu, Machine Learning yang diterapkan juga dapat menganalisis harga perjalanan, akurasi lokasi penjemputan, mengoptimalkan rute terpendek, dan mendeteksi penipuan. Ini sangat bermanfaat ketika kita menggunakan layanan transportasi online.


Tersedia juga pilihan layanan transportasi online yang terhubung langsung dengan aplikasi dari layanan tersebut yang telah terpasang di smartphone kita sebelumnya, contohnya ojek online yang saat ini lebih sering digunakan.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Google Lens

Lanjut ada Google Lens yang merupakan salah satu kolaborasi dari teknologi Augmented Reality. Google Lens adalah aplikasi Google dengan menggunakan kamera untuk menemukan detail tentang lingkungan sekitar. Dengan basis data besar yang diunggulkan dari raksasa teknologi Amerika ini, Google Lens bisa mengenai objek apa saja yang ada di sekelilingnya. 


Machine Learning

Fitur dalam Google Lens dapat mengidentifikasi furnitur atau pakaian yang menarik perhatian ketika kamu keluar. Fokus saja pada objek yang dimaksud dan Google Lens akan menyediakan data terkait produk. Hal ini sangatlah cocok bagi kamu yang ingin mencari toko dengan produk tertentu.


Google Lens juga mengenali hewan dan tanaman. Jadi, kamu dapat menemukan spesies baru yang belum diidentifikasi dan kemudian mendapatkan informasi tentang makhluk hidup yang ditemukan di mana saja. Jangan khawatir sahabat DQLab, Google Lens ini bisa diaplikasikan dalam  jenis barang apapun. Kamu akan berasa dibawa ke dunia nyata!


3. Google Translate

Pernah merasa kebingungan tidak nih sahabat DQLab kalau misalnya tiap mau menerjemahkan kata per kata yang sulit dipahami kosakatanya? Maka kamus adalah barang pertama yang dicari oleh orang-orang. Tapi itu kan dulu! Sekarang dengan adanya perkembangan teknologi digital maka kamu tidak usah bingung-bingung lagi.


Dengan sekali klik melalui Google Translate sahabat DQLab bisa memanfaatkannya untuk mencari tahu tentang arti kata bahkan kalimat dalam bahasa asing. Disini bahasa yang diterjemahkan tidak hanya bahasa Inggris ya. Banyak bahasa yang bisa dipakai oleh user mulai dari bahasa Hindi, Mandarin, Thailand, Korea, Tagalog dan lain-lain.


Machine Learning


Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan Artificial Intelligence atau AI, Machine Translation dapat dengan mudah menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lainnya dengan banyak kata. Namun, pada proses pengembangan Machine Translation atau MT ini memiliki tantangannya tersendiri.


Pada beberapa tahun silam, Google Translate memberikan terjemahan literal saat kamu mencoba menerjemahkan satu bahasa ke bahasa yang lain. Sebagai pembelajaran dan proses pengembangan MT, Google pun terus mengembangkan sistemnya agar terjemahan yang dihasilkan dapat lebih akurat dan sesuai dengan konteks yang diinginkan.


4. Facebook dan IG ads

Sahabat DQ pasti pernah berselancar untuk mencari suatu barang atau informasi via Google. Tak berapa lama kemudian, ketika kita membuka Instagram atau Facebook, muncul iklan barang yang sama dengan yang kita cari sebelumnya di Google. 

Machine Learning


Disinilah peran Machine Learning diterapkan dimana iklan produk yang muncul di media sosial ini terkait dengan histori pencarian yang dilakukan sebelumnya. 


Google mengumpulkan riwayat browsing yang pernah kita lakukan kemudian diolah dan dijadikan prediksi untuk rekomendasi produk yang muncul di akun Instagram atau Facebook kita sebagai sebuah iklan.


5. Filter Instagram

Siapa coba yang nggak kenal dengan contoh yang satu ini. Untuk menghasilkan foto atau potret yang aesthetic dan keren, seringkali menggunakan filter. Apalagi sekarang justru semakin dipermudah dengan tersedianya berbagai macam filter yang bisa kamu manfaatkan hanya di Instagram.


Machine Learning


Tapi siapa sangka, jika fitur filter yang ada di Instagram adalah hasil kolaborasi dari Augmented Reality. Filter Instagram adalah salah satu hasil kolaborasi AR yang banyak digandrungi oleh generasi Z agar tampil cantik dan ganteng kalau di foto. Jadi makin keren dong!


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Gimana, sudah tahu kan penggunaan Machine Learning di kehidupan sehari-hari kita? Banyak juga ya ternyata! Selain manfaatnya yang cukup banyak untuk kehidupan, ramainya penerapan Machine Learning di berbagai bidang juga meningkatkan kebutuhan akan praktisi data yang ahli merancang Machine Learning. 


Data Scientist adalah salah satu profesi data yang populer saat ini dan menjadi incaran orang dari non IT sekalipun. Meski dari non IT, tetap memiliki kesempatan berkarir sebagai Data Scientist dan Machine learning adalah skill yang wajib dikuasai. 


Masih pemula bingung belajar dari mana? Yuk, gabung di DQLab.id! Belajar merancang Machine Learning lebih mudah dipahami dengan module terstruktur dari para mentor data profesional.


Dengan module DQLab, kita bisa praktek menulis script code secara langsung dengan live code editor dari DQLab plus menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :