PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 52 Menit 34 Detik 

Pengenalan Bahasa Pemrograman Python bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 30-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/48df4eb691e614e217b5bae5b20e5a53_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat diminati pada masa kini. Selain karena kepopulerannya, bahasa Python ini dirasa cukup mudah untuk dipelajari dan kegunaannya pun sangat banyak. Oleh karena itu sekarang banyak platform atau lembaga yang menyediakan belajar Python pemula baik pembelajaran secara bimbingan langsung maupun tidak langsung dan pengguna pun dapat memilih jenis pelatihan seperti apa yang ingin mereka ikuti.


Pada era transformasi digital kini kita seharusnya tidak perlu dipusingkan dengan cara belajar, media belajar dan lain-lain. Saat ini kita dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Terdapat banyak video pembelajaran maupun materi-materi yang diberikan secara gratis maupun berbayar. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak belajar yaa. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa itu bahasa pemrograman Python secara mendasar.


1. Apa Itu Python?

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Guido van Rossum dan dirilis pada tahun 1991. Bahasa pemrograman ini saat ini sedang naik daun dan memang telah diterapkan oleh programmer-programmer dari perusahaan-perusahaan besar seperti Google, YouTube, Netflix, Spotify, Dropbox dan lain-lain. Tidak hanya itu, bahkan para pelajar, mahasiswa dan akademisi pun menggunakan bahasa pemrograman ini untuk menyelesaikan masalah penelitiannya.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Menginstall dan Menggunakan Python

Sebelum kita menggunakan Python tentu langkah awal adalah dengan menginstalnya terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa program Python ini dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, Arch, dan sebagainya. Langkah penginstalan Python pun sangat mudah, yaitu kita cukup mengunduh Python versi terbaru terlebih dahulu dan langsung menginstalnya. Kita tidak perlu menginstal compiler secara terpisah. Setelah program terinstal, kita langsung bisa menggunakannya. Sebagai percobaan pertama kita dapat mengetikkan program print(hello world), maka akan muncul output hello world.


3. Manfaat Belajar Python

Belajar bahasa pemrograman apapun tentunya memiliki berbagai macam manfaat yang kita peroleh. Berikut ini beberapa manfaat belajar bahasa pemrograman Python:

  1. Dapat diaplikasikan dalam berbagai macam bisnis

  2. Memiliki komunitas pengguna bahasa Python sehingga dapat saling berbagi

  3. Open source, sehingga tidak memerlukan biaya dan dapat digunakan oleh siapapun

  4. Sintaks sederhana dan mudah dipahami sehingga waktu koding pun relatif lebih sedikit

  5. Dapat diterapkan untuk big data, pengembagan web, aplikasi dan masih banyak manfaat lainnya


4. Belajar Python bagi Pemula

Bagi pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman Python mungkin akan sedikit bingung kira-kira apa saja yang akan dipelajari. Sebagai pelajaran atau materi dasar dalam bahasa pemrograman ini kita akan belajar mengenai aturan sintaks dalam Python, tipe data dan variabel, jenis-jenis operator, mengambil input, menampilkan output, percabangan if else, perulangan for, perbedaan list, tuple dan set dan masih banyak lainnya.


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!

Data scientist masa kini merupakan salah satu profesi yang sedang naik daun. Berbagai latar belakang pendidikan tertarik untuk menjadi data scientist lohh. Apakah kamu salah satunya? Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :