PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 42 Menit 56 Detik 

Penggunaan Concat SQL untuk Berbagai Jenis Data

Belajar Data Science di Rumah 27-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0dbf329665f8ebe507023a49be150971_x_Thumbnail800.jpg

Concat adalah fungsi string dalam bahasa kueri standar (SQL) yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih data string yang ditentukan sebagai argumen dalam fungsi. Namun, saat menggabungkan, argument NULL diabaikan. Dengan demikian, fungsi ini membantu kita untuk g data dalam format yang lebih mudah dibaca. 


Selain concat, ada fungsi lain yang dikenal dengan concat_ws di mana semua argumen yang ditentukan kecuali nilai NULL digabungkan bersama seperti concat tetapi argumen pertama dianggap sebagai pemisah. Selain menggunakan concat, kita juga bisa menggunakan operator "||" untuk menggabungkan dua atau lebih string menjadi satu. Perbedaan antara fungsi concat dan operator '||' adalah bahwa operator  '||' tidak mengabaikan argumen NULL.


Concatenation atau dikenal dengan penggabungan data sangat berguna ketika kita ingin menampilkan pesan yang menyertakan nilai suatu variabel. Meskipun SQL  adalah bahasa kueri yang sudah lama digunakan di dunia data, namun hingga saat ini SQL masih menjadi bahasa kueri yang sangat populer di kalangan bisnis di seluruh dunia untuk mengumpulkan dan memproses sejumlah data untuk mengambil keputusan bisnis secara realtime.


Ada banyak kegunaan fungsi concat pada SQL. Pada artikel kali ini kita akan membahas kegunaan concat untuk berbagai data beserta sintaks yang digunakan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita simak bersama!


1. Fungsi String yang Bisa Dikombinasikan Dengan Concat

Fungsi concat SQL bisa digabungkan atau dikombinasikan dengan berbagai fungsi lainnya. Beberapa fungsi yang sering digunakan bersama concat adalah Upper, Lower, Stuff, Substring, Replace, Reverse, Left dan Right. Secara umum, sintaks yang bisa ditulis di SQL untuk menggunakan concat adalah sebagai berikut.

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Concat Untuk Data Numerik

Dalam SQL, kita juga dapat menggabungkan data numerik dari tabel dengan cara yang sama seperti kita menggabungkan string. Fungsi concat juga dapat digunakan untuk menggabungkan nilai numerik. Cara lain untuk mengimplementasikan concat untuk data numerik adalah dengan menggunakan operator CAST.


Operator ini akan mengubah data numerik ke dalam format string. Agar lebih mudah dipahami, kita akan menggabungkan angka 11, 12, dan 13. Kita bisa menggunakan script berikut ini.

sql


3. Concat dengan Data Null

Dalam SQL, null adalah penunjuk khusus yang menentukan bahwa nilai tidak ditemukan atau tidak ada. Saat menggunakan nilai null sebagai parameter fungsi concat, nilai null dikonversi menjadi string kosong. Ekspresi null dalam fungsi concat tidak berpengaruh pada hasil fungsi dan berperilaku seperti string kosong. Untuk menggunakan null pada concat kita bisa menggunakan sintaks berikut.


sql

4. Line Feed( ) dengan Concat

Untuk mengkonversi angka ASCII ke karakter kita bisa menggunakan fungsi CHAR. Dengan fungsi CHAR di SQL, kode ASCII dapat digunakan untuk menghasilkan baris baru. Saat kita menggabungkan string dengan fungsi CHAR kita akan mendapatkan baris baru.


CHAR(10) adalah kode ASCII untuk karakter Line feed dan kita bisa menggunakan kode ini untuk fungsi concat dalam SQL. secara umum, script ini bisa ditulis sebagai berikut.

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Apakah kamu mau belajar menggunakan SQL tapi masih bingung cara menginstall SQL? Tenang, yuk belajar dengan modul dari DQLab yang sudah menggunakan live code editor sehingga kamu tidak perlu menginstall tools tambahan!


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mencoba live code editor DQLab secara gratis menggunakan FREE MODUL "Introduction to Data Science" sebagai langkah awal untuk kamu mengenal live code editor. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :