MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 47 Menit : 23 Detik

Intip Pentingnya Penggunaan Bahasa Pemrograman R bagi Seorang Data Analyst dalam Industri E-commerce

Belajar Data Science di Rumah 20-Agustus-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e8cb90535576992c596e49f31d141740_x_Thumbnail800.jpg

Kamu siap berkarir menjadi seorang Data Analyst? Kamu perlu tahu peran penting seorang Data Analyst dalam perusahaan ialah membantu user untuk meningkatkan performance bisnis dan produk menjadi lebih baik dengan menerapkan Data Driven.

Dalam memenuhi kebutuhan tersebut Data Analyst memerlukan beberapa tools untuk merubah data menjadi knowledge atau insight yang bermanfaat, salah satunya menggunakan statistical analysis tools seperti R. Bersama Septina Eka Kartika Dewi, Senior Data Analyst Tokopedia, Yuk intip 3 kegunaan R bagi seorang Data Analyst dalam industri ecommerce. 

1. Untuk memproses data User Profile 

Dengan menggunakan bahasa pemrograman R kamu dapat memproses data user profile terkait dengan gender, usia serta behaviornya dalam penggunaan suatu aplikasi di industri ecommerce terkait. Hal ini penting dilakukan seorang Data Analyst untuk menganalisa suatu profile dari pengguna. 


“Kita bisa tahu gimana proporsi gender user tokopedia, distribusi usia usernya, behaviour user dalam bertransaksi, dan masih banyak lagi.” Tutur Tika.

Baca juga : Belajar R : Tips Belajar Efektif untuk Menjadi Data Analyst dengan Tingkatkan Kompetensi Bahasa Pemrograman R

2. Menghasilkan Hypothesis Testing 

Selain menganalisa user profile seorang Data Analyst pada industri ecommerce juga menganalisa adanya perbedaan antara review yang diberikan oleh user. Review ini dinamakan hypothesis testing, dimana seorang Data Analyst akan menganalisa perbedaan rating terkait churn rate.

“Kita jadi tahu, misalkan ada perbedaan gak sih antara user yang yg kasih bad atau good rating terhadap churn* rate.” Tambahnya.

3. Menggunakan R untuk Forecasting

Dengan menggunakan R seorang Data Analyst dapat menganalisa Forecasting terkait dengan jumlah feedback yang diberikan oleh para user. Hal ini berkaitan dengan divisi lain yang berkaitan langsung dengan user salah satunya adalah divisi customer service.

“Dengan begitu jadi tahu berapa banyak sih jumlah komplain di tokopedia per jam/hari, sehingga bisa lebih optimal untuk buat jadwal shift Customer Service.” tutupnya.

Baca juga : Ingin Berkarir sebagai Data Scientist? Akses FREE Module ‘Introduction to Data Science’ di DQLab!

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Bersama DQLab dan Akses DQ Weekend untuk Mengisi Produktivitas Akhir Pekanmu!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Kamu bisa lho, mendalami kompetensi visualisasi datamu dengan mengakses module baru pada Data Analyst Career Track "Fundamental Data Visualization with R". module ini dirancang secara terstruktur sehingga kamu dapat memahami kompetensi visualisasi data dengan mudah. Yuk, akses modulenya!

Atau kamu juga bisa Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!