[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 1 Menit 14 Detik 

Penggunaan Rumus Perkalian di Excel untuk Mengolah Data Lebih Mudah

Belajar Data Science di Rumah 05-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9f44275552f622123784bd62d16a8a70_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang menyediakan banyak fitur di dalamnya. Menu dan fitur yang ada pada Excel dapat digunakan untuk melakukan operasi dasar matematika, statistika, analisis data, membuat grafik, business report, dan lain sebagainya. Beberapa fiturnya yaitu Formula yang menyediakan fungsi untuk menerapkan rumus, Power View untuk penyajian data yang menarik dan cocok untuk business report, dan Analysis Toolpak untuk melakukan analisis data. Excel banyak digunakan oleh orang-orang yang sering bekerja dengan banyak data seperti para praktisi data, akuntan, dan lainnya.


Salah satu operasi dasar yang sering digunakan sehari-hari adalah perkalian. Rumus perkalian sangat bermanfaat dalam mengolah data dan termasuk rumus sederhana yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Penulisan rumus pada Excel bisa dilakukan langsung di cell yang diinginkan atau menuliskannya di kolom fx yang ada di atas worksheet. Namun pada kenyataanya tidak semua paham bagaimana menggunakan rumus perkalian di Excel apalagi yang belum terbiasa menggunakan fitur-fitur di Excel. Nah, artikel kali ini kita akan bahas bagaimana penggunaan rumus perkalian di Excel agar proses mengolah datamu lebih mudah. Yuk, simak dibawah ini!


1. Rumus Perkalian Sederhana

Rumus perkalian di Excel merupakan operasi dasar yang sering digunakan sehari-hari. Setiap operasi dasar di Excel menggunakan operator untuk perhitungannya. Perkalian menggunakan operator asterisk (*). Cara penggunaannya sama dengan jika kita melakukan perhitungan secara manual. Misalnya kita ingin mengalikan angka 9 dan 8. Tuliskan =9 * 8 ke dalam cell yang diinginkan. Tekan Enter dan Excel akan otomatis memberikan hasilnya yaitu 72. Penulisan rumus pada Excel selalu di awali dengan simbol sama dengan (=). Cara lainnya yaitu dengan langsung blok cell yang ingin dikalikan. Misalnya cell pertama diisikan angka 5 dan cell kedua diisikan angka 6. Klik cell dimana akan menempatkan hasil, tuliskan simbol sama dengan (=) kemudian klik cell pertama. Tambahkan operator perkalian dilanjutkan dengan klik cell kedua kemudian tekan Enter. Hasil yang ditampilkan adalah 30.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi PRODUCT dalam Excel

Bagaimana menerapkan rumus perkalian untuk data yang banyak secara otomatis? Jawabannya adalah dengan menggunakan fungsi PRODUCT. Fungsi ini digunakan untuk memungkinkan operasi perkalian pada angka, cell, dan range. Rumus untuk fungsi PRODUCT yaitu:

=PRODUCT(a:c)

Tanda titik dua di dalam a:c adalah range atau rentang datanya. Misalnya kita ingin mengalikan data pada cell A1 sampai A5. maka rumusnya yaitu =PRODUCT(A1:A5). Range data bisa dituliskan langsung atau dengan drag range data yang ingin dikalikan.


3. Perkalian dengan Nilai Konstanta

Rumus perkalian di Excel juga dapat digunakan untuk mengalikan angka dengan nilai konstanta. Nilai konstanta adalah nilai yang tetap atau tidak berubah. Ketika kita menerapkan rumus perkalian, kita bisa langsung menerapkannya pada data selanjutnya dengan menyeret formula ke kolom berikutnya. Namun ini tidak berlaku jika kita ingin melakukan perkalian dengan nilai konstanta karena nilai konstanta akan ikut berubah. Untuk perkalian dengan nilai konstanta kita bisa menyisipkan simbol $ pada rumus. Misalnya kita ingin mengalikan kolom A1 dengan C3. Maka penulisannya yaitu =A1*$C$5. Penggunaan simbol $ adalah untuk menunjukkan bahwa nilai yang terdapat dalam C3 bersifat absolut. Sehingga ketika rumus digunakan di cell lainnya nilai tidak akan berubah.


4. Perkalian dengan Persentase

Dengan Excel kita juga dapat melakukan perkalian dengan persentase. Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Tuliskan persentase yang akan dikalikan misalnya 25%

  • Copy nilai persentase dengan ctrl+c

  • Drag kolom yang ingin dikalikan dengan persentase

  • Klik kanan dan pilih Paste Special

  • Pilih Value dan Multiply

  • Tekan OK

Hasilnya kolom secara otomatis dikalikan dengan persentase.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Perdalam Rumus-Rumus Excel Lainnya di DQLab

Excel sangat berguna dalam mengolah data khususnya data angka. Excel juga menjadi salah satu skill yang sering ada dalam rekrutmen seperti data analyst. Jika ingin menjadi seorang praktisi data yang diperhitungkan, ada baiknya untuk mulai belajar Excel dan memahami lebih dalam fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang sering digunakan untuk mengolah data pada berbagai kasus. Paket platinum DQLab menyediakan modul untuk belajar Excel bersama mentor handal dengan harga terjangkau. So, jangan lewatkan kesempatan tersebut. Daftar di DQLab/SignUp sekarang dan dapatkan promo menariknya.




Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!