BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE SELAMA 6 BULAN START FROM Rp179,400! 
atau kamu bisa coba buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Pengolahan Data Baik Pengertian, Fungsi, Tahapan dan Metode

Belajar Data Science di Rumah 19-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/73596df012ceadcc49e278fbe8b5cd1d_x_Thumbnail800.jpg

Ketika melaksanakan sebuah penelitian tentunya kita memerlukan data. data yang akan digunakan tersebut tentunya perlu diolah. Oleh karena itu proses pengolahan data termasuk salah satu bagian penting dari penelitian. Namun apakah kalian telah mengetahui pengertian pengolahan data? Kira-kira apa saja fungsi atau manfaat pengolahan data itu? Bagaimana tahapan dan cara kerjanya?


Pengolahan data merupakan salah satu proses penting dalam suatu penelitian maupun kegiatan lainnya. Bagi sebuah perusahaan, proses pengolahan data ini sangat dibutuhkan hasilnya untuk membuat keputusan bisnis. Pengolahan data secara umum memberikan beberapa manfaat seperti dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan inovasi perusahaan dalam bisnis, membantu pengambilan keputusan dan masih banyak lainnya. Ingin tahu lebih lanjut terkait pengolahan data? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut!


1. Pengolahan Data

Pengolahan data merupakan sebuah proses manipulasi data untuk menjadi sebuah informasi. Kumpulan data yang awalnya tidak memiliki informasi yang dapat disimpulkan jika dilakukan proses pengolahan data maka akan menghasilkan informasi. Informasi merupakan hasil dari pemrosesan data tertentu yang bermakna serta dapat digunakan untuk mengambil keputusan suatu perusahaan terkait. Pengolahan data terdiri dari beberapa kegiatan yaitu pencarian data, pengumpulan data, pemeliharaan data, pemeriksaan data, perbandingan data, pemilihan data, peringkasan data, dan penggunaan data.


Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Fungsi Pengolahan Data

Proses pengolahan data tentunya dilakukan bukan dengan tanpa fungsi dan tujuan. Terdapat beberapa fungsi pengolahan data antara lain pelaksana proses aritmatika dan logis untuk data, penyimpanan dan pemroses program data, pengambil program input data, dapat digunakan sewaktu-waktu, meminimalisir tenaga manusia dikarenakan pekerjaan dapat dikerjakan secara otomatis oleh mesin atau komputer serta mendapatkan hasil yang lebih akurat.


3. Tahapan Pengolahan Data

Pada proses pengolahan data pun melalui beberapa proses untuk hasil akhir yang lebih akurat. Secara garis besar tahapan pengolahan data terdiri dari : input - processing - output. Adapun tahapan pengolahan data secara terurut seperti berikut: rekam data atau recording, penggandaan data atau duplicating, pemeriksaan atau verifying, pengurutan atau sorting, pencampuran atau merging, perhitungan atau kalkulasi, dan memeriksa tabel.


4. Metode Pengolahan Data

Metode pengolahan data merupakan prosedur dari proses penyajian data yang meliputi berbagai hal seperti pengumpulan data, pengorganisasian data, peringkasan data, sampai penyajian data. Secara umum metode pengolahan data terbagi menjadi dua, yaitu pengolahan data menggunakan statistika deskriptif dan pengolahan data menggunakan statistika inferensia. Statistika deskriptif merupakan metode pengolahan data yang memberikan gambaran umum dari data. Sedangkan statistika inferensia merupakan metode

pengolahan data yang menggunakan hipotesis atau uji-uji lainnya.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


5. Yuk, Bergabung Menjadi Data Scientist!

Data scientist kini menjadi salah satu profesi yang banyak diincar terutama oleh para generasi milenial. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!