PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 58 Menit 29 Detik

Belajar Data Science Gratis: 3 Tools Populer Yang Digunakan Dalam Pengolahan Data

Belajar Data Science 16-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/63c6a5445d263e87c364445c9e1cd35a_x_Thumbnail800.jpg

Belajar data science gratis di masa sekarang banyak yang sudah memulainya baik itu pemula tanpa background IT maupun yang sudah lebih dulu terjun di dunia IT. Data Science is the new oil. Data sekarang menjadi bagian yang sangat penting bagi berbagai industri karena dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis maupun pelayanan menjadi lebih baik. 


Pengolahan data merupakan salah satu proses yang tidak terlepas dari data science. Untuk mendapatkan informasi yang berguna, perlu dilakukan tahapan mengolah data dengan tepat. Selain tenaga praktisi data seperti Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst dengan skill yang baik, tools atau software yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang ingin diselesaikan. Dalam pengolahan data ada beberapa aplikasi yang populer digunakan bahkan mungkin salah satunya sudah sering kamu gunakan. Apa saja ya? Yuk, kita bahas dibawah ini.


1. Microsoft Excel

Microsoft Excel tentunya sudah tidak asing didengar. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah data yang menggunakan spreadsheet untuk melakukan manajemen data. Hampir semua perusahaan menggunakan aplikasi ini. Microsoft Excel dapat memudahkan dalam mengolah dan menganalisis data yang berskala kecil. Aplikasi ini memiliki fitur yang membantu analisis data seperti pivot, macro, dan lainnya. Selain itu Excel juga menyediakan rumus atau formula yang mendukung proses perhitungan terhadap data agar lebih efisien seperti untuk keuangan, perhitungan statistik, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. MySQL

MySQL adalah software manajemen basis data dengan menggunakan perintah SQL (Structured Query Language). Ada juga aplikasi lain yang serupa yaitu seperti Microsoft SQL Server, namun MySQL lebih banyak digunakan karena gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakannya. MySQL dapat diintegrasikan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti Java dan Python yang biasanya digunakan bersamaan ketika membangun suatu program. Beberapa kelebihan yang dimiliki MySQL yaitu dapat digunakan pada sistem operasi selain windows, memberikan pilihan bahasa yang banyak bagi penggunanya, dan performanya yang cepat walaupun bersifat gratis. MySQL memang memiliki kelebihan yang cukup baik, namun tools ini kurang mampu mengatasi database yang besar. Alternatif lain yang serupa yang bisa digunakan untuk database yang besar yaitu seperti Oracle.


3. Bahasa Pemrograman Python 

Bahasa pemrograman Python saat ini adalah yang populer diperbincangkan. Python merupakan software yang bersifat open source yang digunakan untuk mengembangkan program. Python juga bisa digunakan untuk mengolah data dan membantu analisis data. Python menyediakan banyak library untuk melakukan kegiatan tersebut seperti Scipy untuk melakukan operasi matematika, Numpy untuk operasi vektor dan matriks, Pandas untuk melakukan pengolahan data (join, group, agregasi, dan lain-lain) seperti pada SQL, dan Matplotlib yang sering digunakan untuk melakukan visualisasi data agar lebih menarik.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Gratis Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login