PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 9 Menit 42 Detik 

Pengolahan Data Kuantitatif Sederhana yang Sering Terlupa!

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d2c5aba50a2f140c41f13090724f6dde_x_Thumbnail800.jpg

Ada sejumlah metode dan teknik yang dapat diadopsi untuk pemrosesan data tergantung pada persyaratan, ketersediaan waktu, kemampuan perangkat lunak dan perangkat keras dari teknologi yang digunakan untuk pemrosesan data. Ada beberapa jenis metode pengolahan data. Pemrosesan data terjadi ketika data dikumpulkan dan diterjemahkan menjadi informasi yang dapat digunakan. Biasanya dilakukan oleh seorang ilmuwan data atau tim ilmuwan data, penting agar pemrosesan data dilakukan dengan benar agar tidak berdampak negatif pada produk akhir, atau output data.


Pemrosesan data dimulai dengan data dalam bentuk mentahnya dan mengubahnya menjadi format yang lebih mudah dibaca (grafik, dokumen, dll.), memberikannya bentuk dan konteks yang diperlukan untuk ditafsirkan oleh komputer dan digunakan oleh karyawan di seluruh organisasi.


Kenali yuk teknik pengolahan dan pemrosesan data


1. Pemrosesan Batch

Ini adalah salah satu jenis pemrosesan data yang banyak digunakan yang juga dikenal sebagai pemrosesan offline Serial/Sequential, Tacked/Antrian. Dasar dari jenis pemrosesan ini adalah bahwa pekerjaan yang berbeda dari pengguna yang berbeda diproses dalam urutan yang diterima. Setelah penumpukan pekerjaan selesai, mereka disediakan/dikirim untuk diproses sambil mempertahankan urutan yang sama. Pemrosesan data dalam jumlah besar ini membantu mengurangi biaya pemrosesan sehingga pemrosesan data menjadi ekonomis. Batch Processing adalah metode di mana informasi yang akan diatur diurutkan ke dalam kelompok untuk memungkinkan pemrosesan yang efisien dan berurutan.


Pemrosesan Online adalah metode yang memanfaatkan koneksi internet dan peralatan yang terpasang langsung ke komputer. Hal ini digunakan terutama untuk merekam informasi dan penelitian. Pemrosesan Realtime adalah teknik yang dapat segera merespons berbagai sinyal untuk memperoleh dan memproses informasi. Pemrosesan Terdistribusi biasanya digunakan oleh workstation jarak jauh yang terhubung ke satu workstation atau server pusat yang besar. ATM adalah contoh yang baik dari metode pemrosesan data ini. Contohnya meliputi: Pemeriksaan, sistem penggajian dan penagihan.


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


2. Pemrosesan Realtime

Seperti namanya, metode ini digunakan untuk melakukan pemrosesan Realtime. Ini diperlukan di mana hasil ditampilkan segera atau dalam waktu serendah mungkin. Data yang diumpankan ke perangkat lunak digunakan hampir seketika untuk tujuan pemrosesan. Sifat pengolahan jenis pengolahan data ini memerlukan penggunaan koneksi internet dan data disimpan/digunakan secara online. Tidak ada jeda yang diharapkan/diterima dalam jenis ini dan penerimaan dan pemrosesan transaksi dilakukan secara bersamaan.


Metode ini lebih mahal daripada pemrosesan batch karena kemampuan perangkat keras dan perangkat lunaknya lebih baik. Contohnya termasuk sistem perbankan, pemesanan tiket untuk penerbangan, kereta api, tiket bioskop, agen persewaan, dll. Teknik ini dapat segera merespon berbagai sinyal untuk memperoleh dan memproses informasi. Ini melibatkan perawatan yang tinggi dan biaya dimuka yang dikaitkan dengan teknologi dan daya komputasi yang sangat canggih. Waktu yang dihemat maksimal dalam hal ini karena output terlihat secara real time. Misalnya dalam transaksi perbankan.


3. Pemrosesan Online

Metode pemrosesan ini adalah bagian dari metode pemrosesan otomatis. Metode ini kadang-kadang dikenal sebagai pemrosesan akses langsung atau acak. Di bawah metode ini, pekerjaan yang diterima oleh sistem diproses pada saat penerimaan yang sama. Ini dapat dipertimbangkan dan sering dicampur dengan pemrosesan Realtime. Sistem ini menampilkan input transaksi yang acak dan cepat dan pengguna yang ditentukan/menuntut akses langsung ke database/konten bila diperlukan. Ini adalah metode yang memanfaatkan koneksi Internet dan peralatan yang langsung terhubung ke komputer. Ini memungkinkan data disimpan di satu tempat dan digunakan di tempat yang sama sekali berbeda. Komputasi awan dapat dianggap sebagai contoh yang menggunakan jenis pemrosesan ini. Hal ini digunakan terutama untuk merekam informasi dan penelitian.


4. Pemrosesan Terdistribusi

Metode ini biasanya digunakan oleh workstation jarak jauh yang terhubung ke satu workstation atau server pusat yang besar. ATM adalah contoh yang baik dari metode pemrosesan data ini. Semua mesin akhir berjalan pada perangkat lunak tetap yang terletak di tempat tertentu dan menggunakan informasi dan set instruksi yang sama persis.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


5. Belajar Data Analis From 0 To Hero!

Hi Sahabat Data, ada track data analis yang melatih kamu dalam menentukan langkah langkah melakukan analisa data dengan tepat bersama DQLab . Belajar mengolah data dengan data industri dengan mudah dan anti ribet. Mulai dari pengenalan hingga pengolahan data tingkat advanced. Yuk kapan lagi belajar anti ribet dengan live code editor dan mudah dimengerti. Lakukan registrasi sekarang!



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :