PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 17 Menit 4 Detik

Pengolahan Data Statistik : Apa Saja Yaa Tahap-tahapnya ?

Belajar Data Science di Rumah 01-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d729430bf07c7a5226e7675056b8fb93_x_Thumbnail800.png

Matematika merupakan ilmu yang sangat sering kita gunakan baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Secara sadar atau tidak sadar dalam kehidupan sehari-hari pun kita menggunakan ilmu matematika. Dimulai dari hal yang paling sederhana seperti berhitung, berfikir secara logis dan sampai dengan ilmu matematika yang lebih kompleks. Sebagai contoh jika kita pergi berbelanja ke supermarket terkadang sebelum pergi ke kasir kita akan menghitung harga-harga dari barang yang akan kita beli dengan kalkulator dari HP kita. Contoh lain adalah jika kita menghitung harga diskon baju, membandingkan berat bersih antar dua produk, sampai dengan penerapan ilmu matematika dalam dunia arsitektur atau sipil.


Ilmu matematika sendiri terbagi menjadi beberapa cabang seperti aritmatika, geometri, analisis, kalkulus, trigonometri dan statistik. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas cabang ilmu statistik. Statistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang data, mulai dari mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, menafsirkan data sampai dengan menarik kesimpulan dari data. Berbicara mengenai mengolah data, apa saja ya tahapan pengolahan data statistik? Yuk kita lanjut baca artikel ini bersama DQLab!


1. Pengumpulan Data 

Sebelum tahapan pengolahan data kita perlu mengumpulkan data terlebih dahulu. Pengumpulan data dapat kita lakukan sendiri dengan cara turun langsung ke lapangan berhadapan dengan subjek atau objek yang berkaitan dengan data yang kita butuhkan, yang mana dalam hal ini data yang kita dapatkan disebut dengan data primer. Cara pengumpulan data yang kedua adalah dengan cara mencari data dari instansi atau lembaga yang sudah pernah mengumpulkan data tersebut sebelumnya, yang mana dalam hal ini data yang kita dapatkan disebut dengan data sekunder. Dalam proses pengumpulan data kita akan membutuhkan alat pengumpul data. Salah satu alat pengumpul data yang sering digunakan adalah kuesioner, kuesioner biasanya digunakan untuk survei.


Baca juga : Belajar Data Analyst dengan Akses DQLab Module Python for Data Professional Beginner Part 1 Sekarang!


2. Editing Data

Data yang telah kita dapatkan biasanya berupa data mentah. Data mentah merupakan hasil pencatatan peristiwa atau karakteristik elemen yang dilakukan pada tahap pengumpulan data. Selanjutnya data yang kita dapatkan tersebut adakalanya perlu kita edit dengan tujuan untuk melihat lengkap tidaknya pengisian kuesioner, melihat logis tidaknya jawaban dan melihat konsistensi antar pertanyaan.


3. Pengolahan Data

Pengolahan data merupakan suatu proses untuk memperoleh data ringkasan berdasarkan data mentah yang telah diedit. Dalam proses pengolahan data statistik, paling tidak terdapat dua hal yang perlu kita lakukan. Hal pertama adalah entry data, yaitu memasukkan data dalam proses tabulasi. Hal kedua adalah melakukan editing ulang terhadap data yang telah di-entry dengan tujuan untuk menghindari kekeliruan dalam tabulasi data atau kekeliruan penempatan data dalam baris atau kolom tabel.


Baca juga : Belajar Data Science dan Lanjutkan Perjalananmu Menjadi Aksara! Yuk, Akses "Data Analyst Python Career Track" Sekarang!


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                              

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissawd

    Mulai Karier
    sebagai Praktisi
    Data Bersama
    DQLab

    Daftar sekarang dan ambil langkah
    pertamamu untuk mengenal
    Data Science.

    Buat Akun


    Atau

    Sudah punya akun? Login