TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 16 Menit 24 Detik

Penting Excel dalam Perjalanan Karir Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 04-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cb255e8cd58e3d3790d7fac8c14dafbc_x_Thumbnail800.jpeg

Setiap orang pada umumnya memiliki keinginan untuk berperan penting dalam karir mereka. Salah satu cara untuk memaksimalkan dan mengefektifkan dalam berkarir adalah menguasai skill-skill yang diperlukan. Excel merupakan salah satu skill dasar dalam dunia kerja. Kita perlu mengetahui seberapa pentingnya excel untuk pondasi karir. Saat ini pekerjaan apapun memerlukan penguasaan microsoft excel yang baik.


Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang memiliki beragam fungsi. Tidak hanya untuk membuat tabel dan kolom saja, di dalam excel tersedia begitu banyak fitur yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk proses analisis data, membuat visualisasi data, melakukan perhitungan matematika, membuat laporan keuangan, dan masih banyak lainnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengetahui beberapa peran excel dalam dunia kerja.


1. Mengefisienkan Pekerjaan

Dalam dunia kerja, adakalanya seseorang dihadapkan dengan banyak tugas yang perlu dikerjakan. Seseorang tentunya ingin melakukan pekerjaan dengan cepat dan akurat. Oleh karena itu diperlukannya bantuan software atau aplikasi yang dapat membantu meringankan pekerjaan, salah satunya adalah microsoft excel. Seseorang bisa memaksimalkan fitur yang ada dalam excel mulai dari untuk mengerjakan tugas ringan maupun berat. Dengan demikian tidak heran jika penguasaan excel seringkali dijadikan syarat wajib atau kualifikasi umum pada saat menerima pekerjaan.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Proses Analisis Data

Data merupakan suatu hal yang penting dalam perusahaan. Data perusahaan ini umumnya memiliki berbagai macam bentuk dan jenis serta jumlahnya tidak sedikit. Data tersebut perlu diolah atau dianalisis sesuai dengan kebutuhan. Proses analisis data ini akan memakan waktu yang cukup lama jika dikerjakan secara manual. Dengan menguasai microsoft excel maka seseorang akan dapat memanfaatkan fitur yang ada didalamnya untuk memudahkan proses analisis data. 

Excel


3. Visualisasi Data

Tahukah kalian bahwa ternyata excel juga bisa digunakan untuk visualisasi data. Visualisasi data ini merupakan salah satu bagian dari proses analisis data yang memudahkan para pembaca dalam memahami hasil analisis. Visualisasi data bisa diterapkan menggunakan berbagai software. Dalam excel juga menyediakan banyak pilihan grafik atau diagram yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Selain itu pengguna juga bisa mengkustomisasi grafik yang ada.

Excel


4. Mudah Bagi Pemula

Microsoft excel merupakan salah satu software yang sudah dikena sejak lama. Bahkan dapat dikatakan excel ini termasuk salah satu software yang dikenal pada awal dunia pemrograman namun banyak pula yang kurang menyadari bahwa excel memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk analisis data. Software excel ini juga menjadi pilihan para pemula untuk memulai berkarir dalam dunia data. Tidak hanya dalam dunia data, semua perusahaan juga memerlukan skill penguasaan excel loh.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Penguasaan bahasa pemrograman adalah suatu hal penting bagi para praktisi data. Untuk itu para calon praktisi data perlu mempelajarinya dari dasar. Salah satu caranya bisa dengan mengikuti berbagai kursus online seperti DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :