DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 20 Jam : 55 Menit : 38 Detik

Pentingnya Belajar Data Science yang Digunakan dalam Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 11-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5a6b919161d950e87935e50fe84cef31_x_Thumbnail800.png

Data Scientist merupakan salah satu profesi yang banyak dicari saat ini. Ibarat pilot, data scientist merupakan orang yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data. Tanggung jawabnya luas dari analisis sampai mendapatkan insight atau rekomendasi untuk pengembangan bisnis. Data scientist bertugas menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar (Big Data) yang terakumulasi di perusahaan.

Jika kamu adalah pemula di dunia Data Science, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Pada artikel kali ini kita akan membahas seberapa pentingnya ilmu Data Science dalam suatu perusahaan. Berikut penjelasannya!

 

1.    Menganalisis Data Perusahaan

Analisis data merupakan hal yang wajib dilakukan Data Scientist. Untuk perusahaan skala menengah Data Scientist melakukan hal-hal seperti mengambil data dari database menggunakan query SQL, membuat tabel pivot dengan Microsoft Excel atau menggunakan software lainnya seperti SPSS, melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik dan kadang kala menggunakan bantuan bahasa pemrograman untuk melakukan analisis data seperti R dan Python. Beberapa perusahaan memberikan tugas untuk melakukan analisis akun Google Analytic perusahaan atau sejenisnya. Tugas-tugas seperti ini sangat cocok untuk seseorang yang mulai berkecimpung di profesi Data Scientist.

 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist 


2.    Big Data

Perusahaan yang berhubungan dengan Big Data sebagian besar merupakan perusahaan non-data. Tugas Data Scientist berkaitan dengan melakukan analisis data yang dimiliki perusahaan dalam jumlah yang besar. Perusahaan jenis ini akan mencari seorang ahli Data Scientist yang lebih banyak dari perusahaan biasanya. Data Scientist di bidang ini dituntut untuk mahir menggunakan platform Big Data sejenis Hadoop dan juga pemahaman menggunakan SAS dan R untuk mempermudah dalam melakukan analisis data. Pemahaman yang matang terhadap Machine Learning menjadi pertimbangan yang sangat penting di perusahaan tipe ini. Contoh perusahaan jenis ini mempunyai trafik yang sangat tinggi seperti perusahaan telekomunikasi, marketplace, dan sebagainya.

3.    Infrastruktur Data Perusahaan

Perusahaan yang memiliki­­ trafik data yang tinggi baik dari data konsumen, penjualan, ataupun statistik website pasti memerlukan seorang yang mampu mempersiapkan infrastruktur data. Dalam hal ini banyak perusahaan yang akan mencari Data Scientist dan Data Engineer untuk melakukan tanggung jawab ini. Infrastruktur data yang diinginkan tentu dengan struktur data yang baik, kemudahan akses serta kemudahan untuk melakukan analisis data.

 

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk, TEMUKAN SUMBER DATA UNTUK BANGUN PORTFOLIO GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!