GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 44 Menit 56 Detik 

Pentingnya Belajar SQL untuk Membangun Aplikasi dengan Mudah

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4be5ecb86a7e3c852c22a34f820ba710_x_Thumbnail800.png

Pernahkah Anda mendengar istilah SQL sebelumnya? Saat terjun ke dunia IT khususnya coding pemrograman komputer, SQL adalah salah satu istilah yang akan sering Anda jumpai. Alhasil tidaklah mengherankan jika banyak calon programmer baru mulai serius belajar SQL.


SQL adalah sebuah singkatan. Adapun kepanjangan dari SQL adalah Structured Query Language yang berarti bahasa pemrograman standar yang memiliki kegunaan, fungsi dan tujuan utama untuk mempermudah proses pengelolaan database. Oleh sebab itu sangat penting bagi calon programmer untuk mempelajari materi pengenalan SQL terlebih dahulu sebelum mulai praktek coding.


1. Pahami Apa itu SQL

Sebelum mempelajari lebih detail mengenai istilah yang digunakan dalam SQL, ada baiknya para pemula mempelajari lebih dahulu apa itu SQL dan kegunaannya. Pertama, perlu diketahui bahwa SQL merupakan bahasa yang digunakan dalam suatu database. Nantinya, bahasa tersebut akan digunakan untuk mengakses hingga memodifikasi sebuah data.


Suatu jembatan dapat dikatakan kokoh jika jembatan tersebut memiliki pondasi dasar yang kuat, sama halnya dengan belajar jika Kamu tidak memahami dasarnya kamu tidak dapat naik ke level yang lebih tinggi. Memahami kegunaan SQL dan juga dasarnya merupakan tahapan yang paling ampuh dalam belajar SQL.

Bagi seorang Data Scientist, adanya SQL memiliki banyak sekali kegunaaan salah satunya adalah  dapat memungkinkan kamu untuk mengakses maupun mengubah database.


Kamu pun bisa menjalankan sebuah query maupun mengambil data yang dibutuhkan. Termasuk pula memperbarui atau menyisipkan data dalam database. SQL juga bisa digunakan untuk menghapus sebuah data pada database. Fungsi lainnya SQL adalah untuk membuat sebuah prosedur baru dan ini akan tersimpan dalam sebuah database. Selain itu juga bisa mengatur hak akses dalam tabel, prosedur, maupun hal-hal penting lainnya.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Pelajari Dasar-dasar SQL

Cara belajar SQL berikutnya adalah dengan mengetahui dan memahami perbedaan bahasa basis yang paling sering digunakan, yaitu DDL, DML dan DCL. Sebelum menggunakan bahasa tersebut dalam penulisan SQL, pemula harus mengetahui terlebih dahulu fungsi dan makna dari masing-masing bahasa.


Contohnya DDL sendiri merupakan bahasa perintah yang digunakan untuk mendefinisikan struktur suatu database. Beberapa perintah DDL yang digunakan dalam SQL adalah rename, drop dan create. Selanjutnya juga ada DML yang merupakan perintah SQL yang berguna untuk pengolahan data dalam suatu tabel. Contoh perintah untuk bahasa DML adalah select, update & delete.


Terakhir, yang banyak digunakan adalah adalah DCL, yang biasanya digunakan untuk mengubah hak akses atau hal-hal lain yang berhubungan dengan keamanan data. Beberapa contoh perintah DCL adalah revoke dan grant.


3. Pelajari Penulisan SQL

Untuk bisa langsung mempraktekkan teori yang telah dipelajari, maka saatnya para pemula membuat hak akses dan user baru untuk MySQL. Dengan begitu, para pemula bisa berlatih menulis dan mengaplikasikan istilah serta perintah yang telah dipelajari sebelumnya.


Jika sudah mulai mengenal beberapa istilah dalam SQL, maka saatnya mulai belajar menulis query MySQL. Mulailah dari hal-hal dasar terlebih dahulu seperti membuat dan menghapus sebuah database ataupun tabel. Jika sudah mulai paham cara membuatnya, maka saatnya mempelajari cara mengubah dan menambah data dalam tabel dengan perintah yang telah dipelajari sebelumnya.


Cobalah menulis berbagai macam perintah dasar dalam MySQL hingga lancar. Apabila para pemula rajin latihan menulis di MySQL, maka mereka akan lebih lancar dalam menulis dan bisa menyelesaikan berbagai studi kasus yang terkait basis data.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


4. Ikuti Kursus di DQLab

Bagi yang baru saja mengenal SQL serta bahasa coding, maka cobalah untuk mengikuti kursus SQL yang tersedia secara online maupun offline. Dengan mengikuti kursus, para pemula bisa mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai cara belajar SQL yang mudah. Bagi yang tidak terikat dengan waktu dan tidak bisa belajar dengan cepat, maka cobalah mengikuti kursus SQL secara online.


DQLab merupakan salah satu contoh tempat  belajar Data Science yang menawarkan kursus online bagi Kamu yang ingin mulai belajar Data Science. DQLab sendiri telah melahirkan praktisi data yang  mahir dalam dibidangnya. Bersama DQLab Kamu akan belajar secara terstruktur dengan studi kasus dan data yang sesuai dengan yang berada di lapangan. DQLab juga menyediakan forum untuk sharing dengan 95,000++ member DQLab, maupun dengan ahli praktisi pakar data.


Dengan mengikuti kursus ini, para pemula bisa mempelajari cara menulis SQL yang benar hingga mempraktekkannya secara langsung. Jadi apalagi yang kamu tunggu, ayo bergabung di DQLab! Kamu bisa belajar data science dari nol hingga bisa bergabung di perusahaan besar. Dengan bergabung sekarang kamu bisa mendapat module GRATIS “Introduction to Data Science” loh! 





Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!