PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 16 Menit 43 Detik 

Pentingnya Data Primer dan Sekunder dalam Penelitian Skripsi

Belajar Data Science di Rumah 19-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/07e3519b74a19894cbdb488d5d500e33_x_Thumbnail800.jpg

Data primer dan data sekunder adalah dua jenis data yang penting digunakan untuk diolah dan dianalisis demi mendapatkan hasil penelitian yang akurat, valid dan memiliki kualitas yang bagus. Jika ditanya manakah diantara kedua jenis data ini yang lebih baik, sebenarnya tidak ada dugaan terkait mana yang benar dan salah ataupun lebih baik dan lebih buruk. Hanya saja kedua data ini alangkah baiknya bila digunakan pada tempat yang tepat. Selain itu juga perlu adanya keselarasan dan kesesuaian antara data yang digunakan dengan topik riset yang diangkat. Penentuan jenis data yang akan digunakan adalah hal mutlak yang harus kalian perhatikan sebelum menyusun laporan penelitian. Penentuan jenis data penting untuk menelusuri kedalaman analisis yang digunakan sudah sejauh mana telah menjawab tujuan atau rumusan penelitian. Tetapi, apapun jenis data yang sahabat data perlukan tentunya akan bermuara pada keputusan atau kesimpulan akhir yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Peran data primer memang lebih utama daripada data sekunder. Namun peran data sekunder tidak bisa dianggap remeh. Data sekunder melengkapi data primer untuk menunjang kualitas hasil riset. 


Karakteristik data primer adalah data yang didapatkan melalui tangan pertama atau responden penelitian secara langsung. Berbeda dengan data pokok, data sekunder adalah data pelengkap. Kata pelengkap di sini mengartikan bahwa tanpa adanya data primer, penelitian bisa dianggap rendah kualitasnya karena datanya kurang lengkap. Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian sangat menentukan bagaimana data primer dan sekunder dikumpulkan. Dengan demikian pengumpulan data baik data primer maupun data sekunder harus dilakukan secara hati-hati sehingga berindikasi pada pengambilan keputusan akhir. Pada penelitian skripsi biasanya hal ini dipertimbangkan oleh peneliti atau mahasiswa sebelum melaksanakan penelitian. Oleh karena itu, pengumpulan data primer dan sekunder keberadaannya sangat penting khususnya dalam penelitian tugas akhir maupun skripsi. Terkait dengan pembahasan ini, kita akan membahas tentang pentingnya data primer dan sekunder dalam penelitian. Tidak ada yang benar dan salah juga tetapi keduanya memang sangat dibutuhkan baik sebagai data pokok maupun data penunjang dalam penelitian dan analisis data. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai pentingnya data primer dan sekunder dalam penelitian skripsi atau tugas akhir. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, peneliti maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. Memperdalam Urgensi Penelitian

Urgensi penelitian sangat berperan besar dalam penelitian. Hal ini dikarenakan urgensi sangat dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan rumusan permasalahan yang diangkat. Urgensi penelitian juga dapat membantu untuk membuktikan kebenaran antara teori dan fakta yang terjadi di lapang. Meskipun apa yang kita lontarkan adalah merupakan hasil data dari otak kita, tetapi informasi yang kita tangkap atau terima belum tentu benar, atau disepakati orang lain. Karena apa yang kita anggap hal tersebut benar, belum orang lain meyakini pandangan kita benar. Bisa jadi pernyataan yang langsung kita lontarkan justru yang salah. Seperti halnya pernyataan bahwa œkenyataan hidup tak seperti teori pernyataan tersebut seperti terlihat benar, tetapi sebenarnya belum tentu. Bukan teori yang salah, kemudian  tidak sesuai dengan kehidupan kita. Tetapi patut diduga bahwa referensi teori yang dimiliki minim, sehingga tidak sesuai dengan kehidupan kita. Teori bisa menjadi benar ketika situasi dan kondisinya juga relevan. Untuk itulah perlu adanya penyampaian data dari yang kita dapat terlebih dahulu, sehingga pernyataan yang kita sampaikan dapat dipahami orang lain. Sehingga dalam penelitian data itu sangat penting, untuk meminimalisir bahwa yang kita sampaikan bukan asumsi belaka atau opini. 


Baca juga : Data Sekunder Adalah Jenis Data Penelitian yang Wajib Diketahui


2. Sebagai Pisau Analisis

Kamalesh Bathala, Director of Customers and Analytics salah satu startup besar di Indonesia, mengatakan bahwa data menjadi nafas bagi pengembangan bisnis. Pengambilan, pengolahan, serta analisis data sangat penting dalam membangun sebuah produk yang user-centric. Kamalesh mengungkapkan œSebuah produk yang baik dibangun melalui sebuah analisis data yang tepat. Semua keputusan bisnis yang dilakukan harus berbasis data. Dengan mengetahui data kebiasaan pengguna, perusahaan dapat mengetahui apa kebutuhan konsumen saat ini. Perusahan juga dapat memprediksi apa yang menjadi kebutuhan konsumen yang akan datang


3. Mengedepankan Prinsip Ilmiah dalam Penelitian

Ketika merumuskan sebuah tujuan penelitian, tentunya kita harus berpatokan pada rumusan masalahnya terlebih dahulu. Tujuan penelitian akan terjawab ketika rumusan masalah yang berbentuk deskriptif, komparatif dan asosiatif pada rumusan masalah sudah jelas. Sehingga penelitian memerlukan sebuah dasar analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis. Bukan hanya itu saja, penelitian juga menggunakan metodologis dan konsisten. Sehingga menurut Soerjono Soekanto, tujuan dari penelitian untuk dapat mengungkap sebuah kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia untuk mengetahui apa sesungguhnya sedang dihadapi. Penulisan penelitian ilmiah yang sistematis dan metodologis perlu adanya alur-alur yang perlu dilakukan. Dari mulai judul penelitian, rumusan masalah, hingga kesimpulan dan saran.


4. Dasar dalam Pengambilan Keputusan

Informasi sendiri merupakan sebuah hasil dari pemrosesan data untuk menjadi sesuatu yang bermakna. seperti yang diungkapkan oleh Vercellis yaitu œInformation is the outcome of extraction and processing activities carried out on data, and it appears meaningful for those who receive it in a specific domain. Informasi berdasarkan fakta-fakta atau kejadian yang nyata, yang nantinya menjadi hasil analisis dan selanjutnya menjadi dasar pembuatan kesimpulan. Hasil Kesimpulan inilah yang penting  dan juga dapat dijadikan pedoman pengambilan keputusan ataupun pengambilan suatu kebijakan. Sehingga sebelum pengambilan keputusan kebijakan memerlukan riset-riset guna mencari data, dan menghindari kebijakan yang tidak tepat sasaran. Kumpulan data-data yang terorganisir dalam sebuah database dapat membantu memudahkan dalam pencapaian rencana strategisnya.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder: Sumber-Sumber Data Sekunder


5. Belajar Data Science Seru dan Tidak Membosankan Bersama DQLab Yuk!

Data merupakan salah satu elemen pokok yang tidak dapat terpisahkan dari suatu penelitian. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian membutuhkan data sebagai penguat untuk menjawab tujuan penelitian salah satunya dengan penggunaan data primer. Dengan adanya data kita dapat mampu menganalisis data dimanapun berada, kemampuan problem solving yang baik, dan skill di berbagai bidang ilmu lainnya. Salah satu penerapannya adalah data science yang terdiri dari bidang ilmu matematika, statistik, dan komputer. Dengan mempelajari Data Science, kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menghasilkan informasi dari olahan data mentah dan insight yang valuable. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id atau bisa klik button di bawah ini yap. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :