FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 44 Menit 0 Detik 

Pentingnya Data Science untuk 5 Tahun Mendatang

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fa5810f25bf9348766ca64b3ec592b58_x_Thumbnail800.jpeg

Pada saat sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan sebuah proses pengolahan data di dalamnya. Karena dengan data-data tersebut perusahaan bisa mendapatkan informasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas sebuah perusahaan tersebut. Dengan menggunakan metode yang sesuai tentunya ini bisa dicapai oleh perusahaan. Jenis pekerjaan yang melakukan tugas ini adalah seorang praktisi data seperti data analyst, data scientist, dan lain sebagainya yang bertugas untuk mengolah dan juga menganalisis data perusahaan. 


Jika kalian mencari jenis pekerjaan ini di internet pastinya kalian dapat dengan mudah menemukannya. Karena banyak sekali perusahaan yang menginginkan seorang praktisi data yang handal. Jenis perusahaan di bidang industri salah satunya yang membutuhkan seorang praktisi data, karena praktisi data akan membantu mengolah data perusahaan yang cukup banyak. Ini yang menyebabkan banyak orang dari berbagai latar belakang mulai melirik jenis pekerjaan ini dan tertarik untuk mempelajari data science. Terlebih di era digital seperti ini, dengan pertumbuhan data yang semakin hari semakin cepat dan juga bertambah ragamnya. 


Data science salah satunya, ilmu yang sedang naik-naiknya dimasa-masa sekarang. Jadi mengapa sih data science itu begitu penting di era sekarang dan sangat berpengaruh kepada perusahan-perusahaan baik skala kecil ataupun besar? Nah artikel kali ini kita akan membahas hal tersebut jadi jangan lewatkan ya!


1. Memperbanyak Jumlah Praktisi Data

Salah satu alasan yang pertama mengapa data science itu begitu penting yaitu untuk memperbanyak jumlah praktisi data yang ada di Indonesia ini. Banyaknya jumlah data yang sudah terkumpul, perusahaan membutuhkan orang yang dapat mengelola semua datanya sampai bisa dipahami oleh orang awam untuk menyusun sebuah strategi pemasaran yang dapat memajukan bisnis yang dikelola oleh perusahaan. Maka dari itu pekerjaan praktisi data ini sangatlah dibutuhkan dan terlebih lagi keberadaan data science juga untuk menghadapi tren yang akan muncul kedepannya. 


Untuk menjadi seorang praktisi data haruslah memiliki kemampuan yang spesifik untuk bisa mengolah sebuah data dengan baik, sayangnya di Indonesia masih kekurangan praktisi data yang seperti itu. Selain hal tersebut kemampuan dalam mengomunikasikan hasil dari pengolahan data tadi juga sama pentingnya karena tidak semua orang paham dengan hal tersebut maka dari itu memerlukan seorang praktisi data yang memiliki skill komunikasi yang baik agar hasil pengolahan data tadi mudah dipahami. Itulah mengapa data science penting untuk masa depan.


Baca juga : Algoritma Data Science : Pengertian Hingga Contoh


2. Pedoman untuk Menentukan Strategi Bisnis

Jika sebuah data dapat dikelola dengan baik dengan menggunakan metode-metode yang tepat, maka kalian akan mendapatkan informasi yang cukup berguna. Nantinya informasi ini akan dijadikan sebagai pedoman untuk mengambil sebuah keputusan atau menentukan strategi bisnis selanjutnya. Ketika kalian dapat menentukan sebuah strategi bisnis lanjutan, maka kalian dapat menggunakannya di berbagai aspek. 


Seperti contohnya adalah preferensi konsumen terhadap produk, tingkat penjualan produk, ketertarikan sampai dengan perilaku dari konsumennya. Karena ada banyaknya data, maka hal ini akan mudah dilakukan dengan cara menggunakan data science yang dapat mengolah data secara efisien dan juga akurat. Banyak sekali orang yang sudah memulai bisnis-bisnis mereka, ini berarti persaingan bisnis akan semakin ketat. Maka dari itu data science menjadi salah satu syarat jika ingin membuat sebuah bisnis menjadi lebih maju.


3. Persiapan Menghadapi Tren Masa Depan

Dengan berkembangnya teknologi di masa revolusi industri ini yang sering disebut dengan revolusi industri 4.0, menyebabkan semua bidang juga naik teknologi di dalamnya. Untuk saat ini teknologi informasi menjadi salah satu faktor yang penting untuk perkembangan di dunia industri, baik dalam bisnis sampai dengan kehidupan kita sehari-hari. 


Tidak heran, mempelajari data science menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman ini. Karena data science dapat membantu kalian untuk bisa menganalisis sebuah data dimana pun dan kapan pun, kalian akan memiliki kemampuan problem solving yang cukup baik dan juga menambah skill di berbagai bidang seperti ilmu matematika, statistik, dan juga komputer.


4. Karir yang Menjanjikan

Karir sebagai seorang praktisi data tidak hanya dapat kalian capai dengan memiliki latar belakang IT, kalian juga dapat menjadi seorang praktisi data walau tidak memiliki latar belakang seorang IT. Mungkin yang membedakannya hanyalah kalian yang tidak memiliki latar belakang IT memerlukan waktu yang lebih untuk mempelajari skill-skillnya, terlebih lagi jika kalian belum pernah belajar programming. 


Di zaman sekarang webinar-webinar atau tempat kursus khusus data science juga sudah banyak bertebaran di internet jadi kalian tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Di Indonesia peluang karir kalian di bidang ini khususnya sebagai data scientist dan data analyst masih tergolong cukup tinggi. Data science dan juga data analyst sangat dibutuhkan di berbagai bidang seperti bidang industri. Gaji yang diberikan juga beragam tergantung dari kebijakan perusahaan kalian dan juga tingkatan kalian. 


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Sahabat DQ ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :