Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Pentingnya Excel untuk Karir Paid Ads Specialist

Belajar Data Science di Rumah 06-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/731ac824-fa19-42e6-a9d9-b4714d39f5c9-2023-06-06-185513_x_Thumbnail800.jpeg

Excel merupakan salah satu software pengolah angka yang versatile digunakan dalam berbagai profesi. Apapun profesinya, rasa-rasanya Excel sudah menjadi tools wajib untuk mempermudah pengolahan data. Baik data kategorik, numerik hingga visualisasi data semua tersaji dan tersedia hanya dengan menggunakan Excel saja. Salah satu profesi yang juga menggunakan Excel sebagai penunjang karir adalah Paid Ads Specialist. Paid Ads Specialist merupakan seorang profesional di bidang digital marketing yang memiliki keahlian khusus dalam melakukan pengelolaan kampanye iklan secara berbayar.


Seorang Paid Ads Specialist biasanya melakukan tabulasi kampanye iklan berbayar menggunakan Microsoft Excel. Mereka biasanya mengecek apakah kampanye iklan yang dilancarkan ini sudah sesuai dengan tujuan pemasaran yang diinginkan atau tidak. Mereka juga memiliki tugas khusus yaitu mengelola anggaran iklan yang ditetapkan oleh klien apakah budgetnya sesuai atau ada yang harus dikurangi. Tentunya keputusan ini agaknya dibahas dan ditentukan dengan menggunakan bantuan tools Excel. 


Nah, pastinya Excel ini sangat bermanfaat apabila kamu ingin menjadi seorang Paid Ads Specialist. Berikut adalah penjelasan tentang pentingnya Microsoft Excel dalam menunjang karir sebagai seorang Paid Ads Specialist. Simak terus informasinya ya sahabat DQLab lewat artikel berikut ini!


1. Analisis Data untuk Metrik Iklan

Dalam pekerjaan sebagai Paid Ads Specialist, Anda perlu menganalisis data dari berbagai sumber, seperti platform iklan, Google Analytics, dan lainnya. Excel memungkinkan Anda untuk mengimpor, menggabungkan, dan menganalisis data ini dengan mudah. Anda dapat menggunakan rumus dan fungsi Excel untuk menghitung metrik kinerja seperti CTR (Click-Through Rate), CPC (Cost Per Click), ROAS (Return on Ad Spend), dan lainnya. Kemampuan untuk menganalisis data dengan cepat dan efektif adalah keterampilan yang sangat penting dalam peran ini.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pelaporan dan Visualisasi

Excel memungkinkan Anda untuk membuat laporan iklan yang kustom dan visualisasi data yang membantu dalam menyajikan hasil kampanye kepada klien atau tim internal. Anda dapat membuat grafik, tabel pivot, dan dashboard interaktif yang memudahkan pemahaman dan pengambilan keputusan berdasarkan data iklan Anda. Excel juga memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi proses pelaporan dengan menggunakan macro dan fungsi bawaan.

Excel


3. Pengelolaan dan Organisasi Data

Sebagai Paid Ads Specialist, Anda akan bekerja dengan banyak data kampanye iklan, termasuk detail iklan, anggaran, kata kunci, dan hasil analisis. Excel memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengorganisasi data ini dengan baik dalam spreadsheet yang terstruktur. Anda dapat menggunakan filter, pengurutan, dan format data dalam Excel untuk mengatur dan menavigasi data iklan dengan mudah.


4. Pengoptimalan Kampanye Pemasaran

Excel juga berperan penting dalam pengoptimalan kampanye iklan. Dengan menggunakan Excel, Anda dapat membuat model perhitungan, melakukan uji A/B, dan mengidentifikasi tren atau pola dalam data iklan. Anda dapat menguji strategi penawaran, mengatur anggaran, dan mengoptimalkan target audiens dengan menggunakan rumus dan analisis data dalam Excel.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Syarat Wajib yang Diminta di Industri

Keterampilan Excel menjadi salah satu keterampilan yang paling banyak diminta di industri digital marketing. Kemampuan untuk menggunakan Excel dengan baik menunjukkan bahwa Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang analisis data, pengambilan keputusan berbasis data, dan kemampuan teknis yang diperlukan dalam peran sebagai Paid Ads Specialist. Penguasaan Excel dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan dan meningkatkan kemampuan Anda untuk sukses dalam peran ini.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. 


DQLab sendiri merupakan  platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu. DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Yuk, buruan sign up di DQLab, dan nikmati fasilitas yang ada!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login