SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 40 Menit 29 Detik

Pentingnya Ikut Course Data Engineer 2023

Belajar Data Science di Rumah 17-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3a0f3b9d-da89-482f-90e2-3bfef9e484f6-2023-06-21-171542_x_Thumbnail800.jpeg

Data Engineer merupakan salah satu profesi praktisi data yang cukup dibutuhkan di abad ini. Namun sayangnya di kalangan orang awam, posisi Data Engineer tidak seterkenal posisi Data Scientist atau Data Analyst. Padahal menurut Linkedin's Emerging Jobs Report 2020, Data Engineer merupakan salah satu pekerjaan yang sedang naik daun dengan pertumbuhan karir sebesar 33 persen dari tahun ke tahun.


Era digitalisasi yang terjadi saat ini membuat kita harus bisa beradaptasi dengan hal tersebut agar bisa terus bertahan di modern ini. Kita perlu untuk melakukan upgrade skill secara berkala agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang terus berubah-ubah. Misalnya saja di era yang sudah serba digital, banyak profesi yang mulai tidak dibutuhkan lagi. Sehingga mau tidak mau kita harus berpindah ke karir yang lain agar tetap bisa bertahan. Salah satunya adalah Data Engineer. Sayangnya proses belajar menjadi Data Engineer cukup sulit jika dilakukan secara otodidak, terlebih jika kita tidak memiliki background khusus. 


Nah dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa kita perlu mengikuti kursus Data Engineer di tahun ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Data Engineer dan Kebutuhannya

Data yang didapatkan pertama kali dari proses pengumpulan data masih sangat kotor dan tidak bisa langsung dianalisis. Biasanya kita perlu melakukan pembersihan data dan penyamaan format melalui proses ETL (Extract, Transform, Load). Barulah nanti data yang sudah bersih tersebut akan dimasukkan ke data warehouse agar bisa digunakan oleh Data Scientist dan Data Analyst.


Nah, Data Engineer adalah orang yang bertugas untuk menyiapkan data mentah tersebut. Data Engineer akan membangun, memelihara, serta mengoptimalkan infrastruktur data yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan, memproses, serta mengakses data. Sehingga bisa dikatakan, pekerjaan Data Scientist akan tergantung dari data yang sudah disiapkan oleh Data Engineer.


Baca juga : Apa Saja Ya Job Description Data Engineer? 


2. Skill yang Dibutuhkan

Update skill secara berkala memang perlu dilakukan agar kita bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi di dunia. Dengan mengambil kursus Data Engineer, bukan berarti satu-satunya tujuan adalah untuk menjadi Data Engineer saja. Namun lebih dari itu, kita bisa mendapatkan banyak skill-skill baru yang akan dibutuhkan untuk menjadi praktisi data. Bahkan seorang Data Scientist pun memang sebaiknya memiliki skill yang digunakan oleh Data Engineer, karena jika perusahaan yang masih berskala rintisan, biasanya Data Scientist juga harus memproses data end to end, dari proses pengumpulan data, hingga nanti menyajikan data tersebut.


3. Tantangan Profesi

Pekerjaan praktisi data seperti Data Engineer memang terasa sulit bagi sebagian orang, namun sebenarnya akan sangat menarik bagi orang yang menyukai tantangan. Karena bagi mereka yang menyukai tantangan, akan ada kepuasan tersendiri begitu mereka berhasil menyelesaikan tantangan tersebut dengan baik. Dengan mengikuti kursus Data Engineer, kita bisa mulai menyiapkan diri atau sebagai pemanasan sebelum bertemu dengan tantangan yang lebih seru di lapangan.


4. Prospek Karir yang Menjanjikan

Tidak bisa dipungkiri, data adalah hal yang berperan penting dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan di perusahaan, baik yang berskala kecil maupun besar. Data bisa menjadi alat tempur yang baik jika diproses dengan baik. Kebutuhan akan data juga berbanding lurus dengan kebutuhan akan praktisi data seperti Data Engineer, Data Scientist, Data Analyst, dan profesi praktisi data lainnya. Dengan mengikuti kursus Data Engineer, kamu juga akan menjadi salah satu orang yang memiliki peluang untuk berimpact dalam proses pembuatan keputusan oleh perusahaan. Karena tanpa data Engineer, Data Scientist dan Data Analyst tidak akan bisa mengolah data dengan cepat dan efisien.


Baca juga : Day to Day Data Engineer di Tech Companies 


Data Engineer bisa kamu jadikan sebagai salah satu tujuan karir mu mengingat kebutuhan akan profesi ini disebutkan akan terus mengalami kenaikan. Adanya tools dan bahasa pemrograman tentu bertujuan untuk mempermudah pekerjaan Data Engineer, mengingat seorang Data Engineer akan akrab dengan data yang berukuran besar.


Kamu bisa memulai proses menjadi Data Engineer dengan belajar di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Engineer!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login