3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 19 Menit 32 Detik

Pahami Proses Integrasi Data untuk Hasilkan Proses Pengolahan Data yang Valid

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a618ceeab212b3e4e693b84d0c76287f_x_Thumbnail800.jpg

Data akan sangat bernilai tinggi dan menjadi aset bisnis jika kita bisa menghubungkan data-data berbagai aktivitas bisnis dan mendapatkan "benang merah" yang komprehensif. Dalam hal ini, integrasi data menjadi kunci penting untuk menghasilkan insight yang valid dan memiliki kredibilitas tinggi.

Jangan salah, ada permasalahan lain dapat berpotensi untuk terjadi penyusunan laporan yang tidak konsisten atau bias, apalagi dengan volume data yang semakin hari semakin besar. Dengan demikian, penting sekali jika data-data "mentah" dapat dikumpulkan dan diolah secara terpusat sehingga laporan menjadi tepat dan akurat.

Bersama Muhammad Aswan Syahputra, Data Analyst Jabar Digital Service, yuk kenali proses dari integrasi dari kacamata seorang Data Analyst. Simak artikel ini selengkapnya ya!

1. Proses Collecting Data dari Berbagai Macam Sumber

Integrasi data merupakan proses penggabungan atau penyatuan data yang berasal dari sumber yang berbeda. Proses ini dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna. Sebagai seorang Data Analyst Jabar Digital Service, Aswan kerap kali mendapati data-data dari Indeks desa membangun (IDM) dan potensi desa (PODES) sebagai data utama yang digunakan dalam proses integrasi data.

"Biasanya saya mendapatkan data-data dari pemerintah pusat atau data konvensional baik data kasus atau data lainnya. Dari situ kita coba analisis, seperti data POSED maupun IDM." Tutur Aswan.

2. Menggabungkan Data Kasus dengan Data Trend

Melakukan integrasi data dapat meningkat keuntungan perusahaan karena dapat meminimalisir kesalahan yang disebabkan manusia, seperti contoh menggunakan data yang salah atau sebagainya. Sebagai seorang Data Analyst, tahap selanjutnya adalah menggabungkan data-data alternatif yang disediakan oleh pihak-pihak lain, baik data yang dibuka untuk umum maupun berbayar.

"Dari data public juga biasanya saya menganalisis data dengan trend yang ada contohnya adalah trend stay at home. Jadi kita mengintegrasikan data-data kasus dengan data -data lain." Tambah Aswan

3. Hasilkan Insight Menarik dari Integrasi Data

Dengan melakukan integrasi data maka perusahaan akan dinilai sebagai sumber informasi yang kredibel. Keuntungan lain yang tidak dapat dipungkiri adalah dengan melakukan integrasi data maka arus data dan informasi dalam perusahaan semakin membaik. Hasil insight yang dihasilkan pun dapat mengoptimalkan jawaban dari sebuah kasus.

"Dari data-data yang di-collect, tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan jawaban dari pertanyaan permasalahan, dari hasil integrasi data kita akan mendapatkan insight menarik." Tutup Aswan.

4. Yuk, Pelajari Data Science sekarang Bersama DQLab! Gunakan Voucher BELAJARGRATIS untuk Akses Modulenya GRATIS Selama 1 Bulan!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data.

Sign Up untuk nikmati module GRATIS "Introduction to Data Science" dengan bahasa R dan Python untuk mendapatkan pengalaman pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :