MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 55 Menit : 51 Detik

Pentingnya Manfaat Integrasi Data dalam Big Data Untuk Kemajuan Bisnismu!

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9c1fd60815adfdbba530d6bce80a436e_x_Thumbnail800.jpg

Mengapa penting mengintegrasikan Big Data dalam sebuah bisnis? Dalam dunia bisnis, Big Data sangat banyak digunakan sebagai tools untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari setiap transaksi. Berbagai informasi tersebut nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk menentukan strategi yang tepat bagi bisnis yang dijalankan. Big Data sangatlah berperan dalam suatu perusahaan. Sesuai dengan namanya, Big Data merupakan kumpulan data yang sangat besar dan terkumpul dalam waktu yang sangat cepat.

Secara umum, teknologi ini telah digunakan hampir di setiap industri di Indonesia di era Revolusi Industri 4.0. Apalagi kini banyak sekali startup dari berbagai sektor telah menggunakan teknologi integrasi data dalam Big Data untuk bisnis menjadi sebuah hal yang sangat penting. Apa saja sih manfaat tersebut? Simak artikel dibawah ini ya!

 

1. Mengurangi Risiko Data yang Tidak Akurat

Integrasi data pada Big Data dapat meningkatkan efisiensi dalam operasional kerja. Data yang terintegrasi dengan baik akan mempermudah dalam mengakses data dengan lengkap untuk analisis menyeluruh dan acuan dalam menilai proses produksi, pemasaran, pengembalian produk, dan sebagainya. Hal ini berguna untuk menghadapi permasalahan di masa mendatang. Selain itu teknologi Big Data akan memudahkan perusahaan dalam mengurangi risiko data yang tidak akurat. Sebab, semua data yang tersimpan telah terintegrasi dengan baik dan dapat diakses secara real time.

 

Baca juga : Pahami Proses Integrasi Data untuk Hasilkan Proses Pengolahan Data yang Valid

 

2. Memahami Pelanggan

Big Data dapat membantu suatu bisnis dalam mengenal serta memahami para pelanggan dengan lebih baik. Hal ini  menjadi salah satu alasan mengapa perlu mengintegrasikan Big Data untuk bisnis.  Big Data memang memiliki kemampuan analisis data yang hebat terhadap seluruh informasi yang terkait dengan pelanggan yang membeli produk atau menggunakan jasa. Dengan memahami pelanggan, perusahaan bisa lebih mudah dalam menyediakan produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Setelah itu, perusahaan pun akan lebih mudah meminimalisir komplain dari para pelanggan. 

 

3. Strategi Marketing yang Efektif

Bisnis yang terintegrasi dengan Big Data akan sangat memudahkan perusahaan dalam membangun strategi marketing yang efektif sehingga bisa menjangkau setiap konsumen sesuai dengan segmen pasarnya. Penerapan strategi yang tepat dapat mengurangi berbagai risiko dalam bisnis yang dijalankan, seperti misalnya risiko penyusutan pangsa pasar, karena hubungan dengan para konsumen telah terbangun sebelumnya.


Baca juga : Belajar Data Science: Simak 3 Manfaat Penerapan Big Data di Berbagai Industri

 

4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yangy sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita



Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!