PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 8 Menit 58 Detik

Pentingnya Pelatihan Data Analyst di Era Transformasi Digital

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-03-2-2023-08-10-215801_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst merupakan salah satu posisi penting dalam era transformasi digital. Tidak bisa dipungkiri, adanya digitalisasi bisa mempermudah layanan dan komunikasi bagi para customer. Mereka tidak perlu datang ke lokasi perusahaan untuk mengadukan masalahnya. Sehingga tidak heran, ketika banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk mulai mengadaptasi teknologi digital agar bisa mempertahankan eksistensinya. 


Sadar atau tidak, dengan adanya digitalisasi, data telah menjadi salah satu aset paling berharga bagi organisasi dan bisnis di berbagai sektor. Namun, data sendiri tidak akan bermakna apa-apa jika tidak diolah dan dianalisis dengan benar. Sehingga kebutuihan akan ahli data khususnya Data Analyst memang tidak bisa dipungkiri. Untuk bisa memiliki skill yang mumpuni sebagai Data Analyst, pelatihan Data Analyst bisa menjadi salah satu solusi. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya pelatihan Data Analyst di era transformasi digital ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Memahami Konsep dan Metode Analisis

Pelatihan Data Analyst dapat memberikan dasar yang kuat dalam pemahaman konsep dan metode analisis data yang bisa digunakan. Pemahaman akan konsep dan metode yang akan digunakan merupakan hal penting yang harus dikuasai sebelum mulai melakukan analisis data. Ibaratnya, proses ini adalah pondasi dari skill seorang Data Analyst. Mereka yang memiliki pengetahuan mendalam tentang statistik, teknik pengolahan data, dan strategi analisis yang relevan menjadi Data Analyst yang akan sangat dicari oleh perusahaan. Tanpa pelatihan Data Analyst, proses menguraikan data dengan benar dan mengidentifikasi pola serta menemukan insight yang berharga akan menjadi lebih sulit

Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Keterampilan Teknis yang Kuat

Dalam dunia data analytics, keterampilan teknis adalah kunci. Hampir semua pekerjaan Data Analyst akan membutuhkan skill teknis agar proses analisis data menjadi lebih mudah. Pelatihan Data Analyst akan membantu mengembangkan keterampilan menggunakan tools analisis data seperti bahasa pemrograman Python, R, SQL, serta platform visualisasi data. Skill ini memungkinkan Data Analyst untuk memanipulasi data, melakukan analisis mendalam, dan membuat visualisasi yang informatif.


3. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi akan terus mengalami perubahan mengikuti zaman. Sehingga hal ini juga membuat proses analisis data juga mengalami evolusi yang cepat. Dengan mengikuti pelatihan, seorang Data Analyst dapat terus memperbarui skill yang mereka miliki agar sesuai dengan perkembangan terbaru. Dalam hal ini termasuk mengenali dan menggunakan tools analisis data yang baru dan efektif, serta memahami tren terbaru dalam pemrosesan data dan artificial intelligence.


4. Kemampuan Analitis yang Dalam

Pelatihan Data Analyst dapat membantu mengasah kemampuan analitis individu. Hal ini dapat terjadi karena ketika melakukan pelatihan, Data Analyst dituntut untuk bisa melibatkan kemampuan nya dalam merumuskan pertanyaan bisnis yang relevan, merancang eksperimen analitis, serta mengambil keputusan berdasarkan insight yang diperoleh dari data. Dengan mengikuti pelatihan, Data Analyst akan terlatih untuk mengidentifikasi tren, mengenali anomali, dan merumuskan solusi berdasarkan data yang tersedia.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Pelatihan Data Analyst bukan hanya investasi dalam mengembangkan karier pribadi, tetapi juga kontribusi penting dalam kesuksesan bisnis. Kamu bisa memulai proses menjadi Data Analyst dengan belajar di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Selain Bootcamp Data Analyst with SQL and Python, kamu juga bisa mencoba Bootcamp Data Analyst with Excel untuk melengkapi skill yang dibutuhkan oleh seorang Data Analyst. Tentunya nanti kita akan dihadapkan dengan study case yang bisa menambah portfolio data.


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login