SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 23 Menit 6 Detik

4 Cara Menuliskan Fungsi di Excel

Belajar Data Science di Rumah 18-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-08-2023-10-18-174958_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan software yang dapat digunakan dalam segala bidang pekerjaan. Salah satunya Marketing Analyst. Marketing analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data pemasaran guna mendukung pengambilan keputusan dalam strategi pemasaran.


Tugas mereka adalah melibatkan pemahaman mendalam tentang tren pasar, perilaku konsumen, dan kinerja kampanye pemasaran. Pekerjaan sebagai marketing analyst tentu saja tidak terlepas dari Excel sebagai software pendukungnya.


Jika kamu adalah seorang Marketing Analyst, pastinya sangat membutuhkan dasar-dasar Excel untuk memudahkan proses pengolahan data dan pelaporan data marketing guna mendapatkan insight yang bermanfaat.


Salah satu cara meningkatkan penguasaan Excel bagi Marketing Analyst adalah dengan mengikuti pelatihan Excel. Dengan mengikuti pelatihan Excel, seorang marketing analyst akan lebih mudah untuk menghandle pekerjaan mereka tanpa perlu ribet mengurusi berbagai spreadsheet keperluan marketing, misalnya anggaran untuk ads, melakukan perhitungan rate influencer dan lain-lain.


Berikut adalah pentingnya pelatihan Excel bagi seorang marketing analyst. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Mempermudah dalam Analisis Data

Seorang Marketing Analyst harus mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan pemasaran.


Excel menyediakan berbagai fungsi statistik dan perhitungan yang memungkinkan mereka untuk melakukan analisis data dengan efektif.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengelola dan Mengatur Data

Seorang Marketing Analyst seringkali harus bekerja dengan data yang besar dan kompleks. Excel memungkinkan mereka untuk mengimpor, mengatur, dan membersihkan data dengan mudah menggunakan berbagai alat seperti filter, pivot table, dan fungsi pencarian.


Excel

Sumber Gambar: PerfectXL


3. Kecepatan dan Efisiensi

Dengan menggunakan rumus, makro, dan teknik pemrograman VBA (Visual Basic for Applications), seorang Marketing Analyst dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam pekerjaan mereka.


Mereka dapat membuat alat-alat kustom untuk mengotomatisasi tugas yang lebih kompleks. Pelatihan excel dinilai sangat penting karena sebagai salah satu investasi ilmu yang sangat berharga.


Kemampuan yang kuat dalam menggunakan Excel akan membantu mereka dalam mengambil keputusan yang lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan memberikan dampak positif pada hasil pemasaran perusahaan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Prediksi dan Peramalan

Excel memiliki kemampuan untuk melakukan analisis peramalan dan prediksi, yang penting dalam merencanakan strategi pemasaran di masa depan. Hal ini dapat membantu dalam menentukan anggaran pemasaran, merencanakan campaign, dan mengukur kinerja.


Excel

Sumber Gambar: Sprout Social


Jadi, sangatlah penting bukan keberadaan Excel bagi seorang marketing analyst? Penasaran apalagi fungsi lanjutan lainnya yang ada di Excel? Kalian bisa mulai mengikuti pelatihan Excel bersama DQLab.


Excel


Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apalagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis: Reyvan Maulid





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login