PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 40 Menit 25 Detik 

Pentingnya Pengolahan Data dan Analisisnya untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 06-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b42938d0b467d4133c44299c5f6b95e9_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini, sumber data tersebar dimana-mana dan semua orang dapat mengumpulkan data di berbagai bidang, mulai dari data pelanggan, data cuitan oleh social media user, data review produk dan layanan, bahkan data gambar gan audio dari search engine. Bagi sebuah bisnis, data pelanggan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produk dan layanan. Data ini dapat berupa data penggunaan aplikasi seluler, data klik dan request, interaksi sosial media, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini kita bisa mengumpulkan data penggunaan sosial media seseorang, mulai dari kapan mereka bangun, kapan mereka sarapan, kemana mereka berlibur, dan sebagainya.

Data-data tersebut dapat dimanfaatkan oleh stakeholder bisnis untuk menganalisis bagaimana trend di pasar dan bagaimana karakteristik tiap pelanggannya. Namun, untuk mendapatkan insight dari sebuah data bukanlah hal yang mudah. Perlu skills yang mumpuni serta tools dan storage yang advanced karena data yang digunakan merupakan data berukuran besar dan perlu penanganan khusus untuk mengolahnya. Lalu, apa saja yang bisa didapatkan oleh stakeholder bisnis mengenai data-data tersebut? Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan manfaat data dan analisisnya bagi bisnis. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Lebih Memahami Kebutuhan Pelanggan

Di masa persaingan bisnis yang ketat, sebuah perusahaan harus mampu memahami kebutuhan pelanggannya agar dapat mengoptimalkan customer experiences dan mengembangkan bisnis jangka panjang. Data pelanggan yang diperlukan oleh perusahaan adalah nomor telepon, email, alamat, dan ID pelanggan. Data-data ini dapat ditemukan dari sumber data tradisional seperti buku tamu atau sumber digital. Selain itu, customer experiences juga bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Meminimalisir Risiko Penipuan

Analisis keamanan dan penipuan bertujuan untuk melindungi semua aset, baik aset fisik, keuangan dan intelektual agar terhindar dari penyalahgunaan baik dari internal maupun eksternal. Dengan analisis data, perusahaan dapat meningkatkan tindakan preventif untuk mencegah penipuan. Perusahaan bisa memanfaatkan metodologi statistik, link, dan big data untuk memprediksi adanya penipuan dengan mengirimkan peringatan atau reminder kepada pelanggan. Analisis ini dapat memberikan gambaran trend penipuan yang lebih akurat sehingga perusahaan dapat mengantisipasi adanya risiko penipuan.


3. Menawarkan Produk yang Relevan

Peran sebuah tim manajemen produk dalam sebuah perusahaan adalah untuk mengenali trend yang dapat mendorong terciptanya campaign yang inovatif, fresh, dan tepat sasaran untuk meningkatkan penjualan. Data dari sosial media yang dikombinasikan dengan metode analisis yang tepat akan membantu perusahaan agar tetap kompetitif ketika ada perubahan permintaan atau teknologi baru yang akan mempengaruhi penjualan.


4. Meningkatkan Produktivitas

Analisis data dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasi lapangan serta mengoptimalkan kinerja sumber daya manusia agar sesuai dengan kebutuhan bisnis dan permintaan pasar. Pemanfaatan data dan analisis yang optimal akan berakibat pada kegiatan operasional perusahaan sehingga biaya produksi dan distribusi dapat terkontrol. Dengan adanya analisis data produksi, perusahaan bisa mengidentifikasi bagaimana logistik dan persediaan bahan baku dan produk di gudang sehingga supply chain lebih efektif dan biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


5. Belajar Analisis Data

Di era revolusi industri, data memegang peran penting di segala aspek. Oleh karena itu, perusahaan tidak segan untuk membayar mahal seorang profesional pengolah data. Ingin berkarir di dunia analisis data? Yuk bergabung dengan DQLab! Klik button di bawah ini dan nikmati berbagai program belajar mengolah data serta tools yang banyak digunakan di dunia industri. Kamu juga akan mengenal big data dan cara pengolahannya, serta tools manajemen data yang pastinya berguna untuk menunjang karirmu di bidang data. Selamat belajar!



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!