SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 5 Jam 27 Menit 35 Detik

Pentingnya Roadmap Data Engineer di Era VUCA

Belajar Data Science di Rumah 16-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-1-2023-07-15-030141_x_Thumbnail800.jpg

Data menjadi aset yang paling berharga dimanfaatkan oleh data engineer. Sebab, data engineer bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berbeda, baik dari sumber internal maupun eksternal. Data engineer harus bisa mengintegrasikan data dalam sistem yang terorganisir dan terstruktur sehingga dapat diases dan digunakan dengan efisien. Di tengah ketidakpastian yang melanda saat ini, data engineer harus bisa menangkap sinyal-sinyal agar penggunaan data bisa dapat tepat guna dan sesuai dengan peruntukkannya. Salah satu caranya adalah dengan menyusun roadmap atau peta jalan bagi seorang data engineer untuk bisa beradaptasi dengan ketidakpastian. 


Sekarang ini, kita memasuki era VUCA. Era VUCA ditandai dengan perubahan yang cepat dan tidak terduga. Sebuah roadmap membantu data engineer untuk mengantisipasi perubahan yang mungkin terjadi dalam lingkungan bisnis, teknologi, dan kebutuhan data. Dengan memiliki rencana yang terstruktur, data engineer dapat lebih siap menghadapi perubahan tersebut dan merespons dengan cepat. Dalam roadmap, data engineer dapat merancang strategi untuk mengelola kompleksitas ini dengan memilih dan menerapkan alat dan teknologi yang tepat. Berikut adalah urgensi roadmap data engineer yang bisa diaplikasikan dalam era VUCA. Simak penjelasan lengkapnya yuk sahabat DQLab!


1. Mengantisipasi Perubahan

Era VUCA ditandai dengan perubahan yang cepat dan tidak terduga. Sebuah roadmap membantu data engineer untuk mengantisipasi perubahan yang mungkin terjadi dalam lingkungan bisnis, teknologi, dan kebutuhan data. Dengan memiliki rencana yang terstruktur, data engineer dapat lebih siap menghadapi perubahan tersebut dan merespons dengan cepat.

Data Engineer

Sumber Gambar: Women In Data


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Mengelola Kompleksitas

Era VUCA sering kali menyebabkan kompleksitas yang tinggi dalam pengelolaan data. Organisasi menghadapi beragam sumber data, volume yang besar, dan format yang berbeda. Dalam roadmap, data engineer dapat merancang strategi untuk mengelola kompleksitas ini dengan memilih dan menerapkan alat dan teknologi yang tepat.

Data Engineer

Sumber Gambar: Datawrapper Blog


3. Mengoptimalkan Infrastruktur Data

Infrastruktur data yang baik menjadi pondasi penting dalam mengelola data dengan sukses. Dalam roadmap atau peta jalan yang disusun oleh data engineer dapat merencanakan dan mengimplementasikan arsitektur data yang tepat, termasuk pemilihan alat, teknologi, dan platform yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Hal ini membantu meningkatkan kinerja, keandalan, dan skalabilitas infrastruktur data.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Menjamin Keamanan Data

Dalam era VUCA, keamanan data menjadi faktor yang sangat penting. Dalam roadmap, data engineer dapat mengidentifikasi dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk melindungi data organisasi dari ancaman keamanan. Ini termasuk enkripsi data, pengaturan izin akses yang tepat, dan penerapan praktik keamanan data yang terbaru.


5. Meningkatkan Kolaborasi Tim

Roadmap juga memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik antara data engineer, data scientist, analis bisnis, pengembang perangkat lunak, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan roadmap yang jelas, semua pihak dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan bisnis yang sama, berbagi pengetahuan, dan membangun solusi yang lebih inovatif secara bersama-sama.

Data Engineer

Sumber Gambar: Redbooth


Data engineer menjadi profesi yang kian bersinar di era digital. Untuk itu, kamu perlu mengasah kompetensi dan skill yang diperlukan agar siap bersaing di industri data.


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT siap membantu kamu menggeluti karir di industri data. 


Metode HERO (Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based) yang ramah pemula juga membantu kamu untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login