SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 42 Menit 0 Detik

Pentingnya Upgrade Diri dengan Kursus Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 23-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bd86152473a5f8d9e5494896d2bee753_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist menjadi profesi yang semakin penting dan relevan di era digital saat ini. Dalam dunia yang juga semakin bertransformasi digital, permintaan terhadap data scientist terus meningkat dengan pesat. Perusahaan dari berbagai sektor industri menyadari pentingnya mengolah data yang dimiliki, dan sangat membutuhkan ahli untuk menganalisis dan menginterpretasikan data tersebut.


Tidak heran banyak orang mulai mempertimbangkan berkarir sebagai data scientist. Bahkan banyak yang ikut pelatihan agar kemampuannya semakin terasah. Pelatihan ini juga banyak macamnya. Mulai dari belajar secara online, hingga bootcamp yang membutuhkan waktu dan komitmen lebih. Mengapa upgrade diri menjadi data scientist penting? Simak pembahasannya di sini!


1. Permintaan yang Tinggi

Data Scientist

Permintaan terhadap data scientist terus meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut laporan dari McKinsey Global Institute, diperkirakan akan ada kekurangan sekitar 1,5 juta data scientist dan analis data yang terampil pada tahun 2020. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan akan tenaga kerja yang terampil di bidang data science jauh melebihi pasokan yang ada. Banyak perusahaan sadar akan nilai yang terkandung dalam data dan ingin memanfaatkannya untuk pengambilan keputusan yang lebih bijak. 


Menurut survei terbaru oleh Glassdoor, peran data scientist menduduki peringkat pertama dalam daftar "25 Pekerjaan Terbaik di Amerika Serikat" dengan basis gaji yang tinggi dan peluang karir yang menarik. Gaji rata-rata seorang data scientist di Amerika Serikat adalah sekitar $120.000 per tahun. Selain itu, perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Amazon, Microsoft, dan Facebook aktif merekrut data scientist untuk membantu perusahaan dalam menganalisis data besar dan mengoptimalkan operasi bisnis. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Peluang Karir yang Luas

Data Scientist

Peluang karir di bidang data science sangat luas dan beragam. Dalam era digital yang terus berkembang pesat, hampir setiap industri mengakui nilai penting data dan membutuhkan data scientist untuk membantu mengambil keputusan yang didasarkan pada analisis data. Dengan upgrade diri, kalian memiliki peluang untuk bekerja di berbagai sektor. Mulai dari teknologi hingga keuangan, kesehatan, pemasaran, e-commerce, energi, dan banyak lagi. Peran ini memberikan kesempatan untuk terlibat dalam proyek inovatif yang membantu memecahkan masalah yang kompleks dan berkontribusi pada pengembangan strategi bisnis.


Selain itu, data science juga menawarkan jenjang karir yang menarik. Kalian dapat memulai sebagai data analyst, di mana kalian akan mengumpulkan dan menganalisis data untuk menghasilkan wawasan yang berharga. Dari sana, kalian dapat naik ke posisi data scientist, di mana kalian akan mengembangkan dan menerapkan model statistik dan algoritma untuk menggali informasi lebih dalam dari data. Kemudian, dengan pengalaman dan keterampilan yang lebih maju, kalian dapat menjajaki karir ke posisi seperti data engineer, data architect, atau bahkan menjadi seorang data science manager yang bertanggung jawab mengarahkan tim dan proyek data science dalam perusahaan.


3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Tepat

Data Scientist

Dengan memiliki keterampilan data science, kalian dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan informatif. Misalnya, sebuah perusahaan e-commerce ingin meningkatkan tingkat konversi situs web. Seorang data scientist dapat mengumpulkan data tentang perilaku pengguna, seperti waktu yang dihabiskan di halaman, klik, dan preferensi produk. Dengan menganalisis data tersebut, data scientist dapat mengidentifikasi pola perilaku pelanggan yang mempengaruhi konversi. Dengan insight ini, kalian dapat merekomendasikan perubahan desain situs, penempatan produk yang lebih efektif, atau penyesuaian strategi pemasaran untuk meningkatkan konversi.


Contoh lainnya adalah di bidang kesehatan. Seorang data scientist dapat menganalisis data kesehatan pasien untuk mengidentifikasi faktor risiko penyakit tertentu atau mengoptimalkan pengobatan. Dengan menggali data yang ada, data scientist dapat mengembangkan model prediktif untuk membantu dalam diagnosis dini penyakit atau memberikan rekomendasi pengobatan yang lebih personal dan efektif.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Mulai Upgrade Diri dengan Pelatihan Data Scientist

Dari penjelasan di atas, ternyata sangat penting untuk mulai menyiapkan diri sebagai praktisi data. Kalian bisa memulainya dengan mengikuti pelatihan. Masih bingung memilih tempat pelatihan atau kursus yang tepat? DQLab adalah jawaban bagi kalian. Semua kemudahan dan kualitas yang diberikan akan membantu Sahabat DQ mempersiapkan diri menjadi data scientist. DQLab juga menyediakan sejumlah modul pembelajaran gratis, loh untuk kalian coba praktikkan. Sehingga kalian memiliki gambaran umum belajar melalui DQLab.

Data Scientist

Jika kalian terdaftar sebagai member Platinum, kalian bisa mengakses semua modul pembelajaran. Mulai dari R, Python, SQL, dan Excel. Skill kalian akan lebih matang lagi.

Yuk, segera lakukan Sign Up dan persiapkan diri untuk menjadi seorang data scientist profesional bersama DQLab!


Penulis: Dita Feby

Editor: Annisa Widya



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login