PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 8 Menit 51 Detik 

Penyebab Serta Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa di Edit

Belajar Data Science di Rumah 23-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/724e649def9f8470429d2e707c1af8a2_x_Thumbnail800.png

Kamu sedang kesulitan dalam membuka file excel yang tidak bisa diedit karena file tersebut terkunci? Jika, iya jangan panik karena dalam artikel ini DQLab akan membahas penyebab serta cara membuka excel yang tidak bisa diedit. Pada dasarnya, kamu bisa mengedit semua konten di dalam file Excel. Tapi, aplikasi ini juga memiliki fitur Read-only. Nah, jika fitur ini diaktifkan, maka kamu tidak bisa mengedit file tersebut. Biasanya fitur ini diaktifkan untuk melindungi file dari virus. Ada banyak fitur yang sangat berguna dan mempermudah yang bisa anda gunakan di microsoft excel, salah satunya fitur Protected View, dengan menggunakan fitur ini excel tidak bisa di edit jika dibuka oleh orang lain, sehingga akan menjaga keamanan data tersebut.


Antarmuka microsoft excel yang user friendly dan juga file .xls kompatibel di berbagai program lain membuat excel masih menjadi andalan untuk semua berbagai profesi ataupun kegiatan akademisi. Selain itu juga, microsoft excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. Jika kamu juga termasuk yang menggunakan aplikasi ini untuk pekerjaan sehari-hari, tentu akan merepotkan jika kamu mendapati file Excel yang terkunci. Tapi, jangan khawatir berikut adalah penyebab serta cara membuka excel yang tidak bisa di edit atau terkunci.


1. Penyebab File Excel Tidak Bisa di Edit

Microsoft menyediakan fitur Protected View yang umum dijumpai pada dokumen Microsoft Office, seperti Word, Excel, dan PowerPoint, khususnya pada versi 2013 atau yang lebih baru. Melalui fitur ini, dokumen-dokumen Microsoft Office yang diunduh dari internet akan di-setting otomatis dalam mode Read-only. Sehingga kamu hanya bisa membacanya dan bukan mengeditnya. Hal ini terhitung sebagai langkah efektif untuk melindungi pengguna dari serangan virus yang mungkin muncul ketika mengunduh dokumen tersebut dari internet. Tapi, ada juga beberapa alasan lain yang menyebabkan file Excel tidak bisa dibuka. Berikut beberapa di antaranya. Terjadi crash yang menyebabkan file dikunci, File sedang digunakan oleh orang lain, Versi Excel yang digunakan berbeda, Format file tidak kompatibel dengan versi Excel yang digunakan, dan Pengguna tidak memiliki hak akses terhadap file.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Membuka File Excel dengan Properties

Cara membuka Excel yang tidak bisa diedit bisa dilakukan langsung dari file yang ingin diedit. Dengan demikian, bisa dibilang cara ini sangat mudah dan praktis.

  • Silahkan cari dan tentukan file excel yang tidak bisa di edit tersebut

  • Lalu klik kanan dan pilih propertis

  • Selanjutnya, pada bagian bawah kanan, klik tombol unlock

  • Sampai disini file excel tersebut sudah bisa di edit

 

3. Cara Membuka File Excel dengan Trust Center

Jika kamu menggunakan cara yang pertama tetapi tidak menemukan tombol untuk unlock, membuka file dengan trust center adalah solusinya. Kamu bisa melakukan cara berikut ini:

  • Pertama-tama , pastikan anda sudah membuka file excel yang tidak bisa di edit tersebut

  • Lalu klik menu file pada bagian atas dan klik options

  • Pada jendela options yang terbuka, silahkan klik menu Trust Center pada bagian kiri bawah

  • Selanjutnya, klik tombol Trust Center Setting di bagian kiri

  • Jika trust center sudah terbuka, klik menu Protected View pada bagian kiri

  • Lalu hilangkan tanda centang pada semua pilihan berikut ini :

    • Enable protected view for files originating from the internet
    • Enable protected view for file located on potentially unsafe locations
    • Enable protected view for outlook attachments
  • Jika sudah tekan tombol ok pada bagian bawah

 

4. Cara Aktifkan Izin Edit di Cell Excel

Jika file excel yang anda buka, terdapat fitur read-only, maka bisa dipastikan file excel tersebut hanya bisa dibaca saja dan tidak bisa di edit. Hal ini terjadi karena fitur Allow editing directly in cells dinonaktifkan. Untuk menonaktifkan fitur edit cell tersebut, silahkan lakukan cara berikut ini.

  • Silahkan buka file microsoft excel

  • Lalu tekan menu file dibagian atas dan pilih menu options pada bagian bawah

  • Lalu klik menu Advanced

  • Pada bagian Editing options, silahkan centang opsi Allow editing directly in cells

  • Terakhir, simpan perubahan dengan menekan tombol OK.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Belajar Microsoft Excel Tingkat Advanced Bersama DQLab!

Selain itu juga di modul excel kamu juga dapat menikmati materi data cleaning menggunakan microsoft excel juga. Bersama DQLab kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

 











Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :