FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 38 Menit 6 Detik 

Peran Data Science dalam Pengembangan Bisnis 2023

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c34f20dce7469b5702901dfb2c5530c2_x_Thumbnail800.jpeg

Data science tidak akan pernah terlepas dari teknologi yang saat ini semakin banyak memproduksi data. Tanpa adanya ahli yang mengubah data menjadi insight bermanfaat, kumpulan data tersebut tidak akan berguna di dunia industri. Seiring berjalannya waktu, adopsi data science dan big data untuk meningkatkan performa perusahaan semakin meningkat.  Fenomena ini diperkuat dengan semakin banyaknya rekrutmen role di bidang data science, seperti data scientist, data analyst, dan data engineer di hampir semua sektor industri.


McKinsey memperkirakan bahwa big data di Amerika Serikat menghemat 300 miliar hingga 450 miliar dolar untuk perawatan kesehatan warganya. Hal ini membuktikan bahwa data science berperan dalam proses efektivitas suatu sistem. Data science dapat diterapkan pada semua lini industri, khususnya bisnis. Pada artikel kali ini, DQLab akan menjelaskan peran data science dalam bisnis yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu di tahun 2023. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini hingga akhir!


1. Proses Pengambilan Keputusan

Data scientist kerap kali diibaratkan sebagai penasihat terpercaya dan mitra strategis bagi manajemen di sebuah perusahaan. Seorang data scientist bertugas untuk mengolah data yang akan membantu proses pengambilan keputusan yang lebih baik bagi perusahaan melalui pengukuran, pelacakan, dan pencatatan kinerja di setiap bidang yang ada di suatu perusahaan. Selain itu, seorang data scientist juga bertugas untuk memeriksa dan mengeksplorasi data perusahaan untuk mengidentifikasi masalah, memberikan rekomendasi, dan menentukan tindakan tertentu yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa perusahaan dan segmentasi pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan margin pendapatan. 


Data Science


Baca juga : Implementasi Teknik Analisis Data Paling Dibutuhkan


2. Identifikasi Peluang

Data scientist akan menguji asumsi yang ada untuk mengembangkan metode tambahan dan algoritma untuk menganalisis data. Seorang data scientist dituntut untuk terus menerus meningkatkan value yang mereka dapatkan di setiap pengujian. Semakin tinggi value yang mereka dapatkan, diharapkan dapat meningkatkan peluang, baik peluang penjualan maupun peluang mendapatkan konsumen baru. Dengan adanya data scientist, pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber untuk membuat model yang dapat mensimulasikan berbagai tindakan potensial lebih mudah dan diharapkan berdampak pada meningkatnya produktivitas.


Data Science


3. Uji Kelayakan Keputusan

Setelah stakeholder berhasil mengambil keputusan yang dirasa paling menguntungkan, data scientist tidak serta merta menerima keputusan tersebut. Perlu adanya uji lanjutan apakah keputusan tersebut benar-benar layak dijalankan atau masih perlu dikembangkan. Oleh karena itu, seorang data scientist perlu melakukan uji kelayakan terlebih dahulu untuk memutuskan apakah keputusan tersebut benar-benar menguntungkan atau tidak. Hal ini bertujuan agar strategi yang akan diterapkan lebih efektif dan menghindari kerugian yang cukup besar.


Data Science


4. Identifikasi Target Konsumen

Perusahaan memiliki berbagai sumber data konsumen, mulai dari data yang bersumber dari google analytics hingga survei pelanggan. Namun belum semua perusahaan mampu memaksimalkan data-data tersebut. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan data science untuk mengambil data dan mengolahnya menjadi insight yang dapat digunakan oleh perusahaan. Seorang data scientist dapat membantu proses identifikasi masalah melalui analisis menyeluruh dengan data-data dari berbagai sumber yang berbeda. Dengan informasi yang didapatkan oleh data scientist, perusahaan dapat menyesuaikan layanan dan produk yang tepat untuk pelanggan sehingga dapat meningkatkan margin keuntungan. 


Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


2022 hampir selesai. Di tahun 2023, penggunaan data diperkirakan akan terus meningkat dan lapangan pekerjaan di bidang data science akan terbuka lebar. Yuk persiapkan dirimu agar bisa bersaing dan mendapatkan dream job di bidang data science bersama DQLab!


Platform belajar DQLab memiliki berbagai modul dan program sesuai kebutuhan kita. Setiap modul dilengkapi dengan study case dan live code editor untuk menulis script code berbagai bahasa pemrograman secara langsung. Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODULE ‘Introduction to Data Science’ with R dan Python dan mulai berkenalan dengan live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :