Dalami Peran Data Scientist Lebih Jauh untuk Siap Berkarir di Industri Data Zaman Now

Dalami Peran Data Scientist Lebih Jauh untuk Siap Berkarir di Industri Data Zaman Now

Yovita 19-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/17b37ca8db4f96330a135e764e054c06_100_persen.jpg

Industri data zaman now ditandai dengan revolusi industri keempat atau yang kita kenal dengan Industri 4.0. Kemunculan era ini ditandai dengan bertumbuhnya tren di bidang teknologi. Integrasi bidang teknologi yang sangat berkaitan antara lain Internet of Things (IoT), Big Data, Cloud Computing, Artificial Intelligence (AI) dan adanya profesi terbaru yaitu profesi Data Scientist. Tentunya dengan perkembangan teknologi yang semakin bertumbuh, semuanya saling berperan dan saling membutuhkan. Misalnya, Big Data apalah artinya hanya Big saja tanpa ada keterkaitan dari sebuah data. Artificial Intelligence tidak ada artinya jika tidak ada sekumpulan data yang bisa diolah untuk menciptakannya. Transformasi digital yang keren tentunya tidak mutlak terjadi tanpa kolaborasi yang seiring antara manusia dan mesin. Dengan demikian, menyongsong era industri baru ini tentunya juga membutuhkan sentuhan manusia yang ahli dalam mengolah dan menangani data.


Banyaknya jumlah data yang dihasilkan dan perkembangan teknologi yang selalu update tentunya dapat melingkupi kebutuhan data. Baik dalam mengatur serta memproses informasi yang dihasilkan dari sebuah data. Profesi Data Scientist semakin dibutuhkan dalam era industri saat ini. Kini, berbagai industri membutuhkan seorang data scientist dengan peran yang sangat penting dalam perusahaan. Perusahaan yang tentunya sudah berorientasi data-driven pastinya tidak heran jika selalu berhubungan dengan data. Lalu, sebenarnya bagaimana peran profesi data scientist dalam era industri saat ini serta apa role data scientist di sebuah perusahaan. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas Peran dari profesi Data Scientist. Pastikan kalian simak terus artikel ini dan baca sampai habis ya!


1. Sebagai Problem Solver layaknya “Sherlock Holmes”

Seorang Data Scientist, kamu perlu memiliki kemampuan analisis yang baik. Selain itu, tingkat ketelitian juga dibutuhkan dalam penyusunan data. Dari sini, data scientist dapat menentukan metode analisis dan algoritma machine learning yang tepat dan akan diaplikasikan sesuai kebutuhan data yang ada. Tantangan sebagai seorang data scientist, selain juga mempelajari disiplin ilmu dan segala pengetahuannya juga perlu memahami lingkungan data yang akan dianalisis. Layaknya tokoh “Sherlock Holmes” yang mengandalkan kemampuan analisisnya dengan perhatian ekstra dan detail. Sama halnya, profesi data scientist juga tentu demikian. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah profesi data scientist mampu menjadi problem solver dalam perusahaan terkait data. Dimana, dari hasil temuannya mampu mengungkap permasalahan yang terjadi didukung dengan solusi yang bisa direkomendasikan bagi perusahaan


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menjadi seorang Detektif dalam memecahkan sebuah teka-teki dalam Data

Biasanya, fenomena yang terjadi dalam perusahaan kebanyakan datanya bersifat unstructured atau berantakan. Lain halnya dengan structured, yang tentunya datanya bisa teratur dan terukur. Keuntungan atau kerugian? Unstructured data selalu terjadi bahkan semakin berkembang. Perolehan data ini dikumpulkan dari berbagai sumber mulai dari website, media sosial dan lainnya. Inilah tantangan sebagai seorang Data Scientist, dimana dengan model data seperti ini terkadang sulit untuk dipilah dan secara otomatis terkomputerisasi. Oleh karena itu, dengan bantuan profesi Data Scientist data ini harus segera dipecahkan layaknya memecahkan sebuah teka-teki. Dengan cara apa? Yakni menciptakan algoritma atau teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi unstructured data tersebut.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


3. Sebagai Informan Data dalam Perusahaan

Beragamnya data yang telah tersusun dalam dataset atau database yang dimiliki oleh perusahaan, tentu membutuhkan seorang yang mengerti akan hal tersebut. Disinilah peran data scientist yang berperan sebagai informan berbasis data. Data scientist diharuskan dapat memberikan alternatif rekomendasi sebagai dasar dalam pengambilan keputusan serta efisiensi operasional kerja. Misalnya, kita ingin mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan suatu produk, tren produk, kondisi pasar beberapa tahun mendatang, preferensi konsumen terhadap suatu produk dan kasus lainnya. Seorang data scientist bisa menyelamatkan perusahaan dari pengambilan keputusan yang salah, memprediksi kejadian tak diinginkan yang bisa dihindari, serta membantu menemukan solusi untuk sebuah permasalahan bisnis. Oleh karena itu, data scientist juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat menginformasikan temuannya dengan mudah dipahami oleh orang-orang non teknis yang membutuhkan insight tersebut.


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.Akses module Introduction to Data Science

3.Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4.Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya

Editor : Annissa Widya

Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!