FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 55 Menit 23 Detik 

Peran Data Scientist dalam Keputusan Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 03-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0dfe2b89ecc004050fb34bc7de7c3f54_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist merupakan profesi yang bertugas dalam hal analisis dan menginterpretasikan data. Mereka menggunakan ilmu Data Science untuk membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan operasi mereka. Data Scientist biasanya memiliki background yang kuat dalam matematika, statistika, dan ilmu komputer yang akan digunakan untuk menganalisis big data. Selain itu, Data Scientist juga dapat mengembangkan cara baru untuk mengumpulkan dan menyimpan data.


Hampir semua perusahaan yang ada di seluruh dunia selalu mengumpulkan dan menganalisis data tentang pelanggan mereka. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat terus memberikan layanan yang lebih baik serta membuat keuntungan yang didapatkan mengalami peningkatan. Di dunia digital saat ini, kita dapat mengumpulkan data dalam jumlah yang sangat besar, namun untuk mengolahnya kita memerlukan metode dan software yang lebih canggih untuk memproses data.


Data Scientist memegang peranan penting dalam proses pengolahan data hingga dapat membantu decision making yang akan dilakukan oleh para stakeholder. Berikut ini adalah 4 peranan Data Scientist yang paling sering ditemui dalam perusahaan.


1. Menemukan Pola dalam Data

Data Scientist


Salah satu hal yang akan dilakukan oleh Data Scientist adalah menemukan pola dari data yang berukuran besar dengan menggunakan teknik pengolahan data dan software yang canggih. Pada dasarnya, data-data historis akan memiliki pola tertentu. Biasanya pola ini akan terus berulang sehingga bisa dijadikan dasar dalam membuat prediksi karena dianggap pola yang ada akan terjadi di masa depan. Menemukan pola data bisa dilakukan dengan melakukan eksplorasi terhadap data serta melakukan analisis data. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mencari Insight Data

Data Scientist

Data yang ada di dalam perusahaan biasanya akan berukuran besar. Tugas seorang Data Scientist adalah menemukan insight dalam data yang besar tersebut. Biasanya agar bisa sampai di tahapan menemukan insight, data mentah akan melewati berbagai tahapan panjang. Awalnya data akan dibersihkan sedemikian rupa hingga yang tersisa hanyalah hal-hal yang benar-benar dibutuhkan dalam analisis data. Setelahnya, data akan diolah menggunakan teknik analisis data yang tepat dan sesuai dengan data yang dimiliki.


3. Melakukan Prediksi

Data Scientist


Selain dua hal di atas, Data Scientist juga berperan dalam hal pembuatan prediksi. Data Scientist bisa memanfaatkan Machine Learning agar bisa mendapatkan model. Model ini didapatkan dengan memanfaatkan data historis, dimana model akan menggambarkan data yang telah terjadi. Karena pola data yang akan terus berulang, sehingga prediksi bisa dilakukan dengan menggunakan model. Model dengan akurasi tinggi akan menunjukkan bahwa hasil prediksi akan semakin mendekati keadaan yang sesungguhnya. Tentu saja prediksi ini bisa saja tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya karena ada banyak faktor yang tidak bisa dikendalikan.


4. Memberikan Rekomendasi kepada Stakeholder

Data Scientist

Data Scientist akan sering berhubungan dengan para stakeholder, termasuk dalam hal merekomendasikan aksi yang sebaiknya dilakukan. Insight yang didapatkan dari hasil analisis bisa dijadikan dasar dalam menentukan tindakan yang sebaiknya dilakukan. Tentu saja dengan catatan Data Scientist memiliki pemahaman akan bisnis yang sedang dijalankan. Selain hard skill untuk mengolah data, kemampuan komunikasi juga menjadi tuntutan karena Data Scientist harus bisa menyampaikan temuannya serta rekomendasi kepada para stakeholder secara lugas dan mudah dipahami.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data Science yang merupakan skill dasar seorang Data Scientist ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :