PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 19 Jam 4 Menit 25 Detik

Peran Data Scientist di Dunia Finance

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2023-06-30-210008_x_Thumbnail800.jpg

Kebutuhan akan posisi Data Scientist tidak hanya dirasakan di bidang teknologi saja. Pasalnya hampir semua sektor bertransformasi menggunakan teknologi digital. Dari sini kemudian akan dihasilkan banyak sekali data. Data yang ada tidak akan berarti apa-apa jika tidak diolah dengan cara yang benar. Sehingga perusahaan memutuskan untuk merekrut orang yang ahli akan data agar bisa menemukan insight dari data yang ada.


Salah satu industri yang membutuhkan keberadaan Data scientist adalah industri keuangan. Data Scientist di industri ini akan berperan untuk menggali potensi data yang ada, mengelola risiko, mempersonalisasi pengalaman pelanggan, dan menyusun strategi bisnis yang efektif. Dalam artikel ini kita akan membahas secara detail mengenai job description Data Scientist di industri keuangan. Yuk, simak pembahasannya!


1. Analisis Data yang Mendalam

Data Scientist

Tugas utama Data Scientist di industri keuangan adalah melakukan analisis mendalam terhadap data keuangan. Mereka akan bekerja dengan data transaksi, data pasar, data risiko, dan data pelanggan untuk mengidentifikasi tren, pola, dan insight yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Kemampuan untuk menggali informasi yang berharga dari volume data yang besar dan kompleks menjadi kunci kesuksesan dalam peran ini.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pengelolaan Risiko

Data Scientist

Perusahaan keuangan memiliki fokus terhadap pengelolaan risiko yang efektif. Data Scientist memiliki peranan dalam membangun model risiko yang akurat dan memprediksi potensi kerugian atau keuntungan. Untuk menjalankan tugas ini, Data Scientist dapat menggunakan data historis, parameter pasar, dan variabel lainnya untuk mengidentifikasi risiko kredit, risiko pasar, dan risiko operasional. Kemampuan untuk mengembangkan model yang memprediksi risiko dengan tingkat ketepatan yang tinggi sangat penting dalam peran ini.


3. Personalisasi Pengalaman Pelanggan

Data Scientist

Data pelanggan menjadi aset berharga bagi perusahaan keuangan. Dengan bantuan Data Scientist, perusahaan dapat menganalisis data pelanggan untuk memahami preferensi, perilaku belanja, dan kebutuhan individu. Informasi ini memungkinkan perusahaan untuk menyediakan pengalaman yang lebih personal dan layanan yang disesuaikan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat loyalitas.


4. Keamanan Data dan Kepatuhan Regulasi

Data Scientist

Seperti yang ketahui, data keuangan adalah data yang sangat sensitif. Sehingga perusahaan keuangan perlu menjaga keamanan datanya. Data Scientist akan memegang peranan penting dalam memastikan keamanan data pelanggan dan mematuhi regulasi yang berlaku. Data Scientist harus memiliki pemahaman yang kuat tentang standar keamanan data dan privasi, serta memastikan bahwa semua analisis dan pengolahan data dilakukan sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Peran Data Scientist dalam perusahaan keuangan sangat penting dalam menghadapi perubahan dan tantangan industri. Dengan data sebagai aset berharga, perusahaan dapat mengoptimalkan pengambilan keputusan, meningkatkan keunggulan kompetitif, dan menghadapi perubahan dengan percaya diri.


Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login