TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 45 Menit 43 Detik

Peran Utama Data Scientist dalam Industri Properti

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-02-2023-09-02-084246_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist adalah profesi yang bekerja dengan memanfaatkan data untuk mendapatkan insight yang terkandung dalam data tersebut. Kebutuhan akan Data Scientist terus meningkat seiring adanya fenomena big data, dimana data yang tersedia berjumlah sangat banyak dan beragam jenisnya.


Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mendapatkan insight yang lebih lengkap dan mendalam. Sehingga tidak heran jika hampir semua perusahaan membutuhkan orang yang ahli dalam memproses data seperti Data Scientist.


Salah satu industri yang membutuhkan eksistensi Data Scientist adalah industri properti. Tidak bisa dipungkiri, industri ini terus berkembang dengan pesat, dan penggunaan data telah menjadi salah satu komponen penting dalam pengambilan keputusan. Di tengah kompleksitas informasi yang melibatkan pasar properti, peran seorang Data Scientist menjadi semakin penting. Mereka akan berperan dalam mengubah data menjadi insight berharga yang mendukung pengembangan proyek, analisis risiko, dan strategi pemasaran. 


Dalam artikel ini akan dibahas 4 job description utama seorang Data Scientist di bidang properti. Yuk, simak pembahasannya!


1. Analisis Pasar dan Prediksi Harga Properti

Data Scientist

Salah satu tanggung jawab seorang Data Scientist dalam industri properti adalah menganalisis pasar properti dengan memanfaatkan data tentang transaksi properti, tren pasar, serta faktor ekonomi dan demografi. Nantinya, Data Scientist akan membangun model prediksi harga properti berdasarkan variabel-variabel tersebut. Dengan memahami tren pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai properti, maka Data Scientist akan mempermudah para stakeholder seperti developer, investor, dan agen properti untuk membuat keputusan investasi yang lebih baik.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pengembangan Portofolio Properti yang Optimal

Data Scientist

Portofolio properti menjadi hal yang harus dioptimalkan. Dalam hal ini, Data Scientist memegang peranan penting dalam membantu perusahaan properti mengembangkan portofolio properti yang optimal. Data Scientist bisa memulainya dengan melakukan analisis risiko berdasarkan data historis, mencari peluang investasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan, dan mengidentifikasi area geografis yang potensial untuk pengembangan properti baru.


Dengan menggabungkan data pasar, harga sewa, dan permintaan konsumen, maka Data Scientist dapat membantu perusahaan mengambil keputusan yang berdasarkan data dalam mengelola portofolio mereka.


3. Analisis Kelayakan Proyek Properti

Data Scientist

Peran Data Scientist di industri properti telah dimulai sejak saat proyek properti belum mulai dikembangkan. Data Scientist memainkan peran penting dalam menganalisis kelayakan proyek. Mereka akan mengumpulkan dan menganalisis data tentang biaya konstruksi, estimasi pendapatan dari penjualan atau sewa, serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil finansial proyek. Dengan adanya hasil analisis tersebut, Data scientist dapat membantu mengidentifikasi proyek-proyek yang berpotensi sukses sehingga bisa mengurangi risiko finansial.


4. Pemasaran dan Penargetan Konsumen

Data Scientist

Selain tiga peran yang berkaitan langsung dengan proyek properti, Data Scientist juga membantu dalam merumuskan strategi pemasaran properti yang efektif. Mereka bisa memulainya dengan melakukan analisis data terhadap perilaku konsumen, preferensi, serta tren pemasaran.


Dari hal-hal itulah, mereka nantinya bisa memberikan wawasan tentang jenis properti yang diminati oleh kelompok konsumen tertentu. Sehingga hal ini bisa membantu perusahaan properti untuk mengarahkan upaya pemasaran mereka dengan lebih presisi, meningkatkan peluang penjualan dan penyewaan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Dalam era di mana data memiliki peran penting dalam setiap industri, Data Scientist menjadi pionir dalam mengungkapkan insight dari data yang rumit dan kompleks. Dalam industri properti, Data Scientist berperan dalam membantu menginformasikan keputusan bisnis yang lebih cerdas sehingga perusahaan dapat meraih kesuksesan dalam proyek dan operasi mereka. Untuk memulai proses belajar agar bisa menjadi Data Scientist, kamu bisa memulai dengan mengerjakan modul Data Science yang disediakan oleh DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist! 


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :