JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 2 Jam 7 Menit 0 Detik

Peran Vital Data Scientist: Decision Maker Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 27-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-02-2024-02-27-151639_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist telah menjadi bagian utama dari perusahaan modern yang berbasis data. Mereka bisa dikatakan sebagai salah satu penggerak suatu organisasi atau perusahaan. Kemajuan dari suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh kemampuan Data Scientist dalam menjalankan tugasnya.


Tidak hanya untuk kemajuan perusahaan, Data Scientist juga berperan dalam meminimalisir kerugian yang akan dialami oleh sebuah perusahaan. Tidak heran jika posisi ini menjadi posisi yang hampir ada di semua perusahaan yang berbasis data.


Salah satu tugas seorang Data Scientist adalah melakukan pengambilan keputusan. Dalam menjalankan peran tersebut, mereka dituntut untuk bisa memberikan insight data secara mendalam dari data yang digunakan untuk membuat keputusan strategis. Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang pentingnya Data Scientist dalam pengambilan keputusan di sebuah perusahaan. Yuk, simak pembahasannya!


1. Memanfaatkan Informasi dari Data

Data Scientist

Peran utama dari profesi Data Scientist adalah mengumpulkan, membersihkan, lalu kemudian menganalisis data perusahaan. Mereka bertugas mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna dan dapat dipahami. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab memberikan insight yang mendalam tentang kinerja perusahaan, tren pasar, perilaku pelanggan, dan banyak lagi.


Dengan pemahaman tentang data yang mendalam, Data Scientist akan menemukan pola-pola yang tidak terlihat sebelumnya, sehingga bisa membantu perusahaan memahami tantangan yang dihadapi dan peluang yang tersedia.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mendukung Pengambilan Keputusan yang Terinformasi

Data Scientist

Data Scientist bertugas untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih informatif dan berbasis bukti. Dengan memanfaatkan data historis untuk dianalisis dengan menggunakan teknik prediktif, Data Scientist dapat meramalkan hasil masa depan, mengevaluasi efektivitas strategi bisnis, serta mengidentifikasi peluang pertumbuhan.


Hal ini memungkinkan manajemen perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang alokasi sumber daya, pengembangan produk, strategi pemasaran, dan lainnya. 


3. Mengurangi Risiko dan Memaksimalkan Peluang

Data Scientist

Data Scientist membantu perusahaan dalam mengelola risiko dan memanfaatkan peluang dengan cara yang efektif. Dengan menganalisis data, mereka dapat mengidentifikasi faktor risiko potensial, memperkirakan dampaknya, lalu kemudian merencanakan langkah mitigasi yang sesuai.


Di sisi lain, mereka juga dapat menemukan peluang-peluang baru untuk pertumbuhan dan inovasi, sehingga bisa membantu perusahaan untuk tetap kompetitif di pasar yang berubah dengan cepat dalam waktu singkat.


4. Mendorong Inovasi dan Pertumbuhan

Data Scientist

Data Scientist sering kali menjadi pemacu untuk lahirnya inovasi di perusahaan. Dengan menerapkan teknologi dan tools analisis data yang canggih, mereka dapat membantu perusahaan dalam menemukan solusi baru untuk masalah yang kompleks, mengidentifikasi tren pasar yang baru, serta menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.


Dengan memahami tren dan pola di pasar, Data Scientist dapat memberikan saran strategis yang relevan sehingga dapat membantu mereka mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperluas pangsa pasar dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data Scientist adalah peran yang penting dalam dunia Artificial Intelligence dan analisis data. Mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik. Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login