FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 41 Menit 13 Detik 

Perbandingan Machine Learning Python Antara Matplotlib vs Seaborn

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a53479cc188660ee3e0771c8f57c0d6c_x_Thumbnail800.jpg

Dalam bahasa pemrograman Python dikenal dengan berbagai macam algoritma machine learning. Algoritma tersebut dikenal dengan machine learning Python. Salah satu penggunaan machine learning dalam Python yang sering kita kenal dan dipakai adalah data visualization. 


Kita tahu bahwa dalam Python sendiri memiliki dua library yang sangat powerful yaitu Matplotlib dan Seaborn. Keduanya kerap digunakan untuk kepentingan visualisasi data yang melibatkan grafik, diagram, plot maupun histogram. Visualisasi data sangatlah amat penting karena bagi seorang praktisi data akan melakukan tahapan ini dan memerlukan machine learning sebagai bantuannya.


Visualisasi data dapat membantu kita untuk menghasilkan insight dalam bentuk representasi visual. Tugas dari seorang praktisi data adalah mengkonversi dari data yang besar menjadi sebuah grafik yang bisa dipahami oleh pihak decision-maker. Python, salah satu bahasa pemrograman juga menyediakan beragam algoritma machine learning yang populer untuk kebutuhan visualisasi data. 


Baik Matplotlib maupun Seaborn, keduanya diibaratkan seperti tulang punggung dalam melakukan visualisasi data pada Python. Walaupun keduanya memiliki kemampuan dalam menghasilkan visualisasi data, tetapi ada perbedaan yang mendasar diantara keduanya. Kira-kira apa aja sih yang membedakan antara kedua library machine learning Python ini? 


1. Apa itu Matplotlib?

Matplotlib merupakan salah satu library Python yang komprehensif digunakan sebagai visualisasi data baik statis maupun interaktif. Visualisasi yang dihasilkan oleh Matplotlib Python bisa disajikan baik dalam bentuk 2D ataupun 3D. 

machine learning

Library Matplotlib pertama kali dirilis pada tahun 2003 oleh seorang ahli saraf asal Amerika bernama John D. Hunter. Tujuan awal John dalam menciptakan library ini adalah untuk melakukan kemampuan pembuatan plot dari aplikasi MATLAB. Berbagai jenis plot dapat dihasilkan dengan menggunakan library Matplotlib pada bahasa pemrograman Python. Mulai dari images, contours, fields, lines, bars dan markers.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Apa itu Seaborn?

Selanjutnya kita kenalan yuk dengan Seaborn, library Python yang juga memproduksi visualisasi data. Seaborn adalah library untuk membuat grafik dan statistik dengan menggunakan Python. Library ini dibangun berdasarkan library Matplotlib yang sudah ada. Kemudian terintegrasi dengan struktur data pada Pandas. 

machine learning

Ada beberapa fungsi yang dapat digunakan oleh Seaborn:

  • API berorientasi set data untuk memeriksa hubungan antar beberapa variabel 

  • Dukungan khusus untuk menggunakan variabel kategori untuk menunjukkan observasi atau statistik agregat

  • Estimasi otomatis dan plot model regresi linier untuk berbagai jenis variabel dependen 

  • Abstraksi tingkat tinggi untuk menyusun kisi multi-plot yang memungkinkan anda membuat visualisasi kompleks dengan mudah.

  • Tools untuk memilih palette warna sesuai dengan data aslinya

  • Tampilan yang nyaman pada keseluruhan struktur kumpulan data yang kompleks 

Seaborn berorientasi pada fungsi plotting berdasarkan dataset yang beroperasi pada dataframe dan array yang berisi seluruh dataset yang secara internal melakukan pemetaan semantik dan agregasi statistik yang diperlukan untuk menghasilkan grafik informatif.


3. Perbedaan Matplotlib vs Seaborn: Fungsionalitas dan Penggunaan

Setelah berkenalan dengan masing-masing library machine learning Python yaitu Matplotlib dan Seaborn, kini saatnya kita akan bahas perbedaan antar keduanya. Dimulai dari perbedaan fungsionalitas dan segi penggunaan library tersebut untuk keperluan visualisasi data.

machine learning

Matplotlib : digunakan untuk membuat grafik dasar. Kumpulan data yang besar nantinya akan divisualisasikan dalam bantuan grafik batang, histogram, diagram lingkaran, scatterplot (diagram sebar), line chart dan lain-lain. 

Seaborn : berisi berbagai macam pola dan plot untuk melakukan visualisasi data. Tentunya seaborn dapat mengakomodasi tema yang menarik. Seaborn dapat membantu mengkompilasi seluruh data menjadi satu plot. 


4. Perbedaan Matplotlib vs Seaborn: Syntax

Perbedaan kedua antara Matplotlib dan Seaborn terletak pada sintaks yang digunakan untuk menghasilkan visualisasi data. 

Matplotlib: Ketika sahabat DQ ingin menggunakan library Matplotlib maka sintaks yang digunakan relatif kompleks dan panjang. Berikut adalah contoh sintaks dari Matplotlib:

Sintaks untuk grafik batang =

matplotlib.pyplot.bar(sumbu x, sumbu y).

machine learning

Seaborn: kebalikan dari library Matplotlib, Seaborn justru memiliki sintaks yang sederhana dan lebih pendek. Jadi bagi pemula justru sangat mudah untuk dipelajari. Berikut adalah sintaks dari library Seaborn:

Sintaks untuk grafik batang

 = seaborn.barplot(sumbu x, sumbu y).


5.Perbedaan Matplotlib vs Seaborn: Visualisasi Data 

Lanjut kita akan masuk ke perbedaan yang ketiga yaitu dari segi visualisasi data. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing perbedaan diantara keduanya.

Matplotlib: Library Matplotlib terkoneksi dengan baik melalui library Numpy dan Pandas. Jadi library Matplotlib berfungsi sebagai paket grafis untuk melakukan visualisasi data. Python juga menyediakan fitur dan Sintaks yang hampir mirip dengan software MATLAB. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pencipta library Matplotlib memang menginginkan untuk melakukan visualisasi data yang mirip dengan software tersebut. Oleh karena itu, pengguna MATLAB pastinya akan jauh lebih mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman Python.

machine learning

Seaborn: seaborn lebih nyaman dalam menangani kerangka Pandas. Seaborn menggunakan kumpulan metode dasar dengan mengimplementasikan grafik yang cukup teknikal namun sangat indah dengan Python.


6. Perbedaan Matplotlib vs Seaborn: Dataframe dan Array

Perbedaan keempat lebih masuk ke dalam aspek teknis yaitu dataframe dan array. Berikut perbedaannya.

Matplotlib: matplotlib bekerja secara efisien dengan dataframe dan array. Matplotlib memperlakukan angka dan sumbu sebagai objek dalam pembuatan visualisasi data. Dalam menghasilkan visualisasi data, Matplotlib tidak diperlukan parameter ketika melakukan pemanggilan array seperti plot()

machine learning

Seaborn: berbeda dengan Matplotlib, Seaborn jauh lebih fungsional dan terorganisir. Library ini memperlakukan seluruh dataset sebagai satu kesatuan. Seaborn tidak begitu stateful. Oleh karena itu, parameter diperlukan ketika melakukan pemanggilan array seperti plot().


7. Perbedaan Matplotlib vs Seaborn: Fleksibilitas

Perbedaan terakhir antara Matplotlib dan Seaborn adalah fleksibilitas. Matplotlib identik dengan visualisasi yang bisa disesuaikan (custom) dengan kebutuhan grafis dan keinginan kita. Matplotlib benar-benar sangat fleksibel ketika diaplikasikan dalam visualisasi data. 

machine learning

Sedangkan Seaborn memiliki beberapa varian bentuk grafis yang digunakan untuk menghindari tumpang tindih plot dengan bantuan tema defaultnya.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Setelah kita sudah tahu perbedaan antara Matplotlib dan Seaborn, kalian sudah tidak perlu bingung lagi untuk menggunakan yang mana. Sebab, baik Matplotlib maupun Seaborn keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, apapun library machine learning Python yang dipakai pastinya sangat berguna apalagi untuk visualisasi data. Pengen belajar lebih banyak seputar Machine Learning dalam Python? Yuk belajar bareng bersama DQLab


Module yang tersedia terupdate seputar data science dan machine learning yang sesuai dengan real-case industry. Tunggu apa lagi? yuk isi form dibawah ini untuk mulai belajar Machine Learning lebih dalam!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :