FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 55 Menit 55 Detik 

Perbandingan Performa Microsoft Azure SQL vs Spark SQL

Belajar Data Science di Rumah 07-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b373ffde41c5cf57d5b0501b40582a3_x_Thumbnail800.jpg

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Spark SQL merupakan salah satu tools yang biasanya digunakan dalam pemrosesan data dan database. Menurut definisinya, Spark SQL merupakan suatu modul yang ditujukan untuk memahami kegiatan pemrosesan data secara struktural yang terbentuk dalam inti dari Apache Spark. Awalnya Apache Spark sebetulnya merupakan kerangka kerja komputasi yang dirancang untuk mempercepat komputasi. Maka dari itulah kenapa Spark SQL ada sebagai tuntunan untuk menggunakan Spark.


Tapi tahukah kalian sahabat DQLab bahwa ada juga loh tools selain Spark SQL. Yap, Microsot Azure SQL namanya. Hosting mesin virtual di Azure dikenal sebagai infrastruktur sebagai layanan (IaaS), dan hosting layanan di Azure dikenal sebagai platform sebagai layanan (PaaS). Versi Microsoft SQL Server yang di-hosting dikenal sebagai Azure SQL Database atau hanya SQL Database yang dioptimalkan untuk perangkat lunak sebagai pengembangan aplikasi (SaaS) layanan. 


Beda aplikasi pun berbeda juga performancenya dong. Nah kebetulan dalam artikel kali ini, kita akan kupas masing-masing kelebihan dari SQL Server dan Microsoft Azure SQL. Langsung saja kita sama-sama cari tahu yuk! Simak langsung penjelasan lewat artikel ini ya sahabat DQLab.


1. Kenalan dengan Microsoft Azure SQL Database

Mungkin bagi sebagian orang belum mengenal Microsoft Azure SQL. Bisa dibilang Azure SQL Database adalah platform yang dikelola sebagai database layanan (PaaS). SQL Database merupakan layanan relational database yang dikembangkan dengan basis Microsoft SQL Server yang dapat menangani beban kerja kritis.

SQL

SQL Database memiliki performa dengan skalabilitas dinamis tanpa downtime, kontinuitas bisnis, perlindungan data dan zero administration. Microsoft SQL karena dibuat dengan SQL Server maka segala alat yang dapat mendukung SQL Server dapat digunakan di Azure SQL Database.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Kenalan dengan Spark SQL

Setelah kenalan dengan Azure SQL Database, sekarang kita beranjak ke Spark SQL. Spark SQL adalah sebuah modul yang ditujukan untuk memahami pemrosesan data secara struktural yang terbentuk dalam inti Apache Spark. 

SQL

Bagi kalian yang sudah pernah atau familiar menggunakan RDBMS, maka Spark SQL tidak terlalu sulit jika boleh dibandingkan dengan RDBMS yang mana memungkinkan penggunanya untuk memperluas batas-batas pemrosesan data.


3. Keunggulan Microsoft Azure SQL Database

Di balik kepopuleran dari Microsoft Azure SQL Database, ternyata Azure SQL Database memiliki beberapa keunggulan. 

SQL

Berikut adalah keunggulannya:

  • Azure SQL mudah untuk mendapatkan solusi apabila terjadi maintenance. Hanya dengan sekali klik saja, Azure SQL langsung running dalam waktu beberapa menit.

  • Azure SQL Database tidak akan mengalami down kecuali Azure Cloud sendiri yang berpotensi down

  • Azure SQL dikelola sepenuhnya dan selalu diperbarui terus-menerus dengan versi terbaru


Keunggulan lainnya dari Azure SQL Database ini adalah memiliki komputasi tanpa server dan opsi penyimpanan hyperscale secara otomatis. Kemudian Azure SQL Database menskalakan sumber daya sesuai permintaan sehingga sangat ramah bagi pengguna tanpa perlu memikirkan seberapa besar ukuran penyimpanan


4. Keunggulan Spark SQL

Spark SQL adalah tools yang ampuh untuk memproses kumpulan data terstruktur “ kerangka kerja yang memungkinkan developer untuk menulis query dengan SQL standar. Anda dapat membuat query dan berinteraksi dengan data yang disimpan di HDFS dan HBase serta penyimpanan kolom, seperti Apache Parket, Apache ORC, dan Amazon S3.

Spark dapat berjalan di beberapa mesin atau cluster untuk meningkatkan efisiensi. Sejumlah besar organisasi mulai menggunakan Spark setelah berhasil menerapkannya dalam skala besar untuk inisiatif berbasis pembelajaran mesin. Spark telah menjadi sangat sukses di bidang-bidang seperti analisis data karena kecepatan dan skalabilitas sangat penting di sini.


5. Mana yang Lebih Baik: Microsoft Azure SQL Vs Spark SQL

Jika boleh dibandingkan antara Microsoft Azure SQL dan Spark SQL, ada plus dan minusnya. Disinilah pentingnya postingan kali ini. Kita akan coba bahas lebih lanjut terkait mana yang lebih baik antara Microsoft Azure SQL maupun Spark SQL. Banyak aspek yang ingin dibahas dari kedua tools ini. Berikut adalah perbandingannya:

Aspek

Microsoft Azure SQL

Spark SQL

Definisi

Tools yang menawarkan layanan dengan kompatibilitas tinggi ke Microsoft SQL Server

Spark SQL merupakan komponen diatas Spark Core untuk pemrosesan data terstruktur

Model Database

Relational DBMS

Relational DBMS

Pengembang

Microsoft

Apache Software Foundation

Rilis

2010

2014

Lisensi

Komersial

Open Source

Bahasa

C++

Scala

SQL

Ya

SQL seperti DML dan DDL

Bahasa Pemrograman yang Bisa Digunakan

.Net

C#

Java

JavaScript (Node.js)

PHP

Python

Ruby

Java

Python 

Scala


Jadi gimana nih udah pada tahu kan berbeda banget antara SQL dengan Azure SQL? Kalau kalian penasaran dan pengen belajar lebih dalam lagi seputar SQL. Kalian bisa banget buat belajar di DQLab


Agar skill SQL kamu makin matang yuk mulai belajar bersama DQLab dengan cara signup pada form dibawah ini yaa!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :