FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 16 Menit 35 Detik 

Perjalanan Karir Tantut Wahyu, Alumni DQLab yang Kini Jadi Senior Data Analyst

24-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d98d6b2eb695c3eb4ff37cdd790ff363_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat DQ, masih ingat kalian dengan Tantut Wahyu? Yap, member DQLab yang mengawali perjalanan karirnya sebagai Experience & Analytics Officer ini, kini berhasil menduduki posisi Senior Data Analyst di salah satu perusahaan media massa, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC Group). 


Sebelum akhirnya berada di posisi ini, Tantut sudah lebih dulu menjalani perannya sebagai Data Analyst di perusahaan e-commerce, Ruparupa.com selama kurang lebih 1 tahun. Tentu bukan perjalanan yang singkat ya Sahabat DQ untuk bisa meraih semua ini. Ada banyak perjalanan dan perjuangan yang harus dilalui oleh Tantut.


Kali ini, Tantut akan berbagai cerita pengalamannya seputar perjalanannya di industri data hingga sampai di titik ini. Yuk, kita simak cerita selengkapnya!


1. Tak Puas Diri, Tantut Merasa Haus Ilmu

Pria lulusan Teknik Komputer Universitas Lampung (UNILA) ini mengaku haus akan ilmu. Meski ia memiliki dasar ilmu di bidang komputer, ia tak puas dengan kemampuannya. Ia pun kemudian bergabung bersama DQLab. Karena baginya, seorang praktisi data tidak cukup jika hanya berbekal dengan pemahaman IT saja.


Oleh karena itu, ia merasa perlu untuk bisa memiliki pemahaman data science lainnya, salah satu caranya melalui pembelajaran DQLab. Baginya, selain dapat mendongkrak ilmu untuk mendalami pemahaman tentang data science, DQLab juga ia anggap sebagai wadah untuk membangun praktisi data berkarakter.


"Coursemily : Course and Family. Itu yang tergambar oleh saya. DQLab tidak hanya support untuk menghadirkan suatu platform belajar online (Data Science), melainkan DQLab juga membentuk confident, ability, dan knowledge untuk merangkul talent data yang siap menghadapi industri," begitu katanya.


Baca juga: Mulai Berkarir Jadi Data Project Manager Tanpa Background IT!


2. Bangun Portofolio sebagai Daya Pikat

Menurut Tantut, ilmu pengetahuan bisa didapatkan dimana saja. Ketika kita mempunyai semangat yang tinggi untuk terus belajar, di situlah kita bisa menggabungkannya sebagai bekal yang sangat berguna dalam berkarir.


Seperti yang sudah pernah Tantut katakan, perpaduan “kulit” dan “daging” yang ia dapatkan di bangku kuliah dan DQLab, menjadi kombinasi yang saling melengkapi. Maksudnya adalah ilmu dasar yang ia dapatkan di bangku kuliah menjadi lebih sempurna ketika bertemu dengan “daging” yang diberikan melalui pembelajaran DQLab.


Tantut pun menceritakan bagaimana ia akhirnya diangkat sebagai Senior Data Analyst di tempat kerja barunya sekarang. Melalui salah satu situs pencarian kerja, Tantut yang sudah memiliki profil di sana dengan berbagai portofolio yang dimiliki, berhasil memikat hati sang recruiter, HR MNC.


Karena menurutnya ada perbedaan dari segi bisnis perusahaan, hal itulah yang membuat Tantut mengambil tawaran recruiter. Sebab baginya, perbedaan itulah yang bisa memberikannya ilmu dan pengalaman baru.


“Diapproach by LinkedIn sama HR MNC. Karena different business, jadi aku mau belajar terkait gimana sih (kerja) praktisi datanya kalau di media,” ucap Tantut.


3. Day to Day Tantut sebagai Senior Data Analyst di Perusahaan Media Massa

Tantut merasa senang bisa mendapatkan kepercayaan di tempat barunya sekarang. Sebab, ia bisa mempelajari hal baru, khususnya mengenai analisi data di industri media massa. Tantut mengatakan, di sini ia dan tim banyak melakukan kerja sama bersama tim dari divisi lain seperti product, marketing, business development, dan content guna memenuhi kebutuhan data.


Di sinilah ia merasa banyak mengeksplorasi banyak hal. Baginya, kesibukannya sekarang sangat cocok untuk orang yang suka dengan challenge. Sehingga rasa ingin tahunya lebih jauh dan mencoba untuk memahami hal baru. Tools yang ia gunakan dalam kesehariannya pun beragam, seperti   SQL, R, Data Viz dan Insight Storytelling, Biquery Knowledge, Basic JavaScript, dan Event Tracking.


Baca juga: Belajar Data Science DQLab : Solusi Praktis Belajar #DiRumahAja


4. Pesan Tantut Wahyu untuk Sahabat DQ!

Buat Sahabat DQ yang sedang berjuang, tetap semangat ya! Karena setiap pohon melalui berbagai proses hingga akhirnya bisa berbuah. Begitu pun bagi Sahabat DQ yang ingin meraih kesuksesan di industri data. Sama halnya dengan apa yang Tantut lakukan, semua butuh perjuangan.


“Halo Sahabat DQ yang baru mulai atau saat ini memang sudah ada di dunia data sebagai DA. Jangan berhenti dan terus bergerak yaa untuk selalu learn, improve, and explore! Karena dengan tiga hal itu aku percaya kita semua bakalan dapat lesson learned dan learning curve yang sangat variatif,” pesan Tantut kepada Sahabat DQ.


Gimana? Sahabat DQ semakin semangat kan untuk meraih cita-cita sebagai praktisi data? Kalau Tantut bisa, Sahabat DQ juga pasti bisa! Yuk, mulai sama-sama belajar Data Science bersama DQLab.


Jangan takut untuk memulai Sahabat DQ, karena kalian akan dibimbing oleh para mentor profesional dan fitur Live Code Editor yang sudah DQLab siapkan. Belajar Data Science? Ingat DQLab! 


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita

 


 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :