DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 27 Menit : 44 Detik

Perkembangan Teknologi Masa Kini untuk Menghadapi Big Data pada Industri 4.0

Belajar Data Science di Rumah 27-Agustus-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9e14e69982dd8076d1c0aede87b48237_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi dapat diartikan sebagai alat bantu manusia, dengan demikian tujuannya tak lain dan tak bukan untuk memudahkan kamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Begitulah fungsi dari teknologi. Apakah terbayang jika di dunia memiliki teknologi?

Tidak hanya teknologi, tetapi Big Data dan Revolusi Industri 4.0 juga sudah mempengaruhi kehidupan kita saat ini. Lalu bagaimana perkembangan teknologi untuk menghadapi Big Data pada era Industri 4.0? Yuk, kita bahas bersama!

1. Revolusi Industri 4.0 Masa Pertukaran Data

Revolusi Industri 4.0 pastinya sudah tidak asing lagi untuk kita. Sejak tahun 2011, kita memasuki masa Industri 4.0 dengan ditandai oleh meningkatnya konektivitas, interaksi, dan batas antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya. Revolusi Industri 4.0 disebut juga gabungan dari masa teknologi otomatisasi dan teknologi cyber.

Contoh jelas yang dapat dilihat dari pemanfaatan teknologi ini adalah proses produksi pada bidang industri yang kini dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja dan kapan saja. 

Baca juga: Belajar Data Science, Persiapkan Dirimu Berkarir sebagai Praktisi Data di Era Industri 4.0

2. 5 Macam Teknologi yang Menjadi Pilar Utama dalam Perkembangan Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 ini ditandai dengan pemanfaatan teknologinya, karakteristik dari teknologi ini adalah interkonektivitas dari sistem cerdas dan otomasi. Ada lima teknologi yang dianggap menjadi pilar utama dari Industri 4.0 yaitu, Internet of Things, Big Data, Artificial Intelligence, Cloud Computing dan Additive Manufacturing. Di bidang lain seperti sosial, ekonomi, dan budaya pun juga mengalami perubahan di era Industri 4.0. Dari perubahan ini berbagai aspek bisnis juga akan terus berubah dan dapat memberikan peluang bisnis yang lebih besar. 

3. Perkembangan Big Data di Era Industri 4.0

Salah satu teknologi yang menjadi pilar utama dari Revolusi Industri 4.0 adalah Big Data. Penggunaan Big Data disebabkan begitu banyak data yang bisa dianalisis untuk ditemukan pemecahan masalahnya dengan tepat. Big Data kini adalah bagian dari kehidupan sosial. Perkembangan Teknologi Big Data di Indonesia dapat dilihat dari meningkatnya penjualan dari layanan e-commerce dan juga layanan transportasi daring. Disamping itu, kini banyak perusahaan startup yang bermunculan dengan berbasis data, Artificial Intelligence (AI) maupun teknologi Big Data.

Agar banyak teknologi terus berkembang di Indonesia, maka kita harus peka terhadap kondisi saat ini, melihat peluang, tantangan serta terus menggali manfaat dari teknologi yang berkembang di era Industri 4.0 ini. 

Baca juga: Bagaimana Peran Data dalam Menghadapi Big Data pada Industri 4.0

4. Persiapkan Diri Menghadapi Era Big Data dengan Mulai Terapkan Ilmunya Belajar Data bersama DQLab!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science with Python” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

    • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science with Python’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!