Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Persiapan Belajar Data Science Otodidak

Belajar Data Science di Rumah 06-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7e4851d412f939bfd0f02db8ca290517_x_Thumbnail800.jpg

Data science atau semula lini keilmuan data sedang dalam pembicaraan yang hangat. Tidak hanya di kalangan mahasiswa saja, Namun di kalangan profesional pun banyak yang melakukan migrasi profesi ke dalam bidang data. Tidak jarang dari mereka yang melakukan pembelajaran secara mandiri maupun otodidak. Setiap pembelajaran yang baik harus dibarengi dengan evaluasi belajar yang mendukung. Sehingga perlu alat pendukung yang cukup dalam mendukung semua kegiatan belajarmu. 


Evaluasi belajar merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat dilakukan melalui banyak hal salah satunya kegiatan otodidak. Namun, otodidak dapat saja tidak terstruktur maupun terstruktur. Agar pola belajar otodidak yang kamu lakukan terstruktur DQLab punya rekomendasi kit untuk belajar data science.


1. Cheat Sheet atau Rangkuman Singkat 

cheat sheet dikenal sebagai summary singkat atau rangkuman dari beberapa bahasa pemrograman, library, atau framework yang memiliki kegunaan yang sering digunakan oleh para developer. Biasanya jika di dalam lingkungan kerja cheatsheet lebih banyak dikaitkan atau disebut dengan catatan kerja. Banyak sekali cheatsheet yang ada di dunia maya seperti linkedin, instagram ataupun lembaga pembelajaran online seperti https://dqlab.id 


2. Buku Catatan atau Note

Biasanya seorang pelajar akan mempersiapkan sebuah buku atau tumpukan kertas yang akan digunakan untuk melakukan summary atau rangkuman pembelajaran yang akan dilakukan. Bisanya bahan dari catatan ini akan digunakan untuk membuat cheat sheet pribadi yang lebih mudah dimengerti. Buku catatan dapat digunakan untuk melakukan perekaman proses belajar tertulis catatan atau memo, tulisan lain, menggambar atau scrapbooking.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

3. Laptop

Laptop merupakan salah satu tools yang digunakan untuk melakukan proses pembelajaran secara virtual. Bisanya laptop akan digunakan untuk melakukan implementasi kode hingga menjalankan kode yang telah dibuat. Sehingga kita dapat mengetahui bagaimana hasil yang dijalankan oleh kode tersebut. Selain itu, Laptop juga membutuhkan chargernya jadi jangan lupa dipersiapkan juga yaaa..


4. Sticky Notes

Sticky Notes adalah selembar kertas kecil dengan potongan lem yang dapat ditempel kembali di bagian belakangnya, dibuat untuk menempelkan catatan sementara pada dokumen dan permukaan lainnya. Perekat peka tekanan rendah memungkinkan uang kertas untuk dengan mudah dipasang, dilepas, dan bahkan dipasang kembali di tempat lain tanpa meninggalkan residu. Tentunya dengan menggunakan benda ini kamu akan lebih mudah mengingat sejauh mana proses belajar yang telah kamu lakukan selama ini. 


Baca juga : Data Science dengan Perspektif Pemula

5. Enjoy Belajar Bersama DQLab

Yuk enjoy belajar gratis bersama DQLab dan rasakan kemudahan belajar dengan signup akun kamu di dqlab.id/signup adak kelas gratis untuk kamu lho. Nikmati pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif untuk siap berkarir di dunia data walaupun tidak memiliki background IT!


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!