TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 49 Menit 4 Detik 

Persiapan Menjadi Data Analyst Dengan Ketahui Skill yang Perlu Dikuasai

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/411f865e3f96b0a71a92c29d46711b0a_x_Thumbnail800.jpg

Setiap tahun, tentunya terjadi peningkatan volume pada data. Peningkatan tersebut banyak industri atau perusahaan membutuhkan praktisi yang handal baik dalam mengolah atau menganalisis, karena data yang dikumpulkan akan mempengaruhi kualitas perusahaan tersebut. Dengan demikian, salah satu profesi yang bisa membantu permasalahan tersebut adalah seorang Data Analyst. Data Analyst merupakan seseorang yang mengambil dan mengungkapkan informasi pada database yang dimilikinya. Dengan demikian, butuhnya pemahaman dan keahlian yang handal. Mulai dari memiliki pemikiran yang analitik hingga mengkomunikasinya dengan handal dan efektif. Menjadi seorang Data Analyst tidaklah mudah, karena membutuhkan waktu dan perjalanan yang panjang untuk bisa menjadi seorang Data Analyst yang handal.


Keterampilan dan skill yang kamu miliki menjadi kunci penting bagi perusahaan untuk merekrut sumber daya manusia di perusahaan mereka terutama jika kamu ingin mengisi posisi sebagai Data Analyst dalam suatu perusahaan. Pada artikel DQLab kali ini, akan membantu kamu mempersiapkan diri lebih baik sebelum kamu ingin merajut karir kamu sebagai Data Analyst. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Mempunyai Analytical Thinking

Pentingnya memahami tujuan bisnis dengan baik agar mengetahui bagaimana data dapat diterapkan dan berguna. Sebagai Data Analyst, hal ini menjadi sebuah tantangan karena perlu membutuhkan analisis yang tepat agar dapat mengembangkan analisis tersebut menjadi solusi yang kreatif. Selain itu, yang dilakukan oleh seorang Data Analyst yaitu dapat mengidentifikasi pola trend yang ada, mengetahui hubungan pada pola yang didapatkan, menguji serta bisa menarik kesimpulan. Dengan demikian, para pemangku bisnis bisa membuat keputusan atau decision making lebih tepat dan mendapatkan wawasan untuk meningkatkan performa bisnis mereka.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Menguasai Bahasa Pemrograman

Pada umumnya, bahasa pemrograman statistik yang terkenal dan populer digunakan yaitu R atau Python. Dengan menguasai dasar yang kuat pada bahasa pemrograman, Data Analyst bisa membersihkan, menganalisis, dan memvisualisasikan kumpulan data besar menjadi lebih efisien. Selain itu juga, dapat menghindari bias, kekeliruan, dan mengetahui kesalahan dalam analisis yang dilakukan. Tidak ada salahnya jika kamu hanya bisa salah satu diantara kedua bahasa pemrograman, karena pada dasarnya keduanya dapat menyelesaikan tugas ilmu data yang serupa. Jika R dirancang untuk analitik, Python disatu sisi menjadi bahasa pemrograman bagi pemula yang ingin mempelajarinya karena cenderung lebih mudah.


3. Mahir Menggunakan SQL

Structured Query Language atau SQL, menjadi bahasa standar yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Dengan menggunakan SQL memungkinkan kamu mengatur, memperbaharui,mengidentifikasi hubungan antara variabelnya, hingga memodifikasi struktur atau skema data. Selain itu, Data Analyst menggunakan SQL juga untuk mengakses data dari database perusahaan. Adapun platform untuk penggunaan SQL yaitu termasuk Microsoft SQL, MySQL, dan Oracle.


4. Keterampilan Komunikasi dan Visualisasi Data

Setelah kamu mengetahui beberapa skill yang dimiliki Data Analyst, salah satu skill yang kerap banyak orang lupa adalah komunikasi. Tentunya setelah mengidentifikasi trend yang bermanfaat pada data, kamu harus mengkomunikasikannya kepada orang lain. Salah satu alat yang mudah untuk digunakan sebagai teknik komunikasi yaitu dengan menggunakan visualisasi data. Data Analyst akan mengumpulkan data yang kompleks, nantinya bisa menyajikan hasil temuan data dengan cara yang intuitif seperti menggunakan grafik, pemetaan atau gambar. Dalam mempresentasikannya, dapat menggunakan program seperti Tableau, PowerBI, Excel dan program lainnya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


5. Yuk, Mulai Persiapkan Skill Untuk Menjadi Data Analyst bersama DQLab!

Ingin mengetahui kompetensi Analytics kamu untuk berkarir menjadi Data Analyst? Yuk, signup sekarang di DQLab! Nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dan pembelajaran Ilmu Data Science lainnya yang seru dan pastinya aplikatif pada industri nyata! Jangan khawatir, pembelajaran ini bersifat fleksibel dan umum terutama untuk kamu si pemula yang siap berkarir sebagai Data Analyst from zero to hero. Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!